Punya Aplikasi Al Quran di HP? Hati-Hati Ustaz Adi Hidayat Bilang Begini
Aplikasi Al Quran (Al Quran Indonesia)
14:57
13 Maret 2024

Punya Aplikasi Al Quran di HP? Hati-Hati Ustaz Adi Hidayat Bilang Begini

Makin maju teknologi, Al Quran bahkan bisa dijadikan aplikasi yang bisa disimpan secara praktis di ponsel atau gawai lainnya.

Soal Al Quran yang disimpan di ponsel, ternyata ada cara yang harus diperhatikan. Hal ini dinyatakan oleh Ustaz Adi Hidayat.

"Jadi isinya Al Quran semua semua dituliskan dan di dalamnya ada firman Allah SWT, maka hati-hati kita memposisikannya pun tidak boleh sembarangan, karena ini wujudnya sudah mushaf Al Quran dan dituliskan sebagai mushaf Al Quran," kata Ustaz Adi Hidayat.

"Jadi memperlakukan ini pun ini enggak boleh sembarangan, ditempatkan di tempat yang terbaik kemudian dicek kalau ada debu kita bersihkan, dibaca, jangan dibawa ke tempat-tempat yang kotor misalnya, enggak boleh sengaja dibawa ke toilet (atau) ditekan," imbuhnya.

Soal Al Quran di ponsel, aplikasi hanya disebut sebagai Mushaf Al Quran ketika Anda membukanya. Namun jika aplikasi tidak dibuka, maka ponsel bisa diperlakukan seperti ponsel biasa.

Aplikasi Al Quran untuk Mengaji Selama Bulan Ramadhan 2024. [Suara.com]Aplikasi Al Quran untuk Mengaji Selama Bulan Ramadhan 2024. [Suara.com]

"Kita buka aplikasinya, ini mushaf ya dalam bentuk aplikasi kalau kita buka begini misalnya keluar tulisan firman Allah SWT," ungkap Ustaz Adi Hidayat.

"Cuma ini tidak menyendiri sebagai mushaf tidak menyendiri karena dia melekat di barang lain lagi jadi seperti tak murni. Tapi kalau aplikasi ini ditutup ya enggak ada beda dengan aplikasi lain," imbuhnya.

Oleh karena itu, hukum membawa ponsel yang mengunduh Al Quran ke Kamar mandi berbeda dengan hukum membawa mushaf Al Quran ke toilet.

"Makanya ketika Anda bawa handphone kemanapun hukumnya enggak sama dengan dengan bahwa mushaf. Tapi ketika anda buka aplikasinya maka hukumnya Anda sama memperlakukan seperti anda hukum membawa mushaf," terangnya.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #punya #aplikasi #quran #hati #hati #ustaz #hidayat #bilang #begini

KOMENTAR