Kain Batik Termahal Ternyata Ada di Daerah Ini, Harganya Bisa Capai Jutaan Rupiah
Kain Batik Termahal. (Suara.com/Lilis Varwati)
08:13
8 Februari 2024

Kain Batik Termahal Ternyata Ada di Daerah Ini, Harganya Bisa Capai Jutaan Rupiah

Batik dikenal sebagai salah satunwarisan budaya khas Indonesia. Cara pembuatannya yang khas dengan canting, motif ekslusif, serta proses pembuatan yang butuh waktu lama, kerap kali membuat satu kain batik dibandrol hingga jutaan rupiah.

Tetapi, bila memahami makna dan filosofi dari batik itu sendiri, harga jutaan rupiah untuk satu kain batik bisa jadi dianggap murah.

"Kalau tahu prosesnya, misalnya harga satu kain batik Rp1,5 juta, itu dikerjakan setahun, bayangkan sebulan hanyandapat berapa pengrajinnya? Kadang-kadang orang tidak memahami," kata Founder Perempuan Pelestari Budaya Diah KW saat acara bincang fashion etnik di kantor suara.com, Selasa (6/2/2024).

Lantaran dibuat secara manual dengan tangan menggunakan canting, motif batik rata-rata otentik dan ekslusif. 

Kain Batik Termahal. (Suara.com/Lilis Varwati)Kain Batik Termahal. (Suara.com/Lilis Varwati)

"Karena batik itu motifnya tidak akan didapatkannya sama. Meskipun sama, tidak akan 100 persen karena ini bukan pabrik. Makanya itu harus diedukasi kalau namanya batik itu pakai canting," imbuh Diah.

Hal serupa disampaikan oleh Pemerhati batik Dave Tjoa. Ditemui di kantor suara.com, Dave menekankan bahwa nilai seni yang tinggi dari kain batik ialah proses pembuatannya yang panjang serta motif yang sarat makna dan sejarah. Bagi orang yang memahami batik, satu kainnya saja bisa dibandrol hingga ratusan jutabrupiah untuk motif lawas. 

Menurut Dave, kain batik yang selama ini sering dibandrol harga mahal ialah kain batik Pekalongan. Batik Pekalongan memiliki ciri khas motif berbentuk garis-garis tegas. Garis-garis itu yang biasanya akan menghasilkan corak seperti bunga-bunga kecil dan dedaunan. 

"Pekalongan itu tetap mendominasi peringkat tertinggi dari batik lawas, karena melihat sejarahnya juga yang cukup panjang," ungkap Dave.

Batik Lasem juga sebenarnya juga dibandrol harha fantastis. Hanya saja, menurut Dave, jumlah kain batik lawas dari Lasem tidak sebanyak dari Pekalongan. 

"Batik Lasem itu memang untuk batik tua amat sangat jarang. Tapi kalau kita mau bandingkan secara daerah mana yang sangat populer untuk batik lawas dari zaman dulu dari tahun 1800-an itu Pekalongan," pungkasnya. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #kain #batik #termahal #ternyata #daerah #harganya #bisa #capai #jutaan #rupiah

KOMENTAR