Ingin Menurunkan Berat Badan? 7 Kebiasaan Malam Hari Ini Wajib Dicoba!
Ilustrasi seseorang berada di kamarnya (Unsplash/Max Felner)
23:18
24 Februari 2024

Ingin Menurunkan Berat Badan? 7 Kebiasaan Malam Hari Ini Wajib Dicoba!

– Terkadang untuk menurunkan berat badan, banyak orang sudah melakukan berbagai cara dan tak jarang juga dari banyak cara yang digunakan sering gagal, entah berat badannya tidak berubah atau malah makin naik.

Namun ada salah satu cara yang mungkin bisa berhasil, apalagi jika dilakukan secara serius, yaitu dengan melakukan sebuah kebiasaan di malam hari sebelum tidur.

Mengutip dari EatThis, NotThat! berikut beberapa kebiasaan malam hari yang bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

1. Jangan makan di tengah malam

Tak jarang banyak orang terkadang sering makan makanan di larut atau tengah malam, namun itu adalah salah satu hal yang harus dihindari karena tak peduli kapanpun waktunya tubuh manusia tetap memproses kalori dengan cara yang sama.

Makan pada tengah malam biasanya menimbulkan kebiasaan untuk memakan makanan yang kalorinya tinggi bukan karena lapar.

Namun biasanya karena bosan dan oleh karena itu, disarankan untuk menghindari kebiasaan makan di tengah malam agar tidak mengonsumsi kalori tambahan.

2. Mengkonsumsi cemilan dengan protein kasein sebelum tidur

Jika masih ingin makan di tengah malam atau sebelum tidur, maka lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi cemilan yang mengandung protein kasein seperti olahan produk susu, karena protein kasein itu membuat anda mencerna lebih lambat dan juga protein yang diberikan pada tubuh bisa memperbaiki dan membangun otot di tubuh sepanjang malam.

3. Olahraga ringan di waktu yang tepat

Mungkin anda berpikir jika melakukan olahraga sebelum tidur, maka itu akan membuat anda susah tertidur tapi nyatanya salah, karena tubuh manusia tetap membakar kalori ketika melakukan olahraga tersebut.

Jika anda melakukan olahraga ringan di waktu yang tepat, maka kalori tambahan yang berada di tubuh akan berkurang banyak dan membuat tidur makin nyaman.

4. Usahakan jangan mengonsumsi minuman beralkohol

Dengan mengkonsumsi minuman beralkohol sebelum tidur, maka tubuh anda akan mendapatkan kalori tambahan yang banyak dan dengan tidak mengkonsumsi alkohol di malam hari, maka asupan kalori pada tubuh akan tetap rendah.

5. Atur suhu kamar menjadi sejuk

Saat hendak tidur di malam hari, ada baiknya mengatur suhu kamar menjadi sejuk karena suhu juga memiliki dampak yang penting pada bagaimana tubuh memproses lemak dan dengan membuat suhu di kamar menjadi sejuk, kalori di dalam tubuh akan berkurang sepanjang malam.

6. Matikan TV, HP, laptop, dan barang elektronik lainnya

Cahaya biru yang berasal dari barang elektronik seperti TV, HP, dan laptop dapat mengganggu ritme sirkadian anda yang juga bisa dikenal sebagai ‘siklus tidur/bangun alami’.

Dengan menggunakan barang elektronik terlalu dekat, maka anda akan makin kesusahan untuk tidur.

7. Lakukan hal santai sebelum tidur

Melakukan berbagai hal santai sebelum tidur seperti minum teh atau mandi dapat mengurangi stres yang dialami sepanjang hari dan menenangkan pikiran.

Dengan melakukan itu, tidak hanya membuat tidur makin nyaman tapi berat badan juga akan turun.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #ingin #menurunkan #berat #badan #kebiasaan #malam #hari #wajib #dicoba

KOMENTAR