8 Tanda Anda Lebih Tangguh Secara Mental Dibanding 95 Persen Orang Lain, Menurut Psikologi
Ilustrasi orang yang tangguh secara mental. (Pexels)
11:02
13 Oktober 2024

8 Tanda Anda Lebih Tangguh Secara Mental Dibanding 95 Persen Orang Lain, Menurut Psikologi

 

Ketangguhan sering dikaitkan dengan kekuatan mental yang memiliki ketahanan atau kegigihan untuk selalu berjuang. Namun, ketangguhan mental bukan hanya tentang ketahanan dan kegigihan, karena hal itu lebih kompleks.

Ketangguhan mental yang sesungguhnya adalah tentang menjaga stabilitas emosi, beradaptasi, dan tetap berkomitmen pada tujuan jangka panjang bahkan saat menghadapi kesulitan.

Dilansir dari psikologi.

  1. Anda tidak terpengaruh kegagalan

Kegagalan adalah hal yang selalu membuat orang takut. Namun, untuk Anda yang memiliki ketangguhan mental, setiap kesalahan, setiap kegagalan, setiap kemunduran hanyalah batu loncatan menuju kesuksesan.

Anda mampu menghadapi kegagalan sebagai proses untuk berkembang. Alih-alih melihat kegagalan sebagai akhir perjalanan, Anda melihatnya sebagai sebuah kesempatan belajar dan berkembang.

Kegagalan tidak akan membuat Anda takut, tetapi justru meningkatkan motivasi Anda. Anda sangat memahami bahwa kegagalan hanyalah bagian dari perjalanan, dan Anda siap menghadapinya secara langsung.

  1. Anda tetap tenang saat tertekan

Tekanan bagaikan ancaman yang dapat mengubah orang yang berani menjadi sangat gugup. Namun, jika Anda memiliki ketahanan mental, tekanan akan membuat Anda tetap tenang saat menghadapinya.

Anda mungkin pernah melakukan pekerjaan dengan tenggat waktu yang sangat ketat. Orang disekitar Anda mengira bahwa Anda akan menyerah, tetapi Anda terus berusaha dengan tetap tenang menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Anda tetap tenang, fokus, dan bertekad, dan ketika tenggat waktu tiba, Anda tidak hanya menyelesaikan pekerjaan tersebut, tetapi juga melampaui harapan orang sekitar Anda. Dengan ketangguhan mental Anda dapat mengubah tekanan menjadi sekutu Anda.

  1. Anda mudah beradaptasi dengan perubahan

Perubahan adalah sesuatu yang membuat hidup Anda perlu menyesuaikan kembali dengan keadaan atau lingkungan sekitar, tetapi beberapa orang mungkin menghindari perubahan karena sudah terbiasa dengan zona nyaman.

Namun, hidup tidak selalu berdiam di zona nyaman, Anda hidup pasti memiliki kejutan yang dapat menguji ketahanan dan kemampuan beradaptasi. Bagi Anda yang tangguh secara mental, perubahan bukanlah ancaman, melainkan sebuah peluang.

Anda tidak hanya sekedar beradaptasi dengan perubahan, tetapi juga menerimanya. Jadi, dengan ketahanan mental Anda, perubahan adalah tantangan yang harus diatasi, bukan masalah yang harus dihindari.

  1. Anda mempertahankan sikap positif

Hidup tidak selalu memperoleh keberhasilan, Anda pasti merasakan pasang surutnya situasi dalam hidup. Namun, orang yang tangguh secara mental tidak membiarkan hal-hal buruk menimpa mereka.

Mereka memahami bahwa hidup adalah campuran pengalaman baik dan buruk, dan reaksi mereka terhadap pengalaman inilah yang sangat penting. Mereka tidak berfokus pada sisi negatif, mereka tetap bertahan dengan sikap positif saat keadaan tidak sesuai dengan keinginan mereka.

Ini bukan berarti mereka mengabaikan hal-hal buruk. Mereka hanya menolak membicarakan hal-hal buruk tersebut mempengaruhi pola pikir atau suasana hati mereka.

  1. Anda memiliki disiplin diri

Disiplin dapat membedakan orang yang memiliki dedikasi dan orang yang mudah menyerah. Anda mungkin mampu belajar membuat rencana itu cukup mudah, tetapi menjalankan rencana dengan konsisten itu dapat menjadi tantangan.

Peran disiplin disini adalah sebuah kekuatan batin yang membantu Anda menghilangkan gangguan. Dengan disiplin diri Anda akan tetap pada jalan menuju tujuan ketika keadaan menjadi sulit.

  1. Anda tidak takut untuk meminta bantuan

Anda mungkin berpikir bahwa menjadi tangguh secara mental berarti harus bekerja sendiri dan menghadapi setiap tantangan sendirian. Namun, itu tidaklah benar, karena orang yang tangguh secara mental memahami pentingnya mencari bantuan.

Mereka tidak takut meminta bantuan saat mereka membutuhkannya. Mereka menyadari bahwa kita semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan terkadang, mendapatkan bantuan dari orang lain dapat menjadi kunci mengatasi situasi sulit.

  1. Anda menetapkan batasan yang sehat

Batasan bagi sebagian orang seperti sebuah hambatan, tetapi orang yang tangguh secara mental lebih memahami bahwa menetapkan batasan yang sehat penting untuk kesejahteraan mental mereka.

Entah itu mengatakan ‘tidak’ pada pekerjaan tambahan saat mereka sudah kewalahan, atau menjauhkan diri dari hubungan yang beracun, mereka tidak takut mengambil keputusan sulit demi ketenangan pikiran mereka sendiri.

Dengan menetapkan batasan, mereka memastikan memiliki waktu dan energi untuk hal-hal yang benar-benar penting bagi mereka.

  1. Anda berusaha meningkatkan kualitas diri

Orang yang tangguh secara mental tahu bahwa mereka tidak sempurna. Mereka selalu melihat kelemahan mereka sebagai peluang untuk belajar dan berkembang meningkatkan kualitas diri.

Mereka selalu mencari cara untuk memperbaiki diri, terus belajar, berkembang, dan melampaui batas. Orang yang memiliki ketangguhan selalu ingin meningkatkan kemampuan mereka dan berusaha menjadi versi terbaik dari diri mereka.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tanda #anda #lebih #tangguh #secara #mental #dibanding #persen #orang #lain #menurut #psikologi

KOMENTAR