Biodata Rivan Nurmulki, Pemain Timnas yang Gabung Klub Jepang
biodata rivan nurmulki (nstagram @rivannurmulki)
11:33
9 Oktober 2024

Biodata Rivan Nurmulki, Pemain Timnas yang Gabung Klub Jepang

Bagi seorang atlet, dapat bermain untuk klub di negara lain menjadi sebuah capaian tersendiri. Kabar terkini datang dari cabang olahraga voli, dimana Rivan Nurmulki diketahui bergabung dengan Wolfdogs Nagoya. Sekilas biodata Rivan Nurmulki dapat Anda cermati di sini.

Awal kemunculan Rivan sendiri adalah berkat kejelian dari pemandu bakat dari Surabaya Samator. Saat pertama kali direkrut, Rivan dikatakan hanya memiliki ‘modal’ pukulan yang sangat kuat dan tinggi badan saja, tanpa adanya teknik dan teori dasar yang dikuasai.

Sekilas Profil Rivan Nurmulki

Lahir dengan nama lengkap Rivan Nurmulki pada tanggal 16 Juli 1994 lalu di Bangko, Merangin, Jambi, Indonesia, dirinya diketahui memeluk agama Islam. Dengan tinggi dan berat badan 198 cm dan 80 kg, posturnya tampak tegap dan kokoh, tipikal pemain voli yang berlaga di klub profesional.

Nama ayahnya adalah Nasrin, dan sang ibu bernama Ika Nuryati. Menurut catatan terakhir, spike yang ia miliki adalah 360 cm dengan blok setinggi 335 cm. Posisinya sekarang adalah opposite spiker, dan sebelum berangkat ke Wolfdogs Nagoya ia membela Surabaya BIN Samator.

Baca Juga: Adu Gaji Yolla Yuliana vs Megawati Hangestri Pevoli Go International, Siapa Paling Tinggi?

Diketahui ia merupakan seorang alumni dari Universitas Yos Sudarso Surabaya.

Bukan Kali Pertama Bermain Abroad

Jika dilihat dari rekam jejak karir sang atlet sendiri, Wolfdogs Nagoya bukan klub pertama yang menjadi pelabuhannya ketika bermain di luar negeri. Sebelum keluar negeri, Rivan pernah bermain untuk Surabaya Bhayangkara Samator di medio tahun 2013 hingga 2019.

Karirnya kemudian dilanjutkan selama setahun di Nakhon Ratchasima The Mall, sebuah klub asal Thailand, sebelum kemudian direkrut VC Nagano Tridents, Jepang, pada tahun 2020. menghabiskan waktu selama beberapa saat, ia kembali ke Indonesia untuk membela Surabaya BIN Samator sejak 2023 lalu.

Secara individu, ia juga memiliki beberapa capaian yang impresif. Pertama sebagai MVP untuk Proliga 2016 dan 2018, kemudian MVP di LienVietPostBank Cup tahun 2018, Thai-Denmark Super League tahun 2019, Best Spiker pada Proliga 2017, dan Best Opposite Spiker di Asian Men’s Volleyball Championship 2017 lalu.

Wolfdogs Nagoya sendiri juga dikenal sebagai salah satu klub kuat yang ada di Jepang, dan menjadi salah satu yang tertua. Berdiri sejak tahun 1961 silam kini tim tersebut diperkuat oleh empat pemain timnas Jepang.

Baca Juga: Profil Yolla Yuliana, Ikuti Jejak Megawati Hangestri Gabung Klub di Luar Negeri

Itu tadi sekilas penjelasan mengenai biodata Rivan Nurmulki yang dapat disampaikan pada artikel ini. Semoga menjadi artikel yang bermanfaat, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #biodata #rivan #nurmulki #pemain #timnas #yang #gabung #klub #jepang

KOMENTAR