8 Makanan Kaya Kolagen untuk Kesehatan Kulit dan Rambut, Penampilan Luar Dalam Auto Cantik!
ilustrasi makanan kaya kolagen. Sumber foto: Freepik
13:16
14 Oktober 2024

8 Makanan Kaya Kolagen untuk Kesehatan Kulit dan Rambut, Penampilan Luar Dalam Auto Cantik!

– Cuaca yang tidak menentu dan polusi udara sering kali mengakibatkan kulit pecah-pecah dan kering.

Menurut para ahli, cara cerdas untuk meningkatkan kesehatan kulit yakni mengonsumsi makanan kaya kolagen sekaligus mampu meningkatkan kesehatan rambut dan tulang.

Perlu diketahui bahwa kolagen berupa protein alami yang bantu menjaga kesehatan kulit, rambut, kuku, dan persendian.

Seiring bertambahnya usia, kapasitas tubuh untuk memproduksi kolagen secara alami menurun, yang menyebabkan munculnya kerutan, kulit kendur, dan rambut rontok.

Makanya, tubuh perlu mencari sumber kolagen eksternal yang dapat ditambahkan ke dalam menu makan harian.

Lantas, makanan kaya kolagen apa saja yang perlu Anda konsumsi? Dikutip dari Times of India, Senin (14/10), mari simak uraian di bawah ini.

Kaldu tulang

Kaya akan asam amino esensial seperti glisin, prolin, dan hidroksiprolin, yang merupakan bahan dasar pembentuk kolagen. Asam amino ini terbukti membantu proses sintesis kolagen.

Buah beri

Buah seperti stroberi, blueberry, dan rasberi kaya akan antioksidan, terutama vitamin C, yang bantu meningkatkan sintesis kolagen dengan pembentukan kerangka struktural kolagen.

Dikatakan bahwa dengan menambahkan buah beri dalam makanan sehari-hari bisa menambah elastisitas, ketahanan, dan cahaya awet muda pada kulit.

Telur

Telur juga terbukti kaya akan asam amino seperti prolin dan lisin, yang membantu sintesis kolagen yang selanjutnya berkontribusi pada pertumbuhan struktural kulit, rambut, dan jaringan ikat.

Telur juga mengandung sulfur, yang membantu produksi biotin, sehingga mendukung kesehatan kulit.

Citrus

Jeruk, lemon, kiwi, dan lainnya kaya akan vitamin C, yang sangat penting untuk sintesis kolagen.

Vitamin ini berkontribusi pada stabilitas dan kekuatan serat kolagen, yang meningkatkan elastisitas dan ketahanan kulit.

Paprika

Paprika merah dan kuning terbukti menjadi pendukung produksi kolagen yang sangat baik karena kandungan vitamin C yang tinggi.

Paprika juga kaya akan antioksidan yang bersama-sama melindungi kolagen dari stres oksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas.

Bawang putih

Bawang putih merupakan sumber kolagen yang kuat. Kaya akan sulfur, bawang ini membantu sintesis kolagen dengan menyediakan bahan penyusun yang diperlukan untuk pembentukan jaringan ikat.

Sayuran hijau

Sayuran seperti bayam dan kangkung kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang berperan penting dalam sintesis kolagen.

Kandungan klorofil yang tinggi dalam sayuran ini juga bantu menetralkan radikal bebas, yang melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

Kacang-kacangan

Mete, almond, dan kacang tanah kaya akan asam amino yang membantu pertumbuhan struktur kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, serta pertumbuhan jaringan secara keseluruhan.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #makanan #kaya #kolagen #untuk #kesehatan #kulit #rambut #penampilan #luar #dalam #auto #cantik

KOMENTAR