Cari Aman, Ini 5 Artis yang Sebut Nama Beyonce Saat Terima Penghargaan
Beyonce (Instagram)
14:09
9 Oktober 2024

Cari Aman, Ini 5 Artis yang Sebut Nama Beyonce Saat Terima Penghargaan

Ada sebuah tradisi atau kebiasaan di industri musil Amerika Serikat, di mana para artis yang memenangkan penghargaan Grammy Award harus menyebut nama Beyonce dalam pidato kemenangannya. Sekilas, hal itu terdengar wajar mengingat Beyonce adalah sosok penyanyi terkenal dalam industri musik, khususnya di Amerika Serikat. 

Akan tetapi, sejak kasus P Diddy mencuat, tradisi menyebut nama Beyonce saat terima penghargaan kini diartikan berbeda dan bahkan terkesan horor. Meski belum terbukti, publik berspekulasi bahwa Beyonce dan suaminya, Jay Z, merupakan kaki tangan dari rapper P Diddy yang kini ditangkap polisi karena tuduhan dugaan prostitusi, kekerasan seksual, narkotika, penculikan, dan kejahatan-kejahatan lainnya.

Spekulasi kedekatan Beyonce dengan P Diddy menyebabkan publik juga mengembangkan spekulasi bahwa aksi artis yang menyebut nama Beyonce saat terima penghargaan, utamanya Grammy Award, adalah sebuah upaya menyelamatkan karier mereka di industri musik. Diyakini, artis yang tidak menyebut nama Beyonce, akan bernasib nahas, seperti halnya Aaliyah dan Left Eye, yang diketahui tewas dalam suatu kecelakaan tragis. Yang lebih menghebohkan, banyak pihak berspekulasi, bahkan meyakini, bahwa kematian dua artis di atas direncanakan oleh P Diddy.

Selain itu, Beyonce juga disebut-sebut memiliki sifat iri terhadap kesuksesan artis, penyanyi, pendatang baru yang memenangkan Grammy Award. Oleh karenanya, ada aturan tak tertulis di mana para artis tersebut harus memuji nama Beyonce saat menerima penghargaan agar kariernya tetap aman.

Baca Juga: Blak-Blakan, Ini Daftar Lagu Eminem yang Diduga Sindir P Diddy

Lantas, siapa saja artis yang sebut nama Beyonce saat terima penghargaan? Ini daftarnya.

1. Adele

Penyanyi Adele menyebut nama Beyonce berkali-kali saat menerima penghargaan Grammy Award. Adele bahkan menyampaikan terima kasih kepada Beyonce dan menyebutnya sebagai sosok yang telah menginspirasi dan memberdayakan musisi, termasuk dirinya. Adele bahkan menyebut Beyonce lebih dulu sebelum menyebut nama keluarganya.

2. Britney Spears

Britney Spears juga menyebut nama Beyonce ketika menerima penghargaan di MTV VMAs. Ia tidak berterima kasih secara langsung kepada Beyonce, tetapi menceritakan awal kariernya yang dimulai bersamaan dengan Beyonce debut.

Baca Juga: Rekam Jejak Karier Beyonce, Namanya Selalu Disebut Para Pemenang Grammy Award

3. Kanye West

Pada hari Taylor Swift menerima penghargaan Grammy Award untuk pertama kalinya, mendadak Kanye West naik ke panggung dan merebut mikrofon dari Taylor. Kanye West pun menyebut nama Beyonce di situ. Peristiwa itu menjadi kontroversial dan terus diingat sepanjang sejarah musik dunia. 

Pada saat itu, Kanye West menyebut Beyonce merupakan penyanyi dengan video musik terbaik sepanjang masa. Taylor tampak terkejut. Meskipun begitu, ia tetap memberikan pidato kemenangan secara elegan. Meskipun setelah itu, Taylor menangis di belakang layar dalam pelukan Taylor Lautner, kekasihnya saat itu. Taylor Swift pun memutuskan untuk fokus bermusik dan membuktikan bahwa ia layak.

Dulu, banyak yang membenci sikap Kanye West yang kontroversial tersebut karena dianggap telah merebut momen Taylor Swift untuk menerima penghargaan dengan bahagia. Sekarang, ketika kasus P Diddy mencuat, muncul spekulasi bahwa Kanye West mungkin bertujuan melindungi Taylor Swift dari kecemburuan Beyonce.

Saat itu, Taylor Swift masih pendatang baru dan kemungkinan belum mengetahui adanya piramida kekuasaan dalam industri musik Hollywood. Insiden tersebut untungnya tidak menyurutkan semangat Taylor untuk bermusik, malahan melecut semangatnya untuk semakin bersinar.

4. Lizzo

Lizzo mendapatkan penghargaan Grammy Award seperti halnya ketiga artis lain tersebut di atas. Saat memberikan pidato kemenangan, Lizzo mengatakan dirinya adalah penggemar Beyonce. Ia tidak menceritakan perjalanan kariernya hingga mendapatkan penghargaan.

5. Lady Gaga

Bahkan seorang Lady Gaga pun ikut menyampaikan pesan panjang untuk Beyonce ketika menerima penghargaan MTV VMAs 2011, sama seperti Britney Spears. Lady Gaga menyebut bahwa Beyonce merupakan artis yang menakjubkan dan orang yang baik. Ia bahkan memuji karya Beyonce sebagai karya yang indah, sehingga tak mungkin ada yang tidak menyukai musik-musiknya.

Nasib artis yang tidak sebut nama Beyonce di panggung penghargaan

Lirik lagu J Cole "She Knows" yang dirilis tahun 2013 viral sejak kasus P Diddy dibicarakan di seluruh dunia. Dalam lagu tersebut, J Cole menyebut setidaknya tiga artis atau penyanyi yang sudah meninggal dunia. Mereka sama-sama disangkutpautkan dengan 'kutukan' Beyonce, di mana jika ia cemburu dengan kesuksesan mereka atau mengancam karier sang diva, maka sosok tersebut akan disingkirkan.

Nasib artis yang dicemburui Beyonce ini disebut di lirik lagu She Knows. Setidaknya ada tiga nama, yaitu Aaliyah, Left Eye, dan Michael Jackson. Mereka meninggal di tanggal yang sama-sama 25. Kesamaan mereka yang lain adalah kematian ketiganya juga menyisakan misteri.

Penyanyi Aaliyah yang pernah berjumpa dengan Beyonce di tahun 2000an tewas dalam kecelakaan pesawat yang mengerikan pada 25 Agustus 2001. Kemudian Left Eye, yang bernama asli Lisa Lopes meninggal dalam kecelakaan mobil pada 25 April 2022. Sedangkan The King of Pop, Michael Jackson meninggal dunia pada 25 Agustus 2009 karena sakit. Muncul beragam teori konspitasi atas kematian mereka.

Benar atau tidaknya kematian mereka berhubungan dengan kecemburuan Beyonce memang masih belum terbukti. Akan tetapi, rumor beredar menyatakan bahwa selebriti yang memenangkan penghargaan di Grammy Award harus menyebut nama Beyonce untuk menyelamatkan karier mereka. Jika tidak, mereka mungkin akan tersingkir dari industri musik dengan tragis seperti Aaliyah dan Left Eye.

Salah satu contoh artis yang tidak menyebut nama Beyonce di panggung ketika mendapatkan penghargaan di Grammy Award adalah Harry Styles. Setelah menerima penghargaan album of the year di Grammy Award, publik menyadari bahwa nama Harry tidak ada lagi kabarnya sejak 2022. Penggemar bahkan takut terjadi sesuatu yang buruk pada Harry. Akan tetapi, Harry pun kembali aktif di tahun 2023.

Meskipun Harry kembali di tahun 2023, publik tetap berpeskulasi bahwa nasib buruk telah menghampiri Harry selama setahun akibat tidak menyebut nama Beyonce saat mendapatkan penghargaan Grammy Award sebelumnya. Karena itulah Harry tidak terlihat di acara hiburan maupun panggung musik manapun. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Vania Rossa

Tag:  #cari #aman #artis #yang #sebut #nama #beyonce #saat #terima #penghargaan

KOMENTAR