Syekh Ali Jaber Bocorkan Amalan Ringan Sambil Tunggu Azan Subuh, Lebih Moncer dari Baca Al Quran
Ilustrasi Syekh Ali Jaber. (Suara.com/Ema Rohimah)
21:16
13 Maret 2024

Syekh Ali Jaber Bocorkan Amalan Ringan Sambil Tunggu Azan Subuh, Lebih Moncer dari Baca Al Quran

Apa yang biasa Anda lakukan selepas makan sahur dan sembari menunggu azan Subuh berkumandang?

Jangan sampai sia-siakan waktu istimewa tersebut, sebab menurut Syekh Ali Jaber ada satu amalan ringan yang bisa Anda lakukan dan mendatangkan banyak pahala terutama di bulan Ramadhan.

Tentu sudah kita ketahui bersama, bulan Ramadhan adalah bulan istimewa yang mendatangkan banyak pahala untuk umat Muslim. Karena itulah, para umat Muslim dianjurkan untuk memanfaatkan setiap waktu yang ada untuk beribadah kepada Allah SWT.

Salah satunya adalah waktu singkat selepas imsak dan sebelum azan Subuh berkumandang. Biasanya saat itu umat Muslim sudah selesai bersantap sahur dan tinggal menunggu hingga memasuki waktu ibadah Subuh.

Dikutip dari ceramah yang diunggah di kanal YouTube yayasannya, ada satu amalan ringan yang dianjurkan oleh Syekh Ali Jaber, yakni membaca zikir istighfar. Zikir ini sangat baik untuk diamalkan setelah salat Tahajud dan sebelum Subuh tiba.

dzikir malam Jumat agar doa terkabul (Pexels)Ilustrasi zikir. (Pexels)


Zikir sendiri merupakan salah satu bentuk amalan ringan yang dapat dilakukan oleh umat Muslim di manapun dan kapanpun. Zikir adalah saat di mana seorang hamba memuji Allah SWT.

“Sambil menunggu azan Subuh, tolong isi dengan istighfar,” kata Syekh Ali Jaber. “Sebaik-baiknya ibadah waktu sahur, selepas salat malam adalah istighfar.”

Bahkan menurut Syekh Ali Jaber, membaca zikir istighfar sebelum subuh ini jauh lebih utama ketimbang membaca Al Quran. “Lebih bagus istighfar daripada baca Al Quran,” tegas Syekh Ali Jaber.

“Mengapa lebih bagus istighfar? Sebab waktu sahur, Allah puji orang yang beristighfar di waktu sahur, Allah puji dan bahagia dan senang kepada ahli istighfar di waktu sahur,” imbuhnya.

Tentu membaca zikir istighfar bukan perkara yang sulit, bukan? Itu tadi amalan ringan yang bisa Anda coba lakukan selepas makan sahur sembari menunggu waktu Subuh tiba. Semoga bermanfaat.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #syekh #jaber #bocorkan #amalan #ringan #sambil #tunggu #azan #subuh #lebih #moncer #dari #baca #quran

KOMENTAR