Bau Badan Ustaz Solmed Jadi Sorotan Saat Jadi Juri Ajang Pencarian Bakat, Ternyata Aroma Ini
Ustaz Solmed. [Instagram/ustadz_solmed]
09:33
15 Maret 2024

Bau Badan Ustaz Solmed Jadi Sorotan Saat Jadi Juri Ajang Pencarian Bakat, Ternyata Aroma Ini

Ustaz Solmed kembali muncul dalam sebuah program di sebuah stasiun televisi swasta, kali ini didampingi oleh beberapa penceramah lainnya termasuk Mamah Dedeh. Namun, sorotan tertuju pada bau badannya selama acara tersebut. Dalam tampilannya yang dilaporkan oleh saluran YouTube stasiun televisi tersebut, Ustaz Solmed terlihat mengenakan pakaian yang sopan seperti biasanya, yakni baju cream dan peci putih.

Ketika juri lain memberikan komentar kepada peserta, Ramzi sebagai pembawa acara justru membuat lelucon yang ditujukan kepada Ustaz Solmed. Ramzi, yang berdiri di sebelah Ustaz Solmed, mengikuti aba-aba dari Irfan Hakim untuk memulai aksinya.

Dia bercanda tentang bau badan dari para juri, mengatakan bahwa Mamah Dedeh adalah yang paling wangi di antara mereka. Setelah itu, Ramzi mulai memeriksa bau badan para juri hingga kembali berada di dekat Ustaz Solmed.

"Bau balsem di sini," tegas Ramzi di dekat Ustaz Solmed.

Lebih lanjut, Ramzi menyinggung soal usia. Meski memiliki usia yang muda, Ustaz Solmed tampaknya suka menggunakan produk balsem.

Seperti dikutip dari Alodokter, balsem dapat menjadi pilihan untuk menghangatkan badan di kala cuaca sedang dingin atau sebelum tidur. Selain itu, efek hangat yang diberikan balsem bisa membantu mengatasi pegal-pegal, nyeri otot, keseleo, masuk angin, batuk dan pilek, maupun gigitan serangga.

Balsem umumnya mengandung menthol, camphor, metil salisilat, dan campuran berbagai bahan alami lain. Perpaduan bahan-bahan tersebut dapat memberikan efek dingin yang kemudian akan berubah menjadi hangat. Efek ini dapat mengalihkan rasa nyeri atau sakit, serta merelaksasi tubuh. Berikut ini beberapa manfaatnya seperti dilansir dari Medical News Today.

1. Sakit dan tegang

Balsem mengandung bahan seperti kapur barus yang meningkatkan aliran darah ke kulit, mengurangi rasa sakit, dan kekakuan. Kamper, mentol, dan metil salisilat dalam formula ini juga membantu mempercepat penyembuhan otot serta meredakan peradangan. Patch perekat Tiger Balm menyediakan pengobatan yang berkelanjutan, sementara capsicum, yang juga terkandung dalam beberapa versi, membantu mengurangi nyeri dengan memblokir reseptor saraf.

2. Sakit Kepala Tegang

Penelitian menunjukkan bahwa balsem secara efektif meredakan sakit kepala tegang, hampir seefektif asetaminofen. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memvalidasi temuan ini.

3. Meredakan Pilek

Balsem membantu meredakan gejala pilek dan sinus dengan mengandung bahan yang mengurangi hidung tersumbat, seperti kamper dan menthol. Penting untuk memilih formula yang tidak mengandung pemicu batuk, seperti capsicum, untuk penggunaan pada gejala pernapasan.

4. Pereda Nyeri Punggung

Balsem sering digunakan untuk meredakan nyeri punggung, khususnya pada punggung bagian bawah. Studi menunjukkan bahwa penggunaan krim dengan kapur barus dan mentol sebelum terapi Gua Sha dapat membantu mengurangi rasa sakit, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan efektivitasnya.

5. Leher pegal

Dalam penelitian, penggunaan tambalan balsem pada leher dan bahu menghasilkan pengurangan rasa sakit sebesar 40 persen. Gel mentol juga terbukti mengurangi rasa sakit pada leher sebelum menerima manipulasi chiropraktik.

Meskipun bukti spesifik terbatas, banyak yang menggunakan balsem untuk meredakan nyeri sendi, terutama pada osteoartritis. Studi menunjukkan bahwa bahan aktif dalam Tiger Balm dapat membantu meredakan rasa sakit dan pembengkakan pada sendi yang terpengaruh oleh kondisi ini.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #badan #ustaz #solmed #jadi #sorotan #saat #jadi #juri #ajang #pencarian #bakat #ternyata #aroma

KOMENTAR