Riwayat Pendidikan Komeng: Jadi Caleg DPD, Trending Gegara Foto Kocak di Surat Suara
Komeng di acara wisuda International Islamic High School di kawasan Pancoran, Jakarta, Kamis (15/6/2023). [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
16:09
14 Pebruari 2024

Riwayat Pendidikan Komeng: Jadi Caleg DPD, Trending Gegara Foto Kocak di Surat Suara

Komedian Komeng diketahui mencalonkan diri sebagai calon anggota DPD RI dari dapil Jawa Barat dalam Pemilu 2024. Hal ini terungkap usai banyak warganet yang kaget karena wajah pelawak senior ini mendadak muncul di kertas suara calon anggota DPD RI bersama para calon lainnya. 

Uniknya, Komeng sendiri tidak pernah mengunggah soal pencalonan dirinya di media sosial. Komeng pun mendadak jadi trending di X lantaran foto kocak yang digunakan dalam surat suara DPD RI.

Dalam foto yang beredar, Komeng terlihat hanya menggunakan kaos berwarna biru dengan ekspresi wajah yang lucu. Hal ini jadi perbincangan hangat di X karena berbeda dengan calon anggota DPD RI lainnya yang biasa menggunakan foto formal.

Foto Komeng di Daftar Surat Suara DPD. (X/@wirashalci)Foto Komeng di Daftar Surat Suara DPD. (X/@wirashalci)

Tak hanya itu, warganet pun beramai-ramai mempertanyakan soal latar belakang pendidikan Komeng hingga dirinya memutuskan untuk masuk ke dunia legislatif.

Lalu, seperti apa riwayat pendidikan Komeng? Simak inilah selengkapnya.

Riwayat Pendidikan Komeng

Alfiansyah Komeng atau akrab dikenal dengan nama Komeng mulai dikenal publik saat dirinya bergabung dengan grup lawak bernama Diamor yang beranggotakan Mamo, Jarwo Kwat, dan Rudi Sipit. Ia pun ikut bermain dalam prohram Kompor Diamor yang disiarkan di TPI pada tahun 1991.

Sebelum menjadi seorang artis, Komeng sendiri pernah bersekolah di SMP Negeri 1 Cisarua yang kini berganti nama menjadi SMP Negeri 1 Megamendung. Ia mengaku pernah satu sekolah dengan politisi Fadli Zon. 

Usai menyelesaikan pendidikan di bangku SMA, Komeng sempat berkuliah di Akademi Bisnis Indonesia, namun ia berhenti di tengah jalan lantaran kesibukannya di dunia entertainment.

Ia pun harus berpindah kampus sebanyak tiga kali sebelum akhirnya menyelesaikan pendidikan S1 di STIE Tribuana, Bekasi, Jawa Barat pada 2018 saat usianya yang sudah menginjak 48 tahun. 

Ciri khas Komeng dengan materi lelucon dan suaranya yang cempreng membuat dirinya mudah diterima dalam industri komedi.

Ia pun juga merambah ke dunia presenter dan radio sejak tahun 1993. Namanya terus melambung saat ia bermain di berbagai sitkom.

Pada 2008, Komeng pertama kali dipasangkan dengan Adul dan Olga Syahputra dalam acara televisi Saatnya Kita Sahur di Transtv. 

Pasca lulus dari pendidikan sarjananya, Komeng pun bermaksud untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI. Namun, keinginan tersebut baru terwujud di tahun 2023 saat dirinya mencalonkan diri sebagai calon anggota DPD RI dalam Pemilu 2024.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #riwayat #pendidikan #komeng #jadi #caleg #trending #gegara #foto #kocak #surat #suara

KOMENTAR