Adu Pendidikan Ridwan Kamil VS Ahmad Sahroni, Rumor Maju Pilkada DKI, Siapa Lebih Mentereng?
Kolase politikus Ahmad Sahroni dan Ridwan Kamil. (Instagram) - Adu Pendidikan Ridwan Kamil VS Ahmad Sahroni, Rumor Maju Pilkada DKI, Siapa Lebih Mentereng?
09:39
25 Pebruari 2024

Adu Pendidikan Ridwan Kamil VS Ahmad Sahroni, Rumor Maju Pilkada DKI, Siapa Lebih Mentereng?

Dua tokoh politik ini dikabarkan bakal bersaing kuat demi menjadi pemimpin DKI Jakarta. Publik pun kemudian banyak membahas tentang riwayat pendidikan Ridwan Kamil dan Ahmad Sahroni.

Nama Ridwan Kamil dan Ahmad Sahroni mencuat dalam Pilkada DKI Jakarta setelah terlihat saling sindir. Adu pendidikan Ridwan Kamil vs Ahmad Sahroni pun menarik untuk diketahui.

Ridwan Kamil sendiri diketahui merupakan mantan Gubernur Jawa Barat, dan kini menjabat sebagai Bendahara Umum partai Nasdem. Di sisi lain, Ahmad Sahroni dikenal cukup garang di gedung DPR. Keduanya saling bersahutan di X, dan menjadi perbincangan hangat di netizen.

Riwayat Pendidikan Ridwan Kamil

Memiliki nama lengkap Muhammad Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat periode 2018 hingga 2923 ini lahir di Bandung, 4 Oktober 1971. Ayahnya bekerja sebagai pengajar di Universitas Padjadjaran, dan sang ibu pengajar di Universitas Islam Bandung.

Kang Emil, demikian ia akrab disapa, bersekolah di SDN Banjarsari III, kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP N 2 Bandung. Selanjutnya untuk bangku SMA, sekolah yang menjadi tempat belajarnya adalah SMA N 3 Bandung.

Berbekal ijazah SMA ia kemudian melanjutkan pendidikan ke program S1 Teknik Arsitektur, di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1995 lalu.

Tidak berhenti sampai di sana, ia masih mengejar gelar master di University of California, Berkeley, Amerika Serikat dan lulus di tahun 2001. Pada masa mengenyam pendidikan di Amerika ini ia juga bekerja di Departemen Perencanaan Kota Berkeley.

Selanjutnya ia membangun sebuah perusahaan konsultan, dan masuk ke dunia politik pada 2013 lalu. Ia sempat menggunakan jas berwarna kuning dalam karir politiknya sebelum bergabung dengan Partai Nasdem.

Bagaimana dengan Ahmad Sahroni?

Ahmad Sahroni sendiri dikenal luas sebagai seorang pengusaha dan politisi ulung yang berasal dari Partai Nasdem. Orang tuanya berprofesi sebagai penjual nasi Padang di Pelabuhan Tanjung Priok, dan menghabiskan masa sekolah dasar dan sekolah menengah di area Tanjung Priok.

Pendidikan SMA dilewatkan di SMA Negeri Baru Cilincing, yang kini dikenal sebagai SMA N 114 Jakarta. Setelah lulus SMA, ia kemudian bekerja. Gelar S1 baru didapatkan pada tahun 2009, dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa.

Di tahun 2020 lalu, namanya tercatat sebagai alumni program S2 di Stikom InterStudi. Jadi secara pendidikan, Ahmad Sahroni sebenarnya serupa dengan Ridwan Kamil, hanya berbeda tempat kuliahnya saja.

Sebelum terjun ke dunia politik, ia sempat menjadi sopir truk, staf operasional, direktur, dan kemudian mengembangkan bisnisnya sendiri. Ia terjun ke dunia politik di tahun yang sama dengan RK, 2013, dan masuk di Partai Nasdem untuk maju di pileg 2024. sejak itu, ia bertahan di gedung DPR hingga saat ini.

Itu tadi sekilas adu pendidikan Ridwan Kamil vs Ahmad Sahroni. Semoga menjadi bacaan yang berguna, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #pendidikan #ridwan #kamil #ahmad #sahroni #rumor #maju #pilkada #siapa #lebih #mentereng

KOMENTAR