Atasi KDRT! 12 Cara yang Bisa Dilakukan Perempuan Agar Terbebas dari Pria yang Memperlakukannya dengan Buruk
Ilustrasi pria yang tidak baik (freepik/gratispik)
13:00
23 Oktober 2024

Atasi KDRT! 12 Cara yang Bisa Dilakukan Perempuan Agar Terbebas dari Pria yang Memperlakukannya dengan Buruk

 

 

 

buruk, Anda perlu memerhatikannya. 

Pria yang suka memanipulasi emosi, tidak baik, atau kasar, sifat mereka tidak dapat diperbaiki, jangan abaikan masalah atau mencoba melawan, ini hanya akan memperburuk keadaan. Untungnya, ada beberapa cara yang sudah terbukti ampuh untuk membantu Anda menghentikan pola ini dan menemukan masa depan yang lebih sehat.

Dalam artikel ini, perempuan untuk lepas dari pria yang memperlakukannya dengan buruk. Ini adalah alat terapis yang paling efektif untuk mengakhiri hubungan dengan pria kejam.

1. Waspada

Anda perlu mempelajari semua hal tentang pelaku dan pelecehan, Anda juga harus berhenti mempercayai omong kosong yang dikatakan pelaku. Anda dapat memilih untuk meninggalkannya, karena semakin lama Anda bertahan dalam hubungan tersebut, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk melupakannya.

2. Jika kamu memutuskan untuk pergi, akui kesalahanmu

Anda memilih orang yang salah, dan itu wajar. Sekarang Anda tahu apa yang tidak Anda sukai, dan Anda akan terkejut melihat berapa banyak orang yang pernah mengalaminya.

3. Ingat siapa dirimu dulu

Bagaimana perasaan Anda tentang diri Anda sendiri sebelum hubungan yang tidak sehat itu? Jenis kegiatan apa yang Anda nikmati? Apa saja impian dan tujuan Anda? Mudah untuk kehilangan jati diri, tetapi Anda dapat bangkit dan melanjutkan hidup.

4. Tetapkan standar hubungan baru

Apa saja tanda-tanda awal hubungan yang Anda abaikan? Penelitian yang membandingkan kekerasan dalam rumah tangga dan gejala PTSD yang diterbitkan oleh Counseling & Psychotherapy Research Journal telah menunjukkan adanya kesamaan. 

Selalu sadari bahwa Anda tidak dapat mengubah seorang pria. Tanyakan pada diri Anda sendiri mengapa Anda memberinya begitu banyak kesempatan, dan sekarang buatlah daftar hal-hal yang harus Anda miliki dan yang tidak Anda sukai.

5. Jangan berharap untuk langsung bahagia

Mengatasi hubungan yang penuh kekerasan emosional membutuhkan waktu. Jalani hidup hari demi hari dengan perasaan tenang, ingatlah untuk bernapas, karena napas Anda menenangkan.

Tarik napas perlahan dan hembuskan perlahan. Tetaplah berada di masa kini, kita tidak bisa kembali, dan kita tidak bisa memprediksi masa depan, ini seperti membersihkan kamar, perlu dibersihkan, dicat, lalu ditata ulang.

6. Belajar untuk percaya diri lagi

Kita semua melakukan kesalahan. Pastikan untuk mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda jauh lebih bijak sekarang, mulailah hari Anda dengan afirmasi positif, itu bisa sesederhana mengatakan Anda cukup untuk diri Anda sendiri.

7. Percayalah bahwa ada seseorang yang lebih baik di luar sana untukmu

Percayalah bahwa masih ada seseorang di luar sana yang lebih baik untuk Anda, dan seseorang yang lebih pantas dan menghargai Anda. Dia akan mencintai Anda apa adanya, dia tidak akan mengharapkan Anda untuk selalu sempurna, dan dia akan mendukung Anda apa pun yang terjadi.

8. Jika kamu memutuskan untuk pergi, sebaiknya putuskan semua kontak dengan mantanmu

Ini berarti tidak ada pesan teks atau makan siang yang tidak berbahaya, tahan keinginan untuk melihatnya di Facebook atau media sosial apa pun. Memiliki akses ke kehidupan mayanya hanyalah penopang, ini akan membuat Anda terjebak.

9. Biarkan diri Anda merasa kesepian

Putus cinta tidak pernah mudah, bahkan ketika Anda sendiri yang memutuskannya, dan merasa kesepian adalah bagian dari proses tersebut. Namun, setelah mereka mengakhiri hubungan yang buruk, mereka akan merasa jauh lebih baik daripada saat mereka masih menjalin hubungan.

10. Setelah mengakhiri hubungan, penting untuk mengingat mengapa Anda mengakhiri hubungan tersebut

Mudah untuk mengingat hal-hal baik tentang hubungan dan mantan Anda. Namun, saat Anda memutuskan mengakhiri hubungan, Anda harus menulis daftar alasan Anda meninggalkannya, ucapkan berulang-ulang, ini akan membantu Anda menjadi lebih kuat.

11. Jaga dirimu sendiri

Berikan diri Anda waktu sebanyak yang Anda butuhkan untuk melupakannya. Misalnya dengan membeli es krim, membaca majalah, menonton tayangan di TV, hingga pergi ke pusat kebugaran atau berjalan-jalan santai di pantai.

12. Saat Anda siap untuk pergi, akui itu

Ketika Anda merasa bisa melanjutkan hidup, ucapkan selamat kepada diri sendiri karena sudah cukup kuat dan bijaksana untuk pergi. Memang tidak mudah, namun dengan pergi, Anda telah memberikan hadiah kepada diri sendiri. 

Anda mengucapkan selamat tinggal pada hubungan yang tidak berjalan baik bagi Anda dan membiarkan kebahagiaan memasuki hidup Anda. Jadi, jika Anda telah memutuskan untuk pergi, terima saja.

   ***  

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #atasi #kdrt12 #cara #yang #bisa #dilakukan #perempuan #agar #terbebas #dari #pria #yang #memperlakukannya #dengan #buruk

KOMENTAR