Mengenal Aminah Cendrakasih, Sosoknya Diabadikan Lewat Google Doodle Hari Ini 29 Januari 2024
Google Doodle Aminah Cendrakasih. (Google)
13:29
29 Januari 2024

Mengenal Aminah Cendrakasih, Sosoknya Diabadikan Lewat Google Doodle Hari Ini 29 Januari 2024

Membuka laman Google pada hari ini, Senin (29/1/2024) wajah seorang perempuan meghiasi halaman depan Google atau biasa disebut dengan Google Doodle. Sosok perempuan tersebut adalah almarhumah Aminah Cendrakasih.

Potret karikatur Aminah Cendrakasih digambarkan mengenakan tudung kepala dan berada di dalam sebuah televisi lawas.

Di sekeliling gambar karikatur Aminah, terdapat aksen bunga dengan latar bernuansa jingga. Aktris ini menjadi Google Doodle sebab hari ini, 29 Januari, adalah tanggal kelahirannya.

Pemeran Mak Nyak di sinteron Si Doel Anak Sekolahan ini lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 29 Januari 1938. Ia lahir dari pasangan pelawak Husin Nagib dan aktris Wolly Sutinah.

Sejak remaja, Aminah sudah mengikuti jejak orang tuanya untuk berkarier di dunia hiburan. Ia telah aktif menjadi penyanyi dan pemain pentas sandiwara saat menempuh pendidikan Sekolah Kepandaian Putri (SKP).

Potret Mak Nyak Aminah Cendrakasih dari masa ke masa. (dok. Twitter)Potret Mak Nyak Aminah Cendrakasih dari masa ke masa. (dok. Twitter)

Ia tercatat memulai debut layar lebar di usia 17 tahun, dengan membintangi film Oh, Ibuku pada tahun 1955.

Di tahun yang sama, ia bermain di film Gambang Semarang dengan sang ibu serta menjadi peran utama di film Ibu dan Putri.

Sosok Aminah semakin memikat penonton dan ketenarannya terus meroket setelahnya. Tak tanggung-tanggung, dalam kurun waktu 1955 sampai 1989, aktris legendaris ini telah membintangi 101 film.

Salah satu film-nya yang paling mahsyur adalah Habis Gelap Terbitlah Terang. Namun perannya yang paling ikonik dan dikenal lintas generasi adalah menjadi Mpok Lela atau Mak Nyak itu.

Sebelum mengakhiri karier akting, Aminah Cendrakasih sukses meraih sejumlah penghargaan, termasuk Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Indonesian Movie Actors Awards.

Aminah Cendrakasih wafat pada 21 Desember 2022. Ia menghembuskan nafas terakhir di usia usia 84 tahun akibat penyakit glaukoma.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #mengenal #aminah #cendrakasih #sosoknya #diabadikan #lewat #google #doodle #hari #januari #2024

KOMENTAR