Dua Digit vs UMR, Beda Gaji Siti Atikoh dan Selvi Ananda Sebelum Jadi Istri Kepala Daerah
Selvi Ananda - Siti Atikoh
19:22
5 Maret 2024

Dua Digit vs UMR, Beda Gaji Siti Atikoh dan Selvi Ananda Sebelum Jadi Istri Kepala Daerah

Sosok Selvi Ananda seolah tidak pernah lepas dari sorotan masyarakat. Istri dari cawapres yang sebelumnya juga menjawab sebagai Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tersebut kerap dikorek dari berbagai sisi.

Tak hanya Selvi Ananda, sosok Siti Atikoh, istri capres nomor urut 3 yang juga pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga sama-sama menjadi sorotan.

Keduanya kerap menjadi sorotan setelah suami dari Selvi Ananda dan Siti Atikoh tersebut maju dalam pemilihan presiden 2024. Tak sedikit masyarakat yang kerap mengorek masa lalu dari kedua sosok tersebut.

Bahkan, tak sedikit pula masyarakat yang penasaran dengan profesi serta gaji Siti Atikoh dan Selvi Ananda sebelum menjadi istri kepala daerah.

Lantas, seperti apakah beda gaji Siti Atikoh dan Selvi Ananda sebelum menjadi istri kepala daerah? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Gaji Siti Atikoh Sebelum Jadi Istri Kepala Daerah

Sosok Siti Atikoh sendiri diketahui sudah sangat akrab dengan politik dan pemerintahan. Bukan tanpa alasan, Siti Atikoh diketahui mempunyai karir yang mentereng sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sebelum kemudian memutuskan untuk pensiun.

Ia bahkan sempat menduduki jabatan sebagai ASN Golongan IV di Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jabatan tersebut diembannya pada saat suaminya masih menduduki jabatan sebagai Anggota DPR RI.

Tak main-main, Atikoh diketahui bisa menerima gaji pokok dan tunangan dengan total Rp 17 juta setiap bulannya dari pekerjaan tersebut.

Ia kemudian berpindah tugas ke Jawa Tengah karena sang suami menjabat sebagai Gubernur. Atikoh pun kemudian ditugaskan sebagai ASN Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermades) Jawa Tengah.

Selama ia bekerja sebagai ASN di Pemprov Jateng tersebut, Atikoh mengaku tidak menerima gaji. Gajinya tersebut ia sumbangkan ke PAUD atau berbagai lembaga sosial.

Namun diketahui ia sudah memutuskan untuk pensiun dini sebagai ASN sejak bulan Desember 2022 alias saat ia masih berumur 50 tahun.

Gaji Selvi Ananda Sebelum Jadi Istri Kepala Daerah

Sebelum menikah dengan Gibran, Selvi Ananda sempat menjadi presenter televisi Terang Abadi Televisi (TATV). Diketahui, besaran gaji Selvi Ananda selama bekerja di TATV adalah Rp 1.200.000 sampai Rp 2.000.000 saja.

Namun, rata-rata karyawannya mendapatkan gaji Rp 1.530.000, angka tersebut tentu masih di bawah UMR Surakarta yang saat ini mencapai angka Rp 2.269.070.

Tak hanya itu, ia juga pernah bekerja di salah satu bank swasta, Bank Panin di Solo.

Selvi Ananda sendiri bekerja sebagai customer service di Panin Bank kurang lebih selama empat tahun. Gaji yang ia dapatkan berkisar antara Rp 3,6 juta sampai Rp 6,3 juta.

Besaran gaji Selvi Ananda tersebut dulunya ternyata jauh lebih kecil dari harga tas putranya, Jan Ethes saat ini yang berkisar Rp 16,07 juta atau kurang lebih lima kali lipat dari gajinya sebagai seorang customer service.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #digit #beda #gaji #siti #atikoh #selvi #ananda #sebelum #jadi #istri #kepala #daerah

KOMENTAR