Berikut Ini 9 Buah dan Sayuran yang Kulitnya Boleh Dikupas atau Tidak, Salah Satunya Kentang
Ilustrasi buah dan sayuran. (Perfection)
11:14
19 Oktober 2024

Berikut Ini 9 Buah dan Sayuran yang Kulitnya Boleh Dikupas atau Tidak, Salah Satunya Kentang

- Buah dan sayuran merupakan makanan yang kaya akan vitamin untuk tubuh. Keduanya mengandung serat yang juga baik untuk sistem pencernaan Anda.

Ada beberapa buah dan sayuran yang memiliki kulit dan Anda sering untuk mengupasnya.

Padahal, dalam kulit buah dan sayuran itu terdapat berbagai macam manfaat. Untuk itu, dalam artikel ini akan memberikan informasi tentang buah dan sayuran apa saja yang kulitnya boleh dikupas atau tidak, sebagaimana dilansir allrecipes.

1. Kentang

Membiarkan kulit kentang tidak dikupas adalah pilihan terbaik. Dalam kulit kentang terdapat serat yang mengenyangkan dan juga mengandung zat besi serta kalium.

Saat hendak dimasak, Anda hanya perlu membilas dan menggosok kentang dengan handuk dapur atau menggunakan sikat.

2. Wortel

Vitamin C dan B3 yang terkandung dalam wortel sebenarnya juga tersimpan di kulitnya dan lapisan di bawahnya.

Dengan membiarkan kulitnya tetap utuh, Anda akan mendapatkan vitamin sehat tersebut secara maksimal. Saat akan mengkonsumsinya, cukup gunakan air mengalir dan gosok wortelnya.

3. Terong

Setelah dimasak, kulit terong menjadi lembut dan empuk. Dalam kulitnya, terdapat kandungan serat, mangan, dan antioksidan peningkat kekebalan tubuh.

Yang perlu dilakukan sebelum mengonsumsinya adalah dengan membilasnya dan gunakan tisu untuk membersihkannya.

4. Mentimun

Sebagian zat yang menyehatkan untuk tubuh terdapat pada kulit mentimun. Vitamin yang terkandung seperti vitamin A yang baik untuk mata dan kulit serta vitamin K yang bermanfaat bagi tulang.

Jika Anda ingin langsung memakannya, pastikan untuk membilas dan menggosok mentimun dengan kuat.

5. Buah kiwi

Anda bisa memakan buah kiwi dengan kulitnya, namun rasanya akan sedikit kurang manis dan lebih asam. Mengonsumsinya bersama kulitnya akan melipatgandakan serat yang diperoleh.

6. Alpukat

Tidak perlu untuk memakan buah alpukat beserta dengan kulitnya. Seperti alpukat hass yang memiliki kulit keras, tebal, dan rasanya tidak enak. Namun, jika Anda menemukan jenis alpukat dengan kulit tipis dan halus silakan untuk mengonsumsinya.

7. Nanas

Buah tropis ini memiliki kulit tebal dan kuat untuk melindungi bagian dalam yang lembut. Itulah alasan mengapa Anda tidak boleh untuk makan kulit nanas.

8. Mangga

Anda bisa saja makan buah mangga dengan kulitnya. Namun, dalam kulit tersebut terdapat urushiol yang merupakan zat kimia aktif dalam racun ivy. Lebih baik buang saja kulitnya, apalagi bagi Anda yang sensitif pada racun ivy.

9. Pisang

Rasa dan tekstur dari kulit pisang sangat tidak enak, walaupun sebenarnya bisa untuk dikonsumsi. Terdapat kandungan nutrisi pada kulit pisang, jika menyukainya Anda dapat menggorengnya atau memanggangnya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #berikut #buah #sayuran #yang #kulitnya #boleh #dikupas #atau #tidak #salah #satunya #kentang

KOMENTAR