Adu Kekayaan Moeldoko vs AHY: Eks Panglima vs Mayor, Ternyata Cuma Punya Mobil Ini
Kolase Moeldoko dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). [Istimewa]
17:18
22 Pebruari 2024

Adu Kekayaan Moeldoko vs AHY: Eks Panglima vs Mayor, Ternyata Cuma Punya Mobil Ini

Perseteruan antara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko hingga kini belum ada sinyal akan mereda.

Bahkan, AHY kini masuk ke lingkaran yang sama dengan Moeldoko usai dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Negara (ATR/BPN) pada Rabu (21/2/2024). 

Perseteruan antara kedua sosok tersebut dilatarbelakangi oleh perebutan kekuasaan di internal Partai Demokrat.

Adapun baik Moeldoko maupun AHY kini ngotot dengan kebenaran versi masing-masing terkait pemimpin sah Partai Demokrat.

Terlepas dari konflik antara kedua sosok tersebut, baik Moeldoko maupun AHY adalah dua tokoh yang besar terutama kala mereka berkarier di TNI.

Berikut harta kekayaan AHY dan Moeldoko yang kini masih kukuh soal kekuasaan di Partai Demokrat.

Harta kekayaan AHY: Mayor Infanteri berakhir jadi menteri

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan salam sebelum dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A].Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan salam sebelum dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A].

AHY kini menikmati puncak kariernya sebagai Menteri ATR/BTN.

Adapun sebelum berkecimpung di politik dan pemerintahan, AHY mengabdi di TNI dengan pangkat terakhirnya yakni Mayor Inf.

Soal harta kekayaan, putra sulung eks Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengantongi Rupiah dalam jumlah yang fantastis.

AHY menuangkan jumlah harta kekayaannya melalui Laporan Harta kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang ia laporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai bentuk kewajibannya lantaran ia adalah seorang pejabat negara.

Berdasarkan LHKPN terbaru AHY, ia mengantongi harta kekayaan senilai Rp 15.291.805.024 atau Rp 15,29 miliar.

Putra SBY ini gemar berinvestasi dalam bentuk properti, dibuktikan dari harta berjenis tanah dan bangunan senilai Rp 6.772.645.000 (Rp6 miliar) yang ia miliki.

AHY juga menyimpan satu unit mobil Toyota Vellfire Tahun 2012 yang dijual dengan harga Rp550.000.000 sesuai harga pasaran.

Ia juga menjalankan sebuah usaha senilai Rp360.000.000 yakni PT Exquisite Indonesia. Selain itu, ia juga melaporkan harta bergerak senilai Rp 688,8 juta serta giro dan setara kas senilai Rp 6.920.360.024.

Harta kekayaan Moeldoko: Eks Jenderal TNI, jadi orang kepercayaan Jokowi

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko. [ANTARA]Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko. [ANTARA]

AHY tentu terbilang berani kala berseteru dengan Moeldoko.

Sebab, sosok orang kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini merupakan orang besar di TNI. Pangkat terakhir Moeldoko adalah Jenderal TNI, yakni pangkat tertinggi yang bisa diperoleh seorang perwira TNI Angkatan Darat.

Moeldoko juga sempat mengemban jabatan besar di TNI yakni Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Soal harta kekayaan, Moeldoko juga tak main-main lantaran ia mengantongi harta kekayaan senilai Rp 46.137.114.631 (Rp46 miliar) sebagaimana yang ia laporkan lewat LHKPN KPK.

Mayoritas puluhan miliar Rupiah tersebut diperoleh dari harta kekayaan berjenis tanah dan bangunan senilai Rp 33.431.000.000. 

Sama seperti AHY, Moeldoko setia dengan satu pilihan kendaraan yakni mobil Toyota Camry 2.5L Hybrid AT Tahun 2012 dengan harga Rp 200.000.000.

Sosok pria kepercayaan Jokowi ini juga mengantongi harta bergerak berjumlah Rp 204.000.000, kas dan setara kas dengan jumlah Rp 6.694.614.631 dan harta lainnya dengan jumlah 5.607.500.000. 

Moeldoko bebas dari utang sehingga harta kekayaannya tak mengalami kekurangan.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #kekayaan #moeldoko #panglima #mayor #ternyata #cuma #punya #mobil

KOMENTAR