Pendidikan dan Karier Erina Gudono: Punya 15 Penghargaan, Pantaskah Jadi Bupati Sleman?
Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. (Instagram)
19:34
12 Maret 2024

Pendidikan dan Karier Erina Gudono: Punya 15 Penghargaan, Pantaskah Jadi Bupati Sleman?

Istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono diwacanakan menjadi calon Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun ini. Adapun wacana menantu Jokowi jadi calon Bupati Sleman itu berasal dari Partai Gerindra Sleman.

Ketua DPC Partai Gerindra Sleman, HR Sukaptana mengatakan bahwa usulan itu memang berasal dari internal Gerindra. Menurutnya, partai berlambang burung garuda ini membutuhkan sosok kader muda yang energik seperti Erina Gudono.

Lantas, seperti apakah riwayat pendidikan dan karier Erina Gudono? Pantaskah istri Kaesang itu menjadi Bupati Sleman? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Riwayat Pendidikan dan Karier Erina Gudono

Potret Cantik Erina Gudono Sudah Cocok Jadi Ibu Pejabat (Instagram)Potret Cantik Erina Gudono Sudah Cocok Jadi Ibu Pejabat (Instagram)

Erina Sofia Gudono lahir pada tanggal 11 Desember 1996 di Pennsylvania, Amerika Serikat. Namanya mulai dikenal setelah menjadi finalis Puteri Indonesia DIY.

Melansir dari situs Puteri Indonesia, meski lahir di AS, Erina Gudono bersama tiga saudaranya dibesarkan di Yogyakarta. Ia merupakan anak ketiga dari empat bersaudara.

Pendidikan Erina Gudono sendiri cukup mentereng. Ia menempuh pendidikan di SMAN 3 Yogyakarta, salah satu sekolah negeri terbaik di Kota Pelajar. Ia kemudian meraih gelar S1 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan mengambil jurusan Manajemen Keuangan.

Setelah lulus dari UGM, Erina melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat. Ia mengambil gelar Master of Public Administration di Columbia University.

Terbaru, adik ipar Gibran Rakabuming Raka ini juga tengah menempuh pendidikan di Showa Women’s University Japan dengan mengambil jurusan bisnis.

Bukan tanpa alasan Erina menjadi pribadi yang cemerlang. Pasalnya, ia merupakan putri almarhum Profesor Gudono. Mendiang ayahnya dikenal sebagai Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM.

Erina pun mewarisi kecerdasan sang ayah. Terbukti, ia sukses mendaftar ke Columbia University dengan menggunakan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Selain LPDP, Erina juga pernah mendapatkan sejumlah beasiswa bergengsi. Sebut saja beasiswa GenBI Bank Indonesia, beasiswa Astra International dan beasiswa Summer Internasional Program Showa Women’s University.

Sosoknya juga menorehkan beragam prestasi. Erina tercatat pernah mengikuti ajang XL Axiata Leaders dan Young Leaders for Indonesia (YLI).

Finalis Puteri Indonesia DIY ini juga pernah menjadi delegasi Indonesia untuk Harvard World Model United Nation. Ditambah ia menjadi juara 1 Business Project Competition di Tokyo, Jepang.

Melalui akun LinkedIn pribadinya, Erina membagikan berbagai gelar kehormatan yang pernah ia raih selama masa kuliah, di antaranya sebagai berikut:

  • Top 11 Puteri Indonesia
  • 1st Winner Puteri Indonesia DIY
  • Indonesia Tourism Ambassador 2019-2020
  • Best Group Award in Showa Women’s University Japan
  • 1st Place of Dimas Diajeng Daerah Istimewa Yogyakarta
  • 2nd Runner Up International Gadjah Mada Business Case Competition
  • 1st Runner Up National Tourism Case Competition Padjadjaran University
  • 1st Winner National Case Competition Universitas Udayana Bali
  • Best Group Idea Presentation XL FetureLeaders Challenge
  • 1st Winner National Marketing Plan Competition
  • 1st Winner Marketing Competition Institut Pertanian Bogor
  • 1st Winner National Business Plan Competition Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • 1st Winner National Business Plan Competition
  • 2nd Runner Up Eureca Business Plan Competition, Prasetiya Mulya Business School
  • Most Social Spirited Scholar Award, Economics and Business Award

Beragam prestasi selama masa perkuliahan membuat Erina Gudono bisa bekerja sebagai Analyst di JP Morgan.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #pendidikan #karier #erina #gudono #punya #penghargaan #pantaskah #jadi #bupati #sleman

KOMENTAR