Sealmamater, Ini Bedanya Kuliah Gibran dan Hotman Paris Selama di Australia
Hotman Paris. [Suara.com/Tiara Rosana]
19:26
27 Januari 2024

Sealmamater, Ini Bedanya Kuliah Gibran dan Hotman Paris Selama di Australia

Pengacara ternama Indonesia, Hotman Paris Hutapea menambah panjang daftar public figure yang memuji penampilan Gibran Rakabuming Raka di Debat Cawapres hari Minggu (21/1/2024). Bahkan, ia menyamakan Gibran layaknya anak Medan yang bernyali besar.

Hotman Paris tampak mengunggah video pada saat Gibran mendebat Cawapres 01, Muhaimin Iskandar, terkait dengan kebijakan pengelolaan nikel yang menjadi salah satu sumber daya andalan Indonesia.

Untuk diketahui, kubu Gibran mendukung keberlanjutan hilirisasi nikel, sementara pihak Cak Imin berdiri di posisi yang berseberangan.

Sikap Hotman Paris tersebut jelas menuai pro dan kontra di kalangan warganet. Namun Hotman Paris juga diduga berpihak pada kubu 02 karena selama ini menjadi kuasa hukum keluarga Prabowo Subianto.

Usut punya usut, ternyata Gibran dan Hotman Paris sama-sama merupakan lulusan pendidikan di Australia.

Lantas, seperti apakah beda studi Gibran dan Hotman Paris selama di Australia? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Riwayat Pendidikan Hotman Paris Hutapea

Sepak terjang Hotman Paris Hutapea sebagai pengacara memang tak perlu diragukan lagi. Ia merupakan jebolan jurusan hukum di beberapa universitas bergenai, dan bahkan ia telah mendapatkan gelar doktor di bidang tersebut.

Melansir dari akun LinkedIn-nya, Hotman Paris diketahui menempuh pendidikan tinggi di bidang Ilmu Hukum di Universitas Katolik Parahyangan.

Pengacara yang lahir pada 20 Okt 1959 tersebut lulus sebagai Sarjana Hukum pada tahun 1981.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan jenjang S2 Ilmu Hukum di University of Technology Sydney (UTS) Australia. Hotman Paris menyelesaikan pendidikannya pada periode 1990-1991.

Tak hanya itu, Hotman Paris juga mengenyam pendidikan pascasarjana bidang hukum di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2005-2006. Kemudian ia melanjutkan pendidikan ke jenjang doktoral, lebih tepatnya pada bidang Hukum Internasional, di Universitas Padjajaran tahun 2007-2010. 

Riwayat Pendidikan Gibran Rakabuming Raka

Melihat riwayat pendidikan Hotman Paris Hutapea yang pernah berkuliah di UTS Australia, mengingatkan rekam jejak pendidikan Gibran Rakabuming Raka yang saat ini menjadi pasangan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Untuk diketahui, putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut sempat mengenyam pendidikan S1 di Management Development Institute of Singapore (MDS) dan tamat dengan gelar B.Sc (Honas).

Kemudian, ia melanjutkan pendidikan ke University of Technology Sydney (UTS) Australia, lebih tepatnya di bawah naungan program Insearch.

Berdasarkan informasi dari Study at Australia, program Insearch merupakan program premium untuk pelajar mendapatkan fasilitas studi dari UTS.

Melansir dari laman resmi UTS, program tersebut memberikan kesempatan untuk mahasiswa internasional menempuh studi di bidang Bisnis Internasional.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #sealmamater #bedanya #kuliah #gibran #hotman #paris #selama #australia

KOMENTAR