Seblak Aslinya Berkuah atau Tidak? Tampilan Menu yang Dimakan Gibran Rakabuming Curi Perhatian
ilustrasi seblak (Unsplash/RErisPrayatama)
12:02
31 Januari 2024

Seblak Aslinya Berkuah atau Tidak? Tampilan Menu yang Dimakan Gibran Rakabuming Curi Perhatian

Video Gibran Rakabuming Raka makan seblak viral di media sosial TikTok. Banyak netizen menyerbu video itu dengan komentar soal penampakan seblak yang dimakan Gibran Rakabuming. Lho, kenapa?

Video Gibran Rakabuming makan seblak dibagikan oleh akun TikTok Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Barat pada Selasa (30/1/2024). Gibran Rakabuming nampak asyik makan bersama Giring Ganesha.

Dalam video berdurasi sekitar 26 detik itu, Gibran Rakabuming menikmati semangkuk seblak sambil dikerubungi banyak orang. Suami Selvi Ananda itu pun sesekali mengaduk seblaknya sebelum disantap.

"Akhirnya ya mas @Gibran Rakabuming bisa menemukan seblak," bunyi caption yang ditulis oleh akun TikTok demokratjabar, seperti dikutip pada Rabu (31/1/2024).

Menilik kolom komentar, ribuan netizen menanggapi video Gibran Rakabuming makan seblak. Rupanya banyak netizen yang salfok dengan penampakan seblak yang dimakan Gibran sebab tampak tidak berkuah.

"Seblaknya kok gak berkuah sih Mas (emoji menangis)?" komentar netizen. "Original seblak mana pake kuah," kata netizen lain menimpali. "Seblak aslinya gak berkuah," sahut yang lain.

Lantas, bagaimana penampakan asli seblak? Apakah seblak aslinya berkuah atau justru tidak? Simak ulasan berikut.

Sejarawan kuliner, Fadly Rahman, menyebutkan bahwa seblak adalah hasil kreasi masyarakat Jawa Barat. Tapi tak ada bukti tertulis soal daerah yang menjadi tempat pertama munculnya seblak.

Dulunya seblak terbuat dari bahan yang simpel, yakni kerupuk, bawang putih, kencur, dan cabai. Namun belakangan seblak sering ditambahi beragam topping dalam penyajiannya.

Perkara berkuah atau tidak, banyak sumber menyebutkan bahwa seblak aslinya tak memiliki kuah. Hanya saja tekstur seblak memang agak basah karena kerupuk yang direbus sebelum dimasak dengan bumbu.

Penampakan seblak asli juga pernah viral di media sosial X (dulu Twitter) usai dibagikan oleh akun tanyarlfes. Salah satu sender mengaku kaget dengan penampakan asli seblak di Bandung yang tidak berkuah.

"Heh kalian semua. Biar gue kasih tau ya. Ini bentukan asli seblak Bandung yang jadul. Kalo udah sampe dipakein apa-apa itu sudah bukan seblak ori," bunyi keterangan yang ditulis oleh akun tanyarlfes.

Tapi belakangan seblak yang banyak dijual di pasaran memang disuguhnya dengan kuah. Bagaimana pendapatmu? Kamu lebih suka seblak berkuah atau tidak berkuah?

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #seblak #aslinya #berkuah #atau #tidak #tampilan #menu #yang #dimakan #gibran #rakabuming #curi #perhatian

KOMENTAR