Punya Tanaman Kaktus di Rumah? Ikuti 3 Tips Berikut untuk Merawatnya dengan Baik
Tips Merawat Tanaman Kaktus dengan Baik./Freepik
15:18
21 Februari 2024

Punya Tanaman Kaktus di Rumah? Ikuti 3 Tips Berikut untuk Merawatnya dengan Baik

- Kaktus merupakan jenis tanaman yang terkenal dengan kemampuannya untuk bertahan hidup di lingkungan yang keras, seperti gurun atau daerah dengan iklim kering.

Tanaman ini memiliki ciri khas berupa batang yang tebal dan berduri, yang membantu mereka menyimpan air dan mengurangi penguapan.

Kaktus termasuk dalam keluarga tumbuhan sukulen, yang umumnya memiliki jaringan tumbuhan yang disesuaikan untuk menyimpan air.

Tidak seperti kebanyakan tanaman, kaktus memiliki adaptasi unik yang memungkinkannya untuk bertahan hidup di lingkungan yang cukup ekstrem.

Salah satu adaptasi paling mencolok adalah struktur berduri mereka, yang membantu melindungi mereka dari pemangsa dan mengurangi penguapan air.

Dikenal karena keindahan dan daya tahannya, kaktus sering kali menjadi pilihan populer sebagai tanaman hias di rumah atau taman.

Mereka dapat menambah sentuhan eksotis dan menarik perhatian, ditambah ke perawatannya yang relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan tanaman lainnya.

Meskipun dikenal sebagai tanaman yang tahan kekeringan, kaktus juga membutuhkan perawatan. Dilansir dari Southern Living pada Selasa (20/2), berikut merupakan 5 tips untuk merawat tanaman kaktus.

1. Pastikan kaktus mendapatkan cahaya yang cukup

Kaktus dapat berkembang dengan baik di bawah sinar matahari maupun cahaya langsung. Letakkan kaktus di sudut rumah yang memiliki suhu yang hangat dan terkena sinar matahari langsung.

Meskipun kaktus membutuhkan sinar matahari langsung, penting untuk memperhatikan agar kaktus tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari. Kaktus bisa terbakar akibat sinar matahari.

Jika kaktus berubah warna menjadi kuning atau cokelat, pindahkan dari sumber cahaya untuk mendinginkannya. Selain itu, jauhkan kaktus dari pendingin udara atau jendela berangin karena mereka menyukai iklim yang hangat dan kering.

2. Siram kaktus dengan benar

Meskipun kaktus dikenal dapat bertahan tanpa banyak disiram, bukan berarti kaktus tidak memerlukan penyiraman sama sekali.

Pastikan untuk memeriksa tanah setiap beberapa minggu sekali. Jika 2 hingga 3 inci pertama tanahnya kering, sudah waktunya menyiram tanaman kaktus.

Saat musim panas, kaktus hanya memerlukan penyiraman air setiap 10 hingga 14 hari saja. Setelah menyiramnya, pastikan bahwa kaktus tidak terendam air karena itu bisa menjadikannya busuk.

3. Gunakan tanah dan pupuk yang tepat

Campuran tanah dan pupuk yang disesuaikan dengan kaktus merupakan kunci untuk pertumbuhannya yang sehat. Pastikan menggunakan campuran tanah yang tepat saat menanam kaktus.

Kaktus lebih menyukai tanah yang mengandung lebih banyak pasir dan batu, agar dapat mengalirkan air dan menjaga tanaman tetap kering saat penyiraman serta mencegah pembusukan akar.

Begitupun juga dengan pupuk, gunakan pupuk yang dirancang khusus untuk kaktus agar mereka mendapatkan nutrisi yang tepat tanpa kelebihan ataupun kekurangan dan berikan pupuk sekali saja saat musim panas.

Anda dianjurkan untu menyiram kaktus terlebih dahulu, kemudian aplikasikan pupuk ke tanah yang lembab, hal ini berguna untuk mencegah agar pupuk tidak membakar akarnya.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #punya #tanaman #kaktus #rumah #ikuti #tips #berikut #untuk #merawatnya #dengan #baik

KOMENTAR