Terlihat Selalu Menyendiri, 8 Ciri Tersembunyi Orang yang Sebenarnya Sangat Kesepian
Ilustrasi orang yang sangat kesepian. (Pexels)
14:34
8 Oktober 2024

Terlihat Selalu Menyendiri, 8 Ciri Tersembunyi Orang yang Sebenarnya Sangat Kesepian

Kesepian adalah hal yang menyakitkan, tetapi itu hal yang wajar dalam kehidupan manusia. Pada saat seseorang mengalami kesepian, mereka mungkin merasa tidak memiliki siapapun untuk diandalkan atau dihubungi.

Namun, merasa kesepian tidak selalu berarti seseorang benar-benar sendirian. Anda mungkin merasa kesepian bahkan saat dikelilingi banyak orang. Ciri-ciri orang yang kesepian tidak selalu terlihat jelas, tetapi ada beberapa hal yang menonjol ketika Anda memperhatikan.

Dilansir dari yourtango.com, sama seperti semua emosi dan kondisi pikiran, kesepian bukanlah hal yang permanen. Meskipun tidak permanen, kesepian seringkali terasa sangat berat, dan seperti sesuatu yang tidak dapat Anda hindari.

Berikut delapan ciri-ciri orang yang merasa sangat kesepian:

1. Berjuang dengan kerentanan

Psikolog Guy Winch menggambarkan kesepian sebagai sesuatu yang kita semua rasakan, tidak peduli dari mana kita berasal atau bagaimana kita hidup. Kesepian seperti bagian rumit dari menjadi manusia yang tidak mudah dipahami.

Menurut Winch, cara menghilangkan kesepian adalah dengan terhubung dengan orang lain pada tingkat emosional. Namun, menjalin hubungan dengan orang lain seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Kesepian akan dialami seseorang karena merasa terlalu terisolasi untuk berkomunikasi dengan siapapun, sehingga mereka tetap berada dalam kesendirian mereka.

Orang yang sangat kesepian seringkali berusaha untuk tidak terlihat rentan, karena mereka sangat takut disakiti. Mereka khawatir jika terlalu terbuka, orang lain akan menganggap mereka aneh atau menyedihkan.

Orang yang kesepian cenderung menyembunyikan emosi mereka, yang membuat hubungan sulit dipertahankan. Terlihat rentan bukanlah hal mudah, tetapi menunjukkan jati diri kita sebenarnya, dapat membuat kita tidak merasa kesepian.

2. Terlalu menganalisis interaksi sosial

Ketika orang yang sangat kesepian melihat diri mereka dalam situasi sosial, mereka sering meragukan diri mereka sendiri dan menahan diri untuk menunjukkan siapa mereka sebenarnya.

Mereka seolah-olah berdiri di balik kaca, menyaksikan diri mereka berinteraksi dengan orang lain. Dalam pergaulan, mereka terlalu banyak berpikir tentang apa yang mereka katakana dan bagaimana mereka mengatakannya.

Mereka cenderung mengkritik diri mereka sendiri atas tindakannya sendiri. Pemikiran negatif dan terus berulang-ulang ini termasuk dalam kategori merenung.

Menurut artikel jurnal Innovations in Clinical Neuroscience, merenung adalah cara menanggapi tekanan yang terfokus pada perhatian secara berulang dan kemungkinan penyebab dan akibatnya.

Orang yang sangat kesepian menganalisis percakapan mereka karena mereka sangat peduli dengan Bagaimana orang lain menilai mereka. Kecemasan ini membuat mereka merasa sangat kesepian dan sulit menikmati kebersamaan dengan orang lain.

3. Sangat sensitif

Ciri lain dari orang yang sangat kesepian adalah mereka sangat sensitif. Rasa kesepian membuat mereka sangat peka terhadap kritikan, baik kritikan itu berdasarkan kenyataan atau imajinasi.

Memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi membuat aspek-aspek tertentu dalam kehidupan terasa menantang karena dapat membuat emosi seseorang terasa luar biasa.

Psikolog Amy Morin mengatakan bahwa orang yang sangat sensitif memproses data sensorik lebih dalam daripada orang lain. Ia menjelaskan bahwa mereka mudah mengenali ketidaknyamanan orang lain, yang membuat mereka sangat berempati.

Mereka juga butuh waktu untuk mengisi ulang energi setelah berinteraksi dan cenderung menjauh dari orang lain saat mereka merasa kewalahan. Orang yang menyadari sensitivitas mereka, butuh merawat diri mereka sendiri sebaik-baiknya.

4. Merasa tidak layak untuk dicintai

Orang yang sangat kesepian merasa mereka tidak layak untuk dicintai. Pengalaman mereka dalam kesendirian membuat mereka percaya bahwa mereka terlalu buruk untuk mencintai atau dicintai.

Akibatnya, mereka kesulitan menjembatani kesenjangan antara diri mereka dan orang lain serta menciptakan hubungan yang kuat.

Brené Brown dalam TED Talk “The Power of Vulnerability” menjelaskan bahwa orang-orang yang memiliki rasa cinta dan rasa memiliki percaya bahwa mereka layak dicintai dan dimiliki.

Satu hal yang membuat kita tidak bisa terhubung adalah ketakutan bahwa kita tidak layak untuk menjalin hubungan. Jadi, orang yang kesepian merasa tidak layak dicintai, tetapi kenyataannya mereka berhak untuk mendapatkan cinta.

Kita harus menerima diri kita sendiri dan belajar untuk mencintai diri sendiri, dengan semua ketidaksempurnaan yang kita miliki. Kita dapat belajar menerima diri sendiri, dan kita akan mampu memberikan atau menerima cinta.

5. Bersikeras melakukan segala sesuatu sendiri

Terkadang orang yang sangat kesepian memperkuat rasa kesepian mereka dengan bersikeras bahwa mereka mampu melakukan semuanya sendiri. Perasaan ini berasal dari rasa takut bahwa mereka akan dianggap terlalu membutuhkan atau menjadi beban.

Mereka mungkin meremehkan kesulitan yang mereka hadapi dan menghindar untuk meminta bantuan karena mereka takut bergantung pada orang lain,

Dengan tidak meminta bantuan atau menerima bantuan, orang yang kesepian seringkali merasa dunia menentang mereka, dan mereka hanya memiliki diri sendiri. Meminta dukungan memang tidak selalu mudah, tetapi itu bagian untuk menjaga hubungan tetap kuat.

Setiap orang butuh bantuan di suatu titik dalam hidup mereka, dan meminta bantuan tidak membuat kita menjadi lemah. Meminta bantuan adalah tanda kekuatan, karena menunjukkan kemampuan Anda untuk mengakses kelemahan diri sendiri dan mengambil resiko.

6. Memiliki imajinasi yang aktif

Ciri khas orang yang sangat kesepian adalah mereka seringkali memiliki imajinasi yang aktif. Mereka menghabiskan banyak waktu masuk dalam dunia batin mereka sendiri, seringkali karena terasa lebih aman daripada dunia nyata.

Mereka terbiasa melamun sebagai bentuk pelarian dari kesepian mereka. Hal ini memungkinkan mereka membayangkan hubungan yang mungkin tidak mereka miliki atau melihat versi diri mereka yang ingin mereka wujudkan.

Tidak ada salahnya memiliki imajinasi yang kuat, tetapi menjalani hidup dalam pikiran dapat membuat kita merasa lebih sulit untuk benar-benar terhubung dengan orang lain.

7. Terlalu sering meminta maaf

Orang yang sangat kesepian seringkali meminta maaf secara berlebihan atas hal-hal yang menurut mereka salah atau hanya karena mereka berada di situasi yang salah.

Sering meminta maaf adalah kecenderungan akibat kecemasan yang muncul karena merasa tidak diterima sepenuhnya. Orang yang sangat kesepian khawatir bahwa mereka mengganggu orang lain, jadi mereka meminta maaf karena telah menyita terlalu banyak ruang.

Kecuali jika kita dengan sengaja menyakiti orang atau merendahkan orang lain, kita memang perlu untuk meminta maaf. Orang yang sangat kesepian menunjukkan ketidaknyamanan mereka dengan meminta maaf, walaupun mereka tidak punya alasan untuk meminta maaf.

8. Selera humor yang merendahkan diri sendiri

Memiliki selera humor yang tinggi sangat penting untuk melewati masa-masa sulit dalam hidup. Namun, orang yang sangat kesepian seringkali menggunakan humor untuk mengalihkan perasaan mereka sebenarnya.

Mereka cenderung mengembangkan selera humor yang merendahkan diri sendiri, yang berarti mereka mengolok-olok diri sendiri atau merendahkan diri sendiri dengan cara yang membuat orang lain tertawa.

Humor yang merendahkan diri sendiri dapat menutupi kesepian mereka. Dengan membuat lelucon tentang diri sendiri, seolah-olah mereka sedang menggoda diri mereka sendiri sebelum orang lain melakukannya.

Walaupun humor merupakan hal dapat menyatukan orang-orang, bersikap jahat pada diri sendiri demi orang lain hanya akan mengikis harga diri Anda sendiri, hingga Anda benar-benar percaya hal-hal kejam yang Anda katakana.

Dengan mengubah pola pikir yang positif tentang diri sendiri akan membuat Anda merasa lebih baik mengetahui siapa diri Anda, yang pada akhirnya akan membangun kapasitas Anda untuk terhubung dengan orang lain.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #terlihat #selalu #menyendiri #ciri #tersembunyi #orang #yang #sebenarnya #sangat #kesepian

KOMENTAR