Biodata dan Kekayaan Erick Thohir, Menteri BUMN Dituduh Bikin Hoaks BUMN
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Dok. Kementerian BUMN)
17:23
6 Februari 2024

Biodata dan Kekayaan Erick Thohir, Menteri BUMN Dituduh Bikin Hoaks BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir terlibat perang mulut dengan paslon capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimim Iskandar atau Cak Imin. Adalah Cak Imin yang menuding Erick Thohir telah menyebarkan hoaks soal BUMN.

Menurut Cak Imin, menteri Presiden Jokowi itu menuding paslon AMIN akan membubarkan BUMN dan mengubahnya menjadi koperasi.

"Sungguh ironis pandangan seperti itu. Jika (BUMN) ingin dibubarkan dan diganti dengan koperasi, maka sama saja memunculkan pengangguran baru disaat semua orang butuh lapangan pekerjaan," ungkap Erick dalam pernyataannya, Minggu (4/2/2024).

Namun, pernyataan Erick itu langsung dibantah oleh Cak Imin. Melalui akun X (dulu Twitter), Cak Imin menyebut bahwa sang Menteri BUMN yang membuat hoaks sendiri.

"Menteri BUMN menyebar hoax tentang BUMN atas nama AMIN,” tulis Cak Imin seperti dikutip Suara.com, Selasa (6/2/2024).

Cak Imin pun menjelaskan bahwa gagasan perubahan BUMN menjadi koperasi justru berasal dari internal BUMN sendiri, bukan pihaknya. 

Sementara itu, sosok Erick Thohir diketahui telah secara terbuka memberikan dukungannya kepada paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Sosoknya juga tercata sebagai salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju dengan harta kekayaan tertinggi. Mengenai itu, simak inilah kekayaan dan biodata Erick Thohir selengkapnya.

Kekayaan Erick Thohir

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (pssi.org)Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (pssi.org)

Erick Thohir telah melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Maret 2023 lalu. Berdasarkan LHKPN periodik 2022, Erick diketahui memiliki harta kekayaan total senilai Rp2,303 triliun.

Harta kekayaannya terdiri dari 34  tanah dan bangunan total senilai Rp364 miliar. Aset properti ini tersebar di beberapa kota dan kabupaten. Sebut saja Depok, Bekasi, Bogor, Bandung, Pasuruan, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Tangerang, dan Manggarai Barat.

Erick juga tercatat memiliki harta berupa alat tranportasi dan mesin senilai Rp1,8 miliar. Di antaranya sebuah mobil merk Mercedez Bens dan sepeda motor Honda.

Sosoknya juga mencatatkan harta bergerak senilai Rp27 miliar. Ketua PSSI ini juga memiliki harta berbentuk kas dan setara kas senilai Rp209 miliar. Ditambah harta lainnya senilai Rp159 miliar.

Adapun harta Erick paling besar berbentuk surat berharga dengan nilai mencapai Rp1,7 triliun.

Sebelum terjun ke dunia pemerintahan, Erick sendiri merupakan seorang pebisnis. Ia bahkan pernah menjadi pemilik klub Inter Milan dan menjabat sebagai presiden klub raksasa asal Italia tersebut.

Biodata Erick Thohir

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (pssi.org)Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (pssi.org)

Nama lengkap: Dr. (H.C.) H. Erick Thohir, B.A., M.B.A.

Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 30 Mei 1970

Agama: Islam

Pendidikan: Glendale Community College (1990), National University (1993)

Jabatan saat ini: Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI

Riwayat jabatan: Presiden Inter Milan, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia 2015 - 2019, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC)

Pasangan : Elizabeth Tjandra

Anak: Mahendra Agakhan, Makayla Amadia Thohir, Mahatma Arfala Thohir dan Magisha Afryea Thohir

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #biodata #kekayaan #erick #thohir #menteri #bumn #dituduh #bikin #hoaks #bumn

KOMENTAR