Kekuatan dan Kelemahan Kepribadian INTJ, Berikut Penjelasannya
Ilustrasi kepribadian INTJ. (Pexels)
15:20
12 Februari 2024

Kekuatan dan Kelemahan Kepribadian INTJ, Berikut Penjelasannya

- Menurut Tes Myers-Briggs Tyoe Indicator (MBTI), terdapat 16 tipe kepribadian. Setiap kepribadian tersebut memiliki karakteristik atau ciri khas masing-masing. 

Bagi kamu yang belum familiar, tes MBTI adalah psikotes yang dirancang bertujuan untuk mengetahui persepsi seseorang dalam melihat dunia dan mengambil keputusan. 

Dari 16 tipe kepribadian yang ada di tes MBTI, terdapat tipe INTJ. Diketahui bahwa orang yang memiliki kepribadian ini cukup sedikit, yaitu hanya 1-2 % dari seluruh populasi di dunia. 

Tak banyak orang memilikinya, tipe kepribadian INTJ ini pastinya memiliki beberapa hal menarik untuk ditelusuri.

INTJ, atau Introverted, Intuitive, Thinking, dan Judging, adalah tipe kepribadian yang penuh dengan kecerdasan dan strategi.

Bukan cuman cuman kecerdasan atau strateginya yang hebat, namun setiap ada kelebihan pasti ada kelemahan.

Dilansir dari 16 personalities, Senin (12/2), berikut ini adalah kekuatan dan kelemahan dari kepribadian INTJ:

 

Kekuatan INTJ

Rasional – Orang dengan tipe kepribadian INTJ bangga dengan kekuatan pikirannya. Mereka dapat mengubah hampir semua tantangan menjadi peluang untuk mengasah keterampilan berpikir rasional dan memperluas pengetahuan mereka, serta dengan pola pikir ini, mereka dapat merancang solusi inventif bahkan untuk masalah yang paling sulit sekalipun.

Terinformasi – Hanya sedikit tipe kepribadian yang setia seperti INTJ dalam mengembangkan opini yang rasional, benar, dan berdasarkan bukti. Daripada hanya firasat atau asumsi setengah matang, mereka mendasarkan kesimpulannya pada penelitian dan analisis.

Mandiri – Bagi orang dengan tipe kepribadian ini, konformitas kurang lebih identik dengan biasa-biasa saja. Kreatif dan memiliki motivasi diri, INTJ berusaha melakukan berbagai hal dengan cara mereka sendiri.

Bertekad – Tipe kepribadian ini dikenal ambisius dan berorientasi pada tujuan. INTJ tidak akan berhenti sampai mereka mencapai definisi kesuksesan mereka sendiri – yang biasanya berarti menguasai subjek dan upaya yang penting bagi mereka. Mereka tidak dikenal mengambil jalan keluar yang mudah. Mereka merasa bahwa satu-satunya cara untuk mencapai kesuksesan adalah dengan menghadapi tantangan secara langsung.

Penasaran – INTJ terbuka terhadap ide-ide baru, selama ide-ide tersebut rasional dan berdasarkan bukti. Secara alami skeptis, orang-orang dengan tipe kepribadian ini sangat tertarik pada sudut pandang yang tidak biasa atau bertentangan. Dan jika fakta membuktikan bahwa mereka salah, tipe ini umumnya dengan senang hati merevisi pendapatnya.

Orisinil – Tanpa INTJ, dunia akan menjadi tempat yang kurang menarik. Sifat pemberontak tipe kepribadian ini bertanggung jawab atas beberapa ide dan penemuan paling tidak konvensional dalam sejarah. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari, kepribadian ini memaksa orang-orang di sekitar mereka untuk mempertimbangkan cara-cara baru (dan terkadang mengejutkan) dalam memandang sesuatu.

Kelemahan INTJ

Sombong – INTJ mungkin berpengetahuan luas, namun mereka tidak sempurna. Kepercayaan diri mereka dapat membutakan mereka terhadap masukan berguna dari orang lain – terutama siapa pun yang mereka anggap rendah secara intelektual. Kepribadian ini juga bisa terlihat kasar atau berpikiran tunggal dalam mencoba membuktikan bahwa orang lain salah.

Mengabaikan Emosi – Bagi tipe ini, rasionalitas adalah rajanya. Namun konteks emosional sering kali lebih penting daripada yang diakui oleh orang-orang dengan tipe kepribadian ini. INTJ bisa menjadi tidak sabar terhadap siapa pun yang tampaknya lebih menghargai perasaan daripada fakta. Sayangnya, mengabaikan emosi adalah jenis biasnya sendiri yang dapat mengaburkan penilaian tipe kepribadian ini.

Terlalu Kritis – Kepribadian ini cenderung memiliki pengendalian diri yang tinggi, terutama dalam hal pikiran dan perasaan. Ketika orang-orang dalam kehidupan mereka gagal untuk menyesuaikan diri dengan tingkat pengekangan mereka, INTJ dapat terlihat sangat kritis. Namun kritik ini mungkin tidak adil karena didasarkan pada standar yang sewenang-wenang dan bukannya pemahaman penuh tentang sifat manusia.

Agresif – Orang dengan tipe kepribadian ini benci mengikuti apapun secara membabi buta tanpa memahami alasannya. Hal ini mencakup pembatasan dan figur otoritas yang memberlakukannya. INTJ bisa saja terjebak dalam perdebatan mengenai peraturan dan regulasi yang tidak berguna, namun terkadang perselisihan ini hanya mengalihkan perhatian dari hal-hal yang lebih penting.

Tidak Tahu Sosial – Rasionalitas INTJ yang tiada henti dapat menyebabkan frustasi dalam kehidupan sosial mereka. Upaya mereka untuk menentang ekspektasi mungkin membuat mereka merasa terisolasi atau terputus dari orang lain. Kadang-kadang, kepribadian ini mungkin menjadi sinis terhadap nilai hubungan, mempertanyakan pentingnya cinta dan koneksi.

 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #kekuatan #kelemahan #kepribadian #intj #berikut #penjelasannya

KOMENTAR