Ayam versus Telur, Mana yang Lebih Dulu? Begini Jawaban Sains
ilustrasi ayam dan telur. (Freepik)
16:26
22 Oktober 2024

Ayam versus Telur, Mana yang Lebih Dulu? Begini Jawaban Sains

 

Salah satu perdebatan di antara manusia sepanjang masa yakni soal mana yang lebih dulu, antara ayam atau telur.

Untuk menjawabnya, kita perlu kembali ke sejarah dan asal usul evolusi ayam.

Secara teknis, telur jadi wadah membran tempat embrio dapat berkembang menjadi makhluk hidup.

Telur-telur ini pertama kali muncul seiring dengan evolusi amniota pertama jutaan tahun yang lalu.

Sebelum munculnya amniota pertama, sebagian besar hewan bereproduksi di air, mereka bertelur di kolam dan habitat lembap lainnya agar telur tidak mengering.

Evolusi dari telur amniota

Pada suatu saat, muncul jenis sel telur baru, kali ini dengan tiga membran lagi di dalamnya yakni chorion, amnion, dan allantois yang mulai berevolusi.

Meskipun setiap membran memiliki fungsi spesifiknya sendiri, ketika disatukan, membran-membran ini membungkus sistem pendukung kehidupan yang terpadu dan menyeluruh.

Struktur baru ini memungkinkan embrio untuk menyerap nutrisi yang tersimpan, menyimpan produk limbah, dan bernapas, sehingga memungkinkan hewan bertelur di darat.

Terjadinya ayam pertama

Menurut Australian Academy of Science, ayam pertama kemungkinan merupakan hasil mutasi genetik yang terjadi pada zigot dari dua proto-ayam.

Ini berarti bahwa dua proto-ayam kawin, menggabungkan DNA mereka untuk membentuk sel pertama dari ayam pertama, seperti dilansir Times of India, Selasa (22/10).

Selama proses ini, mutasi genetik terjadi pada sel awal tersebut, lalu mutasi ini kemudian direplikasi pada setiap sel berikutnya saat embrio ayam berkembang dan menghasilkan ayam pertama.

Menurut penelitian, telur amniotik muncul pertama kali sekitar 340 juta tahun yang lalu dan ayam pertama berevolusi paling cepat sekitar 58.000 tahun lalu, masuk akal untuk menegaskan bahwa sel telur muncul lebih dulu.

Telur amniotik sudah ada jauh sebelum ayam, menyediakan lingkungan yang diperlukan bagi berbagai embrio hewan untuk berkembang.

Telur ayam memiliki protein khusus

Akan tetapi, ada satu protein khusus yang disebut ovocleidin-17, atau OC-17, yang hanya ada di ovarium ayam.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa ayam pasti telah menetas sebelum telur ayam karena OC-17 diperlukan untuk pembentukan cangkang telur.

Protein ini mempercepat proses pembentukan cangkang telur, sehingga ayam dapat membuat telur dari awal dan bisa bertelur dalam waktu 24 jam.

Mana yang lebih dulu?

Meskipun tidak dapat disangkal bahwa telur pada umumnya ada sebelum ayam, pembentukan telur ayam secara spesifik melibatkan keberadaan ayam untuk menghasilkan protein yang diperlukan.

Kesimpulannya, perlu dicatat bahwa ayam dan telur saling bergantung. Oleh karena itu, telur ayam secara intrinsik terkait dengan keberadaan ayam itu sendiri.

 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #ayam #versus #telur #mana #yang #lebih #dulu #begini #jawaban #sains

KOMENTAR