Riwayat Pendidikan Rektor ITB Reini Wirahadikusumah, Kini Didemo Mahasiswa Perkara UKT
Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Reini Wirahadikusumah. (Dok. ITB.ac.id)
14:42
30 Januari 2024

Riwayat Pendidikan Rektor ITB Reini Wirahadikusumah, Kini Didemo Mahasiswa Perkara UKT

Sosok Rektor ITB Reini Djuhraeni Wirahadikusumah menjadi sorotan belakangan ini karena kebijakannya terkait pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Kebijakan tersebut menawarkan pembayaran biaya kuliah semesteran di Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui cicilan.

Dalam pamflet yang beredar, terdapat informasi mengenai cicilan yang bisa diambil selama 6 sampai 12 bulan. Lalu, tertulis juga bahwa pengajuan tanpa DP dan jaminan apapun.

ITB juga menyediakan simulasi pembayaran cicilan, jika mengajukan biaya pendidikan sebesar Rp12.500.000 dalam 12 bulan, maka setiap bulan mahasiswa dapat mencicil Rp1.291.667. Akibatnya, kini tagar #MakzulkanReini pun mencuat. Ia didemo karena kebijakannya tersebut. 

Reini Djuhraeni Wirahadikusumah lahir pada 25 Oktober 1968. Ia menjadi Rektor ITB untuk periode 2020-2025 untuk menggantikan Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. Ia merupakan rektor perempuan pertama di ITB sejak kampus tersebut dibuka pada tahun 1920 silam.

Reini masuk dalam lintasan sejarah kepemimpinan ITB sebagai rektor ketujuh belas ITB atau rektor ketiga puluh tiga Kampus Ganesha sejak TH Bandung dibangun.

Lantas, seperti apakah riwayat pendidikan Rektor ITB Reini Wirahadikusumah, didemo mahasiswa gegara UKT? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Pendidikan Reini Wirahadikusumah

Reini menjalani pendidikan sarjana di program studi Teknik Sipil, Institut Teknologi Bandung pada 1986 hingga 1991 dan meraih gelar Insinyur.

Ia kemudian mendapatkan gelar Master of Science in Civil Engineering (MSCE - S2) dari Purdue University, West Lafayette, Indiana, Amerika Serikat pada 1996. Pada tahun 1999, Reini mendapatkan gelar Ph.D. in Civil Engineering (Doktor - S3) dari universitas yang sama.

Reini Wirahadikusumah berkarier sebagai dosen serta Guru Besar Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Head of Construction Engineering Management Research Group, ITB pada tahun 2016-2019

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Secretary for Construction and Engineering Division, The Institution of Engineers Indonesia (Persatuan Insinyur Indonesia - PII) dan beberapa jabatan lainnya.

Terpilih Jadi Rektor

Pada 2019, ITB melaksanakan proses pemilihan rektor yang dilaksanakan oleh MWA ITB. Pendaftaran calon Rektor ITB untuk periode 2020-2025 dimulai pada tanggal 5-30 Agustus 2019 dengan 34 pendaftar, 5 di antaranya merupakan kandidat perempuan. Reini terpilih menjadi salah satu dari 3 Calon Rektor bersama dengan Jaka Sembiring, dan Kadarsah Suryadi.

Pada tahun 2020, Reini terpilih menjadi rektor ITB. Reini dilantik oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB sebagai Rektor ITB untuk periode 2020-2025 melalui Sidang Terbuka MWA ITB di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha, Bandung.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #riwayat #pendidikan #rektor #reini #wirahadikusumah #kini #didemo #mahasiswa #perkara

KOMENTAR