Apa Saja Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah? Simak 6 Daftar Manfaatnya
Inilah 6 manfaat niaciamide (freepik)
17:16
17 Oktober 2024

Apa Saja Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah? Simak 6 Daftar Manfaatnya

 

Niacinamide adalah jenis vitamin B3, salah satu dari delapan vitamin B yang mendukung banyak aspek kesehatan kulit Anda.

Niacinamide juga merupakan salah satu bahan yang ditemukan dalam banyak produk perawatan kulit untuk mencerahkan kulit, mencegah tanda-tanda penuaan, dan mengobati kondisi seperti eksim atau jerawat,"

Niacinamide tersedia dalam bentuk pembersih dan pelembap. Lantas apa saja manfaat niacinamide? Dilansir dari laman kulit wajah

Niacinamide telah terbukti meredakan peradangan, yang dapat membantu meredakan kemerahan akibat kondisi seperti jerawat, rosacea, dan eksim.

Niacinamide juga dapat meredakan iritasi yang disebabkan oleh bahan pengelupas kuat seperti retinol atau asam glikolat yang mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit.

  3.   Mengurangi munculnya pori-pori

Tidak ada yang terbukti dapat memperkecil ukuran pori-pori Anda. Namun, niacinamide dapat membantu memperkecil tampilannya dengan membantu menjaga kulit Anda tetap halus dan bersih.

Niacinamide juga dapat membantu mengatur jumlah minyak yang diproduksi kelenjar Anda, yang dapat mencegah timbulnya jerawat dan pori-pori tersumbat.

  4.   Mencegah kanker kulit

Niacinamide merupakan kerabat dekat dari vitamin B lain yang disebut nicotinamide. Suplemen nicotinamide oral dapat membantu mencegah kanker kulit baru atau bintik prakanker berkembang pada beberapa orang. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat ini.

Sebuah  penelitian terkini  juga menunjukkan nikotinamida, sepupu niasinamida, dapat meningkatkan risiko kanker payudara triple-negatif pada mereka yang mengonsumsi suplemen makanan tersebut dalam kadar tinggi.

Tetapi penggunaan niacinamide dalam produk perawatan kulit dan pengaplikasiannya secara topikal umumnya dianggap aman.

  5.   Mengatasi flek hitam

Niacinamide telah disetujui oleh dokter kulit untuk mencerahkan warna kulit. Beberapa penelitian menunjukkan formula perawatan kulit dengan 5% niacinamide juga dapat membantu mencerahkan bintik hitam.

Dalam satu penelitian kecil , kombinasi pencerah kulit termasuk retinol dan niacinamide mengurangi bintik hitam dan garis halus. Keduanya juga meningkatkan kecerahan dan tekstur kulit.

  6.   Mengurangi kerutan dan garis-garis halus

Khasiat antioksidan vitamin ini dapat membantu melindungi kulit Anda dan membantu pemulihannya dari kerusakan akibat faktor-faktor seperti penuaan, sinar matahari, dan stres.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa niacinamide topikal dapat menyamarkan garis-garis halus dan kerutan, serta kulit yang pucat.

  ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #saja #manfaat #niacinamide #untuk #kulit #wajah #simak #daftar #manfaatnya

KOMENTAR