Beda Adab Para Musisi Jelang Pilpres 2024, Iwan Fals Paling Beda Sendiri?
Iwan Fals di gelaran Hammersonic 2023, Minggu (19/3/2023). [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
18:06
9 Pebruari 2024

Beda Adab Para Musisi Jelang Pilpres 2024, Iwan Fals Paling Beda Sendiri?

Sejumlah musisi telah mengambil sikap untuk mendukung salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan bertarung di Pilpres 2024.

Sebut saja Ian Anto, Once Mekel, Anang Hermansyah, Ruth Sahanaya, dan Iwa K. Mereka berada di barisan pendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Kemudian Melly Goeslaw, Ahmad Dhani, Pasha Ungu, Ari Sihasale, Charly Vanhoutten yang merupakan para musisi pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Kendati banyak para musisi yang sudah menentukan pilihan jelang kontestasi politik yang akan digelar beberapa hari lagi, Iwan Fals justru mengambil sikap yang berbeda.

Melalui akun media sosial X Iwan Fals, tampak pengumuman yang ditulis oleh tim manajemen mengenai sikap politik musisi kelahiran 1961 tersebut.

"Tiga Rambu sebagai Manajemen Iwan Fals memberitahukan bahwa sampai saat ini Iwan Fals tetap memegang prinsip kenetralan sehubungan dengan pesta demokrasi Pemilu tahun 2024. Iwan Fals tidak terkait dan tidak terikat dengan partai politik maupun pasangan calon (paslon) manapun," pengumuman dari manajemen Iwan Fals.

"Pertunjukan-pertunjukan Iwan Fals selalu menitikberatkan secara tertulis dalam kontrak kerja sama untuk tidak berkaitan atau tidak digunakan untuk kebutuhan politi, termasuk untuk kepentingan kampanye. Demikian semoga pengumuman ini bisa dipahami dan memberi kejelasan kepada yang membutuhkan," lanjutnya.

Sikap netral yang diambil oleh Iwan Fals ini tentu saja menuai sorotan publik. Beragam respons pro dan kontra dilontarkan oleh warganet kepada pelantun lagu Aku Bukan Pilihan tersebut.

"Cara aman agar para pendukung/OI tidak terpecah-pecah oleh hajatan 5 tahun sekali," komentar netizen.

"Ya bagus kalau begitu Bang karena cuma musisi pelacu* yang terlalu dekat dengan istana," timpal netizen lain.

"Seniman kok netral. Konsepnya kepiye Wan?" imbuh yang lain.

"Banyak lagu Iwan Fals mengkritik orba pada zamannya namun sekarang ada yang meniru orba, Iwan Fals netral?" komentar netizen lainnya lagi.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #beda #adab #para #musisi #jelang #pilpres #2024 #iwan #fals #paling #beda #sendiri

KOMENTAR