Akademisi Turun Gunung, Ini Daftar Kampus yang Kritik Jokowi Jelang Pilpres 2024
Jokowi saat berpidato dalam agenda Groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel yang dikutip dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/1/2024).
18:00
6 Pebruari 2024

Akademisi Turun Gunung, Ini Daftar Kampus yang Kritik Jokowi Jelang Pilpres 2024

Presiden Joko Widodo alias Jokowi kini dibanjiri kritikan dari ribuan civitas akademika yang datang dari berbagai kampus seantero Tanah Air.

Adapun kritik yang diterima oleh sang Presiden terkait dengan sikapnya menyambut Pilpres 2024.

Sejumlah dosen, mahasiswa, dan tenaga pendidik dari berbagai kampus kini kompak turun gunung menyuarakan kecaman mereka terhadap sikap sang Presiden yang dituding menyalahi demokrasi.

Lantas, dari mana saja kritikan tersebut berasal?

Universitas Gadjah Mada

Para civitas akademika UGM menyampaikan Petisi Bulaksumur di Balairung UGM, Rabu (31/01/2024). [Kontributor/Putu Ayu Palupi]Para civitas akademika UGM menyampaikan Petisi Bulaksumur di Balairung UGM, Rabu (31/01/2024). [Kontributor/Putu Ayu Palupi]

Kritikan datang dari kampus almamater Jokowi sendiri yakni Universitas Gadjah Mada (UGM). Sejumlah civitas akademika yang terdiri atas dosen hingga guru besar berkumpul di gedung Balairung UGM, Rabu (31/1/2024). Adapun mereka menuangkan kritikan dalam sebuah petisi bertajuk 'Petisi Bulaksumur'.

Guru Besar Fakultas Psikologi UGM, Prof Koentjoro turut hadir membacakan petisi tersebut yang memuat keresahan para civitas akademika terhadap sikap sang Presiden.

"Kami sivitas akademika ugm menyampaikan keprihatinan yang mendalam terhadap tindakan sejumlah penyelenggara negara di berbagai lini dan tingkat yang menyimpang dari prinsip-prinsip moral demokrasi, kerakyatan, dan keadilan sosial," tegas Prof Koentjoro.

Universitas Islam Indonesia

Penobatan Jokowi sebagai bapak politik dinasti Indonesia oleh Forum Cik Di Tiro, di UII Kampus Cik Di Tiro, Kota Yogyakarta, Senin (5/2/2024). [Hiskia Andika Weadcaksana/Suarajogja.id]Penobatan Jokowi sebagai bapak politik dinasti Indonesia oleh Forum Cik Di Tiro, di UII Kampus Cik Di Tiro, Kota Yogyakarta, Senin (5/2/2024). [Hiskia Andika Weadcaksana/Suarajogja.id]

Kritikan juga datang dari sejumlah pihak Universitas Islam Indonesia atau UII. Beberapa civitas akademika UII menggelar Forum Cik Di Tiro yang bertempat di UII Kampus Cik Di Tiro, Kota Yogyakarta, Senin (5/2/2024). 

Forum tersebut diwarnai dengan beberapa gerakan simbolis, seperti menobatkan Jokowi sebagai 'Bapak Politik Dinasti Indonesia' atas sikapnya yang turut melanggengkan politik dinasti.

"Kita secara simbolis memasangkan topeng sebagai tanda pada hari ini kita tetapkan Pak Jokowi sebagai Bapak Politik Dinasti di Indonesia," ujar salah satu peserta acara.

UIN Syarif Hidayatullah

Civitas akademika dan alumni UIN Syarif Hidayatullh atau UIN Jakarta deklarasi pernyataan sikap penyelenggaraan Pemilu 2024, Senin (5/2/2024). [Wivy Hikmatullah]Civitas akademika dan alumni UIN Syarif Hidayatullh atau UIN Jakarta deklarasi pernyataan sikap penyelenggaraan Pemilu 2024, Senin (5/2/2024). [Wivy Hikmatullah]

Beralih dari Yogyakarta ke Jakarta, ada para akademisi dari UIN Syarif Hidayatullah atau UIN Jakarta yang berhimpun pada Senin (5/2/2024).  Mereka juga turut miris dengan kondisi demokrasi Tanah Air yang kini diwarnai dengan politik dinasti.

"Kami menolak dinasti politik," bunyi beberapa seruan yang dibawa oleh para dosen dan tenaga pendidik.

Universitas Sumatera Utara

Sivitas hingga alumni USU penyampaikan keprihatinan terhadap kondisi bangsa dan negara saat ini. [Ist]Sivitas hingga alumni USU penyampaikan keprihatinan terhadap kondisi bangsa dan negara saat ini. [Ist]

Seruan kritik terhadap sang Presiden juga digaungkan dari Pulau Sumatera, tepatnya oleh para akademisi Universitas Sumatera Utara (USU).

Mereka berkumpul pada Senin (5/2/2024) untuk menuntut Jokowi dan jajaran para pemangku kepentingan untuk kembali ke jalurnya yakni menyambut Pilpres 2024 dengan asas netralitas.

"Gerakan ini sebagai upaya menjaga keutuhan hidup berbangsa dan bernegara. Serta menjaga suasana tertib, aman, dan damai selama dan setelah pelaksanaan pemilu," ujar Guru Besar Fakultas Hukum USU Prof Ningrum Natasya Sirait.

Selain keempat kampus di atas, ada kampus lainnya yang turut menyusul melayangkan kritikan, di antaranya:

  • Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya
  • Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta
  • Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Universitas Riau
  • Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara
  • Universitas Andalas
  • UIN Syarif Hidayatullah
  • Universitas Mulawarman Samarinda

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #akademisi #turun #gunung #daftar #kampus #yang #kritik #jokowi #jelang #pilpres #2024

KOMENTAR