Saling Memahami, Begini Cara Menghadapi Orang Introvert Sebagai Sosok yang Ekstrovert!
Ilustrasi orang introvert. (Pexels)
10:54
18 Oktober 2024

Saling Memahami, Begini Cara Menghadapi Orang Introvert Sebagai Sosok yang Ekstrovert!

- Sebagai seorang ekstrovert, kamu mungkin merasa bahwa dunia adalah tempat yang menyenangkan karena bisa bertemu banyak orang. Kamu akan senang berinteraksi dengan banyak orang berikut kepribadiannya.

Ada banyak jenis sifat dan perilaku yang mungkin akan kamu temui di dunia. Dengan banyaknya orang yang kamu temui, bukan tidak mungkin bahwa kamu akan bertemu dengan sosok yang introvert.

Dalam lingkungan pembelajaran atau perkantoran, kamu mungkin akan bertemu dengan sosok introvert yang berbanding terbalik dengan kamu. Harus saling memahami, ada hal yang harus kamu perhatikan dalam berinteraksi dengannya.

Hal ini dikarenakan orang introvert memiliki cara pandang yang berbeda dengan dunia. Berbeda dengan kamu yang senang berada di kumpulan manusia, sosok introvert lebih senang menghabiskan waktu sendirian.

Oleh karenanya, dalam berinteraksi kamu perlu mempertimbangkan berbagai hal demi hubungan lancar antara kalian berdua.

Dilansir dari Introvert Dear dan Gusto, berikut ini merupakan cara menghadapi introvert sebagai ekstrovert:

1. Pahami Kepribadiannya

Cara pertama yang bisa kamu lakukan sebagai seorang ekstrovert dalam menghadapi orang introvert adalah dengan memahaminya. Meski kepribadian kalian berbeda berbanding terbalik, kamu bisa mencoba memahaminya dan tidak merasa kepribadian mereka adalah sesuatu yang negatif.

Kamu mungkin sempat merasa bahwa mereka tidak ingin berkomunikasi dengan orang, atau tidak mau berusaha berbincang dengan orang lain. Kamu harus pahami bahwa mereka hanya punya pendekatan yang berbeda dalam berkomunikasi dengan manusia.

2. Hormati Diamnya Mereka

Cara kedua yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan menghormati diamnya mereka. Memiliki kepribadian introvert berarti memiliki bawaan dalam diri untuk menyendiri. Hal ini merupakan sesuatu yang normal dan bukan berarti mereka memusuhi atau tidak suka padamu.

Ketika mereka sedang berada dalam fase ingin menyendiri, kamu harus menghormati diamnya mereka. Alih-alih memaksanya untuk berinteraksi, hal ini hanya akan dapat merusak hubunganmu dengan mereka.

3. Perhatikan Bahasa Tubuh

Cara ketiga yang juga bisa kamu aplikasikan ketika menghadapi orang introvert sebagai seorang ekstrovert adalah dengan memperhatikan bahasa tubuhnya. Beberapa introvert tidak begitu menyatakan ketidaksukaannya dengan kata-kata.

Ketika berkomunikasi dengan introvert, kamu harus menanyakan apa mereka sedang dalam keadaan mau untuk berbicara. Kamu juga bisa memperhatikan bahasa tubuhnya, apakah sata itu adalah saat yang tepat untuk membicarakan topik yang ingin kamu sampaikan.

4. Beri Tahu Sebelumnya

Cara keempat yang bisa kamu lakukan sebagai ekstrovert dalam menghadapi introvert adalah dengan memberi tahu topik atau acara sebelum hal tersebut terjadi. Sebagai ekstrovert, kamu mungkin senang saja apabila diundang ke sebuah pertemuan mendadak atau membahas topik yang belum kamu kuasai sepenuhnya.

Lain dengan introvert, mereka harus memperhitungkan segala sesuatu dan mempersiapkan diri mereka. ALangkah lebih baik apabila kamu memberitahukan rapat kantor, acara perkuliahan, atau ketika kamu membawa teman yang tidak dikenalnya dalam pertemuan kalian. Hal ini bisa membuatnya mempersiapkan diri di setiap keadaan.

5. Berikan Ruang yang Cukup

Cara kelima yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan ruang yang cukup. Sebagai seorang ekstrovert, kamu mungkin pernah merasa gemas dan ingin mendorong seorang introvert untuk lebih berkomunikasi sepertimu.

Namun, hal tersebut tentu tidak mempan dan malah akan memperburuk hubungan kalian berdua. Kamu harus memahami, memberinya ruang yang cukup untuk dirinya mengeksplorasi dunianya sendiri. Semakin dipaksakan, seorang introvert akan semakin jauh dari berinteraksi denganmu.

6. Habiskan Waktu Bersama

Cara keenam yang juga bisa kamu aplikasikan ketika menghadapi orang introvert adalah dengan menghabiskan waktu bersama. Sebagai seorang introvert, mereka sangat menghargai hubungan dan obrolan bahkan yang remeh sekalipun.

Kamu bisa menghabiskan waktu bersama dan menjadi lebih dekat dalam proses tersebut. Tidak bisa terburu-buru, kamu perlu waktu dalam proses membangun relasi dengan orang yang introvert.

7. Ciptakan Suasana Nyaman

Terakhir, cara yang bisa kamu lakukan untuk orang yang introvert sebagai orang ekstrovert adalah dengan menciptakan suasana yang nyaman. Dalam berkomunikasi, orang yang introvert mungkin memiliki preferensinya tersendiri.

Kamu bisa menanyakan pada teman kuliah atau rekan kerja di kantor komunikasi apa yang mereka lebih pilih. Misalnya, mereka lebih suka dihubungi melalui pesan untuk permasalahan yang tidak begitu darurat. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai sebagai manusia.

Ketujuh poin diatas merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai seorang ekstrovert dalam menghadapi sosok introvert. Dengan saling memahami, kamu bisa menciptakan hubungan harmonis dan juga menyenangkan hati kedua belah pihak.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #saling #memahami #begini #cara #menghadapi #orang #introvert #sebagai #sosok #yang #ekstrovert

KOMENTAR