5 Tips Penting Agar Puasa Lancar Tanpa Kambuh Bagi Penderita Asam Lambung, Boleh Minum Kopi?
Ilustrasi puasa (Pexels)
08:38
3 Maret 2024

5 Tips Penting Agar Puasa Lancar Tanpa Kambuh Bagi Penderita Asam Lambung, Boleh Minum Kopi?

Pada saat bulan puasa Ramadan, nantinya umat Muslim diharuskan berpuasa dan menahan makan serta minum hingga waktu Maghrib. Namun, hal ini kerap kali menjadi kendala bagi orang-orang yang mengalami penyakit asam lambung.

Hal ini karena tidak adanya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat asam lambungnya menjadi kambuh. Meski demikian, bukan berarti orang dengan asam lambung tidak boleh berpuasa.

Untuk penderita asam lambung, perlu memperhatikan berbagai hal agar dapat puasa secara penuh, salah satunya makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dikonsumsi akan sangat memengaruhi kondisi asam lambungnya.

Jika konsumsinya sembarangan, ini akan membuat asam lambung kambuh saat menjalankan ibadah puasa. Sementara jika makanan yang dikonsumsi baik, ini dapat membuat tubuh menjadi kuat menjalankan puasa hingga waktu berbuka.

ilustrasi puasa (jannoon028/Freepik)ilustrasi puasa (jannoon028/Freepik)

Bukan hanya makanan, kebiasaan yang dilakukan juga menjadi hal penting. Beberapa kebiasaan dapat mendorong asam lambung menjadi naik. Hal ini menjadi sesuatu yang harus diperhatikan.

Lantas apa saja hal yang harus diperhatikan bagi para penderita asam lambung saat puasa? Melansir laman Kompanion, berikut terdapat beberapa hal yang dapat dihindari ketika berbuka atau sahur untuk mencegah kambuhnya asam lambung.

1. Hindari buah asam

Saat berpuasa, terkadang ingin mencoba berbagai buah menyegarkan seperti lemon, jeruk, dan lainnya. Namun, bagi penderita asam lambung hal ini justru sesuatu yang dilarang. Buah yang asam ini dapat membuat asam lambung menjadi kambuh.

2. Konsumsi makanan rendah lemak

Untuk cegah asam lambung naik, penderita bisa konsumsi makanan rendah lemak. Berbagai makanan rendah lemak akan membantu mencegah asam lambung naik saat puasa. Beberapa makanan tersebut mulai dari melon, pisang, oatmeal, nasi, sayuran hijau, ikan, dan lain-lain.

3. Hindari kopi

Saat puasa diusahakan untuk tidak konsumsi kopi bagi para penderita asam lambung, apalagi saat berbuka puasa. Perut yang kosong ketika minum kopi akan berisiko alami asam lambung meningkat. Cobalah batasi konsumsi kopi saat puasa. Jika tetap ingin mengonsumsinya juga harus diperhatikan bahwa perut sudah terisi dan tidak dalam kondisi kosong.

4. Jangan berbaring setelah makan

Berbaring setelah konsumsi makanan rupanya dapat meningkatkan asam lambung. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak berbaring setelah makan. Seseorang bisa berbaring jika sudah dua jam lebih setelah makan.

5. Jangan konsumsi berlebihan saat berbuka

Konsumsi makanan berlebihan juga bisa berisiko membuat asam lambung naik. Hal ini karena makanan berlebihan dapat membuat sistem pencernaan kaget. Belum lagi makanan yang dikonsumsi juga kurang baik. Untuk itu, pastikan untuk tidak konsumsi makanan berlebih.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #tips #penting #agar #puasa #lancar #tanpa #kambuh #bagi #penderita #asam #lambung #boleh #minum #kopi

KOMENTAR