Kesulitan Baca Huruf Hijaiyah, Begini Cara Dian Sastrowardoyo Menghafalkan Al-Fatihah
Dian Sastrowardoyo. [Instagram]
11:38
15 Maret 2024

Kesulitan Baca Huruf Hijaiyah, Begini Cara Dian Sastrowardoyo Menghafalkan Al-Fatihah

Nama Dian Sastrowardoyo baru-baru ini kembali menjadi sorotan publik. Lantaran pada kesempatan hadir ke podcast milik Denny Sumargo ia menceritakan soal perjalanannya menjadi mualaf.

Pemain series Gadis Kretek itu dibesarkan dengan ajaran Katholik. Namun setelah beranjak dewasa ia mempertanyakan keyakinannya.

Selain itu, ia punya minat dalam bidang filsafat yang membuatnya bertanya-tanya soal tujuan hidup dan keyakinan.

Perjalananya pun dimulai usai mendengarkan ceramah seorang pemuka bernama Ustadz Rahmat. Bersama Ustadz Rahmat ia merasa mendapat jawaban yang sangat logis dan filosofis dari ayat Al-Quran selama perjalanan spiritualnya.

"Terus kata bapaknya (ustaz) 'Tergantung kamu mau sholat nggak 5 waktu?' (dijawab) 'Karena sekarang saya sudah tahu buat apa, saya mau deh'. Belajar deh gue besokannya hafalin Al Fatihah," papar Dian Sastrowardoyo.

Tentu saja melafalkan surat Al Fatihah bukan hal yang mudah baginya. Lantaran ia merasa cukup kesulitan untuk membaca huruf hijaiyah karena tak pernah memperlajarinya.

Namun, akhirnya ia menemukan cara menghafal surat Al Fatihah dengan memahami arti sekaligus menjiwai maknanya.

Ngafalin pakai buku SD tuh dan kalau gue ngafalin itu kan bahasa Arab susah ya di umur 21 tahun, gue ngafalin. Tapi yang membantu gue menghafal karena gue aktor, gue harus ngafalin artinya karena kalau enggak, gue nggak bisa menjiwainya kan," jelasnya.

"Jadi gue harus hafal artinya, jadi setiap kali gue melafalkan Arabnya gue bisa menjiwai artinya karena kalau nggak, gue akan sulit sekali menjiwai ibadah gue," tandasnya.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #kesulitan #baca #huruf #hijaiyah #begini #cara #dian #sastrowardoyo #menghafalkan #fatihah

KOMENTAR