Kenali Kepribadian Melalui Tes MBTI, Berikut Link dan Penjelasannya
MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator adalah alat psikologi yang digunakan untuk mengevaluasi dan mengklasifikasikan kepribadian seseorang. (Freepik)
08:22
18 Maret 2024

Kenali Kepribadian Melalui Tes MBTI, Berikut Link dan Penjelasannya

JawaPos.Com - Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI merupakan sebuah tes yang digunakan untuk mengetahui kepribadian seseorang. Tes kepribadian ini dibuat oleh sepasang ibu dan anak bernama Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers pada tahun 1940 di Amerika Serikat. Melalui teori Carl Jung tentang kepribadian introvert dan extrovert.

Dilansir dari The Myers-Briggs Company, awal mula mengembangkan tes ini saat melihat calon suami anaknya, Clarence Myers. Katharine pun kemudian tertarik untuk meneliti teori tipe kepribadian yang dia miliki, karena cara pandangnya berbeda dalam melihat dunia.

Katharine dan Briggs lalu melakukan tinjauan literature untuk mengetahui lebih luas, ia pun menemukan buku Carl Jung berjudul Psychological Types yang menurutnya cocok dengan ide-ide mereka. Dari situlah, mereka berdua mengembangkannya menjadi penalaran kepribadian atau disebut MBTI.

Dilansir dari situs Kemenkeu, terdapat 4 dimensi sifat dasar manusia, yaitu;
1. Cara memusatkan perhatian (Extrovert / introvert)
2. Cara belajar dan mengumpulkan informasi (Sensing / Nintuition)
3. Cara mengambil keputusan (Thinking / Feeling)
4. Cara berurusan dengan dunia luar (Judging / Perceiving)

Dari 4 sifat dasar itulah kemudian terbagi menjadi 16 tipe kepribadian, di antaranya INTJ, INFJ, ISTJ, ISTP, INTP, INFP, ISFJ, ISFP, ENTJ, ENFJ, ESTJ, ESTP, ENTP, ENFP, ESFJ, ESFP.

Tujuan dikembangkannya MBTI ialah tak lain untuk membantu seseorang dalam memahami dirinya sendiri maupun orang lain. Melalui tes MBTI dapat mengetahui potensi dan bakat seseorang. Sehingga ia akan memutuskan sendiri manakah tempat ataupun wadah yang lebih cocok untuknya.

MBTI ramai digunakan oleh masyarakat karena dianggap efisien dan membantu mereka dalam memilih jenjang karir ataupun pendidikan, bahkan mereka juga menggunakan MBTI sebagai keberlangsungan hubungan cinta mereka dalam memahami pasangannya.

Meski tes MBTI ini membantu dalam mengenali diri sendiri, jangan sampai kemudian menjadikan dirimu untuk membatasimu, karena masih banyak sifat kepribadian yang jauh lebih luas dan unik dari tipe MBTI tersebut.

Bagi yang belum melakukan tes MBTI tersebut, silahkan klik link https://www.16personalities.com. Link ini juga memberikan penjelasan dan jenjang karir dari hasil tipe Anda.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #kenali #kepribadian #melalui #mbti #berikut #link #penjelasannya

KOMENTAR