Mengulik 6 Ritual Ala Jepang yang Mampu Meningkatkan Kesadaran Diri Sendiri, Mulai dari Hansei hingga Ikigai
Ilustrasi orang Jepang yang sedang meningkatkan kesadaran diri./freepik
18:10
9 Oktober 2024

Mengulik 6 Ritual Ala Jepang yang Mampu Meningkatkan Kesadaran Diri Sendiri, Mulai dari Hansei hingga Ikigai

Di zaman yang melek dengan pentingnya kesehatan mental ini, perlu bagi kita untuk melakukan ritual yang mampu meningkatkan kesadaran diri sendiri.

Banyak cara yang bisa kita tiru akan ritual-ritual tersebut, baik berasal dari budaya dalam negeri maupun luar negeri. Semuanya memiliki ciri khas dan keberagamannya masing-masing dan sudah terbukti dapat meningkatkan kesadaran diri.

Melansir dari laman Expert Editor, inilah 6 ritual ala Jepang yang mampu meningkatkan kesadaran diri sendiri, sehingga bisa coba untuk ditiru, diantaranya adalah :

1. Hansei

Sederhananya, hansei berarti kesadaran diri atau refleksi diri. Hansei dipraktikkan ketika kamu mencapai kesuksesan besar, lalu mencoba untuk memahami alasan mencapai tujuan itu.

Hal ini juga dilakukan ketika kamu gagal, untuk menganalisis alasannya dan lebih memahami cara menghindari kegagalan lebih lanjut di masa depan.

Ada banyak cara untuk melakukan hensei, yakni dengan menjadwalkan waktu untuk memikirkan atau menulis jurnal alasan keberhasilan atau kegagalan yang dialami, waktunya cukup 10-15 menit saja.

2. Persembahan Harian

Ini adalah ritual yang berasal dari Shinto, agama kuno asli Jepang yang menjunjung tinggi interaksi dengan alam. Tapi kamu tidak perlu mengikuti ajaran agama Shinto untuk mendapatkan manfaat dari ritual ini.

Persembahannya sendiri bisa sesederhana menyalakan lilin atau menaruh semangkuk kecil air. Tidak masalah apa yang kamu tawarkan, hal paling penting penting adalah kamu meluangkan waktu beberapa saat untuk duduk diam, memejamkan mata, dan fokus pada napas.

3. Shinrin-yoku

Ini adalah praktik yang terkadang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris yaitu “mandi di hutan” meskipun mungkin terdengar agak konyol, kamu bisa mencoba melakukannya.

Shinrin-yoku berarti menghabiskan waktu di antara pepohonan dan ternyata hal tersebut dapat memberikan manfaat yang terukur bagi otak.

Demikian pula, sebuah penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa ketika pohon-pohon di taman kota dirusak oleh hama, kesehatan penduduk di lingkungan tersebut akan menurun.

Sementara menghabiskan waktu di Hutan membantu membuat kamu lebih sadar diri dengan menurunkan stres dan meningkatkan pengendalian emosi. Selain itu, ini merupakan salah satu ritual paling menyenangkan.

4. Minum Teh

Sudah banyak diketahui bahwa Jepang terkenal sebagai negara penghasil teh terbaik, ritual satu ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah di waktu senggang.

Meluangkan waktu untuk menikmati teh dan beberapa camilan lainnya akan meningkatkan kendali emosi dan menciptakan ruang untuk kesadaran diri.

5. Kinstugi

Kita semua mempunyai luka dan ada beberapa bagian tubuh yang rusak. Kintsugi dirancang untuk mengajarkan kita bahwa ketidaksempurnaan adalah bagian dari kehidupan, tapi hal yang sudah rusak dapat dibuat utuh dengan penuh kehati-hatian.

Hal ini juga menunjukkan bahwa apa hal rusak dalam diri kita bisa menjadi bagian terindah dari diri kehidupan ini. Merenungkan luka yang mengakibatkan patah hati akan menambah kesadaran diri sendiri.

6. Ikigai

Saat memilih pekerjaan, kita sering memikirkan uang serta benefit lain yang akan didapatkan. Ikigai berarti menemukan tujuan hidupmu dan bukan hanya berorientasi pada karier tapi juga kehidupan keluarga.

Untuk berlatih ikigai, penulis Dan Buettner merekomendasikan untuk buatlah tiga daftar seperti satu nilai-nilai kehidupan, satu hal yang disukai, dan satu hal yang dikuasai.

Menemukan ikigai berarti mendalami preferensi dan nilai-nilai hidup untuk memahami apa yang membuat kamu tergerak. Dengan cara ini, tidak hanya membuat kamu lebih sadar diri, tetapi juga membantu menemukan arah dalam hidup.

Mengutip dari laman Telkom University, dengan memiliki kesadaran diri, kita mampu menenangkan pikiran, sistem saraf, dan juga meredakan stres. Hal ini juga dapat membantu kita untuk tetap fokus dengan diri sendiri dan tenang ketika menghadapi suatu permasalahan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #mengulik #ritual #jepang #yang #mampu #meningkatkan #kesadaran #diri #sendiri #mulai #dari #hansei #hingga #ikigai

KOMENTAR