10 Makanan dan Minuman yang Ternyata Malah Bikin Makin Lapar, Termasuk Nasi Putih?
Ilustrasi makanan yang membuat kita semakin lapar. (Freepik)
19:28
21 Oktober 2024

10 Makanan dan Minuman yang Ternyata Malah Bikin Makin Lapar, Termasuk Nasi Putih?

Makanan adalah zat yang dikonsumsi untuk mendapatkan nutrisi yang kemudian diolah menjadi energi, dan ketika badan kita kekurangan energi, tubuh akan memberikan sinyal berupa rasa lapar.

Namun, tahukah Anda? Bahwa tidak semua makanan yang kita konsumsi dapat memberikan rasa kenyang. Beberapa diantaranya, ternyata justru membuat kita semakin lapar dan terus menginginkan lebih.

Seperti halnya dilansir dari laman Real Simple, berikut adalah 10 makanan dan minuman yang sebenarnya membuat kita semakin lapar:

1. Kue dan kue kering

Kue dan biskuit adalah makanan yang rendah nutrisi dan tinggi karbohidrat olahan. Ini dapat meningkatkan rasa lapar dan membuat Anda ingin makan lebih banyak.

Menggabungkannya dengan makanan seimbang, seperti menikmati makanan penutup di akhir makan alih-alih dua hingga tiga jam kemudian, bisa membantu Anda mendapatkan manfaat dari serat dan protein yang dikonsumsi saat makan untuk menjaga rasa kenyang dan kepuasan.

2. Jus buah

Meskipun jus buah 100 persen sebenarnya mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin, mineral, dan senyawa nabati. Nyatanya, proses juicing yang Anda lakukan dapat menghilangkan serat dari buah yang penting untuk memberikan rasa kenyang.

Sebagai gantinya, pilihlah buah utuh atau smoothie yang dibuat dengan buah utuh, karena kedua pilihan tersebut mengandung serat yang Anda butuhkan untuk merasa kenyang.

3. Roti putih

Roti putih adalah makanan yang diproses dan rendah serat. Meskipun bisa menjadi bagian dari pola makan seimbang jika dimakan dalam jumlah wajar, roti jenis ini tidak mengenyangkan seefektif alternatif roti gandum utuh.

Akan lebih baik lagi jika roti yang Anda konsumsi tersebut mengandung biji-bijian untuk tambahan lemak sehat.

4. Permen

Permen adalah makanan berkalori tinggi yang cepat dicerna dan tinggi gula. Sehingga, makanan ini bisa menyebabkan penurunan kadar gula darah yang cepat dan meningkatkan rasa lapar.

Buah kering tanpa tambahan gula bisa menjadi pengganti yang lebih sehat, dan jika Anda ingin memuaskan keinginan akan makanan manis, Anda bisa mencoba mangga kering dan ceri.

5. Keripik kentang

Meskipun beberapa keripik kentang memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi, nyatanya cemilan ini tidak cukup untuk memuaskan rasa lapar, sehingga akan terasa sulit untuk kita berhenti memakannya.

Anda bisa memilih opsi potongan kentang yang dipanggang atau digoreng dengan kulit untuk mendapatkan lebih banyak serat dan membuat Anda merasa kenyang.

6. Alkohol

Meminum minuman beralkohol dapat menurunkan kadar gula darah dan merangsang rasa lapar, terutama jika dikonsumsi dengan campuran manis. Pastikan untuk makan sebelum dan/atau saat Anda mengonsumsi alkohol.

7. Nasi putih

Mirip dengan roti putih, nasi putih adalah karbohidrat rendah serat, yang memiliki sedikit manfaat nutrisi. Sehingga, banyak orang segera mengambil porsi tambahan setelah mereka selesai dengan porsi pertama.

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih nasi cokelat yang kaya serat dan lebih mengenyangkan.

8. Sereal manis

Sereal sarapan manis adalah makanan yang rendah serat dan tinggi gula, sehingga mengonsumsinya sebagai sarapan justru dapat meningkatkan rasa lapar Anda. Sebagai gantinya, sereal gandum utuh adalah pilihan yang lebih baik.

9. Produk bebas gula

Meskipun produk bebas gula tampak seperti solusi yang baik, nyatanya pemanis buatan dapat menipu otak Anda untuk merasa lebih lapar.

Sebagai gantinya, cobalah untuk memilih produk yang dipermanis secara alami dengan buah, madu, atau sirup maple yang juga mengandung jenis serat, protein, dan/atau sumber lemak sehat.

10. Putih telur

Meskipun putih telur merupakan sumber protein yang baik, mereka kurang lemak yang ditemukan dalam kuning telur yang membantu Anda merasa kenyang. Untuk itu, mengonsumsi telur utuh akan menjadi pilihan yang lebih memuaskan.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #makanan #minuman #yang #ternyata #malah #bikin #makin #lapar #termasuk #nasi #putih

KOMENTAR