5 Kasus Kontroversi Ronald Sinaga, Caleg PSI yang Viralkan Baliho Editan Adian Napitupulu
Ronald Sinaga. [Instagram/brorondm]
08:49
1 Pebruari 2024

5 Kasus Kontroversi Ronald Sinaga, Caleg PSI yang Viralkan Baliho Editan Adian Napitupulu

Jauh sebelum polemik baliho editan Adian Napitupulu yang diviralkan, sosok caleg PSI Ronald Sinaga ternyata punya riwayat kontroversial hingga menyinggung beberapa pejabat.

Ronald Sinaga atau yang lebih dikenal Bro Ron jadi salah satu orang yang ikut memviralkan baliho Adian Napitupulu, yang disebut sebagai baliho editan karena sosoknya terlihat lebih muda dan beda dengan wajah asli.

Bermula dari unggahan Bro Ron di TikTok, banyak yang salah fokus dengan wajah editan Adian Napitupulu hingga janji politik yang ada di baliho salah satu anak buah Megawati Soekarnoputri tersebut.

Sebelum aksinya membuat baliho Adian Napitupulu viral, berikut riwayat kontroversial Ronald Sinaga hasil rangkuman suara.com, Rabu (31/1/2024).

1. Kirim karangan bunga untuk tagih utang

Sosok Ronald Sinaga sempat viral karena mengirim karangan bunga pernikahan tak biasa. Diunggah di akun Instagramnya, @brorondm, pada 2019 silam, pria tersebut pernah memberikan karangan bunga dengan ucapan agar sang mempelai melunasi utang.

Menurut Ronald, sebenarnya orang yang berutang kepadanya itu sudah tahu akan dipermalukan olehnya pada hari pernikahannya.

"Saya ancam secara halus, pokoknya kalau ini belum selesai sebelum pesta, saya bilang, 'Kamu akan saya bikin malu'. Walaupun saya tahu saya tidak diundang," ucap Ronald seraya tertawa kepada awak media.

2. Mengkritik Erick Thohir

Pada pertengahan 2023, Bro RON sempat viral karena berani mengkritik Menteri BUMN Erick Thohir, bahkan hingga mendatangi langsung kantor kementerian BUMN dan melakukan demonstrasi menuntut haknya.

Usut punya usut, permasalahan Bro Ron dan Erick Thohir ternyata berkaitan dengan utang piutang yang dikabarkan haknya sudah bertahun-tahun tak kunjung dibayarkan sama sekali. Padahal jika diingat, jargon andalan Erick Thohir adalah "bersih-bersih BUMN", tentu hal ini jadi kontradiktif dengan realita.

3. Dilaporkan polisi diduga karena penggelapan

Lelaki bernama lengkap Ronald Aristone Sinaga itu, pada November tahun lalu dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dengan dugaan penggelapan dalam jabatan.

Pelaporan tersebut dilakukan pada oleh PT Mutiara Karet Sejati melalui kuasa hukumnya Kantor hukum Aulia Ramadhani & Partners dengan Laporan Polisi Nomor: LP/B/6592/XI/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA. Penggelapan tersebut, kata Aulia, telah menimbulkan kerugian pada perusahaan dengan perkiraan total kerugian sekitar Rp 6 miliar.

4. Bertengkar dengan camat

Pada 2023 Bro Ron sempat berseteru dengan Camat di Parung Panjang, Bogor, Icang Aliudin, karena keberatan baliho caleg PSI miliknya dicopot padahal dipasang di tempat resmi. Adapun baliho itu merupakan alat peraga kampanye (APK) miliknya, dan dicopot oknum Satpol PP Kecamatan Parung Panjang.

Ronald mengklaim pemasangan APK itu tidak melanggar aturan dan mengikuti prosedur yang jelas sesuai aturan KPU. Akibat balihonya dicopot beberapa kali, caleg PSI itu siap melaporkan Camat Parung Panjang Icang Aliudin ke Bawaslu.

5. Diprotes konsumen pakai karangan bunga

Jika sebelumnya viral karena menagih utang dengan cara mengirim karangan bunga berisi pesan menagih utang, kini pria itu pun dibalas oleh konsumennya yang menagih motor yang tak kunjung datang, juga dengan karangan bunga.

Setelah cara unik Ronald Sinaga menagih utang viral di jejaring media sosial, kini ia mendapat karangan bunga dari konsumen yang minta uangnya dikembalikan.

Pada karangan bunga yang diterima Ronald Sinaga bertuliskan "To Dunia Motor/Bro Ron. Inden ZX636R 2019 kelamaan! Cancel Saja! Balikin Duit Segera!"

Editor: Vania Rossa

Tag:  #kasus #kontroversi #ronald #sinaga #caleg #yang #viralkan #baliho #editan #adian #napitupulu

KOMENTAR