10 Ciri-ciri Kamu Seorang INFJ, Tipe Kepribadian MBTI Paling Langka
Ilustrasi Kepribadian INFJ./Pexels
13:30
9 Februari 2024

10 Ciri-ciri Kamu Seorang INFJ, Tipe Kepribadian MBTI Paling Langka

 

 

 

INFJ adalah akronim dari introvert, intuitive, feeling, and judging. Istilah INFJ ini sering digunakan untuk membedakan salah satu jenis kepribadian dari 16 jenis kepribadian dalam tes MBTI.

Beberapa orang atau komunitas mungkin mengkategorikan kepribadian dalam beberapa tipe, salah satunya adalah MBTI. MBTI adalah kependekan dari "Myers-Briggs Type Indicator." 

Ini adalah salah satu alat pengukuran kepribadian yang paling terkenal dan digunakan secara luas. Alat ini didasarkan pada teori yang dikembangkan oleh psikolog Carl Jung mengenai tipe kepribadian.

Istilah INFJ ini belum familiar di telinga masyarakat, sehingga banyak yang belum mengetahui apa itu INFJ. INFJ adalah hasil yang menunjukkan bahwa Anda memiliki tipe kepribadian yang digambarkan sebagai Introvert, Intuitive, Feeling, dan Judging.

Orang yang memiliki tipe kepribadian ini memiliki karakteristik yang sangat unik, yang membantu mereka menonjol dari orang lain.

INFJ bisa jadi perfeksionis, dan mereka mungkin merasa disalahpahami oleh orang lain. Mereka mungkin juga sensitif secara emosional terhadap orang-orang di sekitar mereka dan berjuang untuk menemukan tempat mereka di dunia yang tidak selalu memahami sudut pandang unik mereka.

Berikut ini dikutip dari New Trader U, Jumat (9/2), adalah ciri-ciri bahwa kamu adalah seorang yang memiliki kepribadian INFJ.

1. Seorang introvert

Introvert lebih suka menghabiskan waktunya sendirian atau dalam kelompok kecil dibandingkan berkumpul dalam jumlah besar.

Jika Anda mengisi ulang tenaga dengan menghabiskan waktu sendirian dan lebih memilih memiliki beberapa teman dekat daripada banyak kenalan, Anda mungkin seorang INFJ.

2. Disalah pahami orang lain

INFJ dikenal karena pemikiran dan perasaannya yang dalam dan kompleks, yang dapat membuat mereka merasa terisolasi dari dunia luar. 

3. Mengatasi Masalah secara kreatif

INFJ dikenal karena mengembangkan solusi inovatif dan kreatif terhadap suatu masalah. Jika Anda mempunyai bakat untuk menemukan pendekatan unik terhadap tantangan dan selalu mencari cara untuk memperbaiki keadaan, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda seorang INFJ.

4. Pendengar yang baik

INFJ dikenal karena kemampuannya mendengarkan dengan penuh perhatian dan memberikan respons yang berempati dan mendukung.

5. Memiliki rasa empati yang kuat

INFJ dikenal karena kemampuannya berempati secara mendalam terhadap orang lain dan memahami perasaan mereka.

6. Tertutup

INFJ cenderung menjadi individu tertutup yang menghargai ruang dan kesendirian mereka sendiri. Jika Anda lebih suka merahasiakan kehidupan pribadi dan tidak suka berbagi terlalu banyak tentang diri Anda dengan orang lain, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda seorang INFJ.

7. Pemikir yang mendalam

INFJ dikenal karena kemampuannya berpikir secara mendalam dan merefleksikan pengalamannya. Jika Anda mendapati diri Anda terus-menerus menganalisis dan menafsirkan pikiran dan perasaan Anda, itu bisa menandakan bahwa Anda seorang INFJ.

8. Kreatif

INFJ dikenal karena sifat kreatifnya dan seringkali memiliki bakat di bidang seni. Jika Anda memiliki kreativitas, seperti menulis, menggambar, atau bermain musik, itu bisa menandakan bahwa Anda seorang INFJ.

9. Peka

INFJ berempati terhadap emosi orang lain. Jika kamu mudah terpengaruh oleh suasana hati orang-orang di sekitarmu, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu seorang INFJ.

10. Memiliki jiwa pemimpin

INFJ dikenal karena kemampuannya menginspirasi dan memotivasi orang lain dan seringkali mengambil peran kepemimpinan secara alami. Jika Anda berada dalam posisi kepemimpinan atau cenderung mengambil alih situasi kelompok, itu bisa menandakan bahwa Anda seorang INFJ.
***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #ciri #ciri #kamu #seorang #infj #tipe #kepribadian #mbti #paling #langka

KOMENTAR