Perlu Kamu Tahu, Ini 6 Manfaat Luar Biasa Buah Delima untuk Kulit
Ini manfaat delima. Sumber foto: Pinkvilla
13:28
15 Oktober 2024

Perlu Kamu Tahu, Ini 6 Manfaat Luar Biasa Buah Delima untuk Kulit

- Tahukah kamu, bahwa buah delima mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan polifenol, yang membantu menetralkan radikal bebas dari paparan sinar UV, sehingga mengurangi stres oksidatif dan peradangan pada kulit.

Dikutip dari Pinkvilla, Selasa (15/10), selain itu, buah delima terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki kerusakan DNA, yang berkontribusi pada perbaikan serta peremajaan kulit setelah paparan sinar UV.

Jadi, jika ingin menghilangkan kulit terbakar dan kulit kusam, kamu dapat menggunakan buah delima sebagai masker wajah, berikut manfaatnya.

1. Dapat Membantu Mencegah Penuaan Kulit

Buah delima mengandung banyak komponen bioaktif, flavonoid, dan fenol serta terbukti efektif dalam mengurangi photoaging dan mencegah pembentukan kerutan.

2. Dapat Membantu Mengurangi Flek Hitam

Buah delima memiliki sifat antioksidan yang membuatnya efektif untuk mengurangi peradangan kulit dan flek wajah.

Bahkan, mengonsumsi ekstrak buah delima yang difermentasi dapat membantu memperlambat proses penuaan.

3. Dapat Membantu Mengatasi Pigmentasi

Buah delima kaya akan serat, gula, tanin, dan pektin, yang menghambat pembentukan melanin untuk membantu mencegah warna kulit tidak merata dan kusam.

4. Dapat Menenangkan Kulit yang Rusak Akibat Sinar UV

Delima mengandung fitokimia yang terbukti efektif untuk membersihkan sel-sel kulit yang rusak akibat sinar UVA dan UVB.

Penambahan zat anti-tumor, asam ellagic, yang merupakan komponen utama dalam delima membantu mencegah pembentukan sel kanker

5. Dapat Membantu Melembapkan Kulit

Cocok untuk semua jenis kulit, sari buah delima memiliki daya serap yang dalam yang membantu menutrisi kulit agar tetap lembut, kenyal, dan terhidrasi.

6. Dapat Membantu Mengobati Luka Kulit

Delima membantu pembentukan sel-sel kulit baru dan memperlancar sirkulasi darah yang meningkatkan penyembuhan luka hingga memperkuat lapisan epidermis kulit.

Kamu juga dapat mengaplikasikan masker wajah buah delima untuk mengurangi tampilan bekas luka dan memberikan tekstur yang sempurna pada kulit.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #perlu #kamu #tahu #manfaat #luar #biasa #buah #delima #untuk #kulit

KOMENTAR