Doa Isra Miraj Dibaca Malam 27 Rajab, Simak Tata Cara Memanjatkannya Agar Hajat Terkabul
Ilustrasi Doa Isra Miraj Dibaca Malam 27 Rajab, Simak Tata Cara Memanjatkannya Agar Hajat Terkabul (Pixabay)
15:12
26 Januari 2024

Doa Isra Miraj Dibaca Malam 27 Rajab, Simak Tata Cara Memanjatkannya Agar Hajat Terkabul

Bulan Rajab 1445 Hijriah sudah memasuki pertengahan, selain diisi dengan ibadah puasa, umat Islam juga perlu terus meningkatkan amalan lainnya. Salah satunya dengan membaca doa Isra Miraj.

Apakah kalian tahu bahwa ada doa khusus yang dapat dibaca ketika malam Isra Miraj 27 Rajab? Bacaan doa Isra Miraj ini cukup singkat tapi memiliki keistimewaan tersendiri.

Lantas kapan doa Isra Miraj ini dibaca? Tahun ini, Isra Miraj akan jatuh di pada hari Kamis, 8 Februari 2024 atau 27 Rajab 1445 Hijriah.

Sebaiknya doa ini dibaca menjelang malam 27 Rajab atau sebelum 8 Februari 2024. Sebelum mengetahui bacaan doa Isra Miraj, ketahui dahulu tata cara memanjatkannya.

Tata cara Baca Doa Isra Miraj

Sebelum memanjatkan doa khusus di malam Isra Miraj, umat Islam perlu melakukan:

  1. Shalat sunnah dua rakaat
  2. Setelah membaca surat Al-Fatihah bacalah surat Al-Ikhlas di rakaat pertama dan kedua
  3. Kemudian baca shalawat pada Nabi Muhammad sebanyak 10 kali
  4. Setelah selesai, silahkan membaca doa seperti berikut:

Doa Malam Isra Miraj

اللهم إِنِّي أَسْأَلُكَ بِمُشَاهَدَةِ أَسْرَارِ الْمُحِبِّيْنَ، وَبِالْخَلْوَةِ الَّتِي خَصَّصْتَ بِهَا سَيِّدَ الْمُرْسَلِيْنَ حِيْنَ أَسْرَيْتَ بِهِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ أَنْ تَرْحَمَ قَلْبِيَ الْحَزِيْنَ وَتُجِيْبَ دَعْوَتِيْ يَا أَكْرَمَ الْأَكْرَمِيْنَ

Allaahumma inn as’aluka bi musyaahadati asraaril muhibbiin, wa bil khalwatil latii khashshashta bihaa sayyidal mursaliin hiina asraita bihii lailatas saabi’i wal ‘isyriin an tarhama qalbiyal haziina wa tujiiba da‘watii yaa akramal akramiin.

Artinya, “Ya Allah, dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia orang-orang pecinta, dan dengan kemuliaan khalwat (menyendiri) yang hanya Kau khususkan pada pimpinan para rasul, ketika Engkau memperjuangkannya di malam 27 Rajab, sungguh aku mohon pada-Mu agar Kau merahmati hatiku yang sedih dan Kau mengabulkan doa-doaku, wahai Yang Maha Memiliki kedermawanan.”

Menurut NU Online, Syekh Muhammad bin Abdullah bin Hasan al-Habibi al-Qadiri dalam Darul Kutub Ilmiyah menjelaskan bahwa siapa yang membaca doa Isra Miraj di malam 27 Rajab, maka akan dikabulkan keinginannya oleh Allah SWT.

Doa tersebut berarti bahwa siapa saja yang membacanya di tanggal 27 Rajab dan menyebutkan hajatnya pada Allah, maka Allah SWT akan mengabulkan segala hajat, melapangkan urusannya, dan menghidupkan hatinya.

Isra Miraj merupakan momen penting dalam Islam. Maka dari itu perlu diperingati dengan cara yang baik yaitu dengan meningkatkan keimanan dan ibadah.

Sebab keistimewaan bulan Rajab ini bahkan difirmankan Allah Swt dalam QS. At.Taubah ayat 36 yang berbunyi:

Inna 'iddatasy-syuhuri 'indallaahisnaa 'asyara syahran fii kitaabillaahi yauma khalaqas-samaawaati wal-arda min-haa arba'atun hurum, zaalikad-diinul-qayyimu fa laa tazlimu fiihinna anfusakum wa qaatilul-musyrikiina kaaffatang kamaa yuqaatilunakum kaaffah, wa'lamuu annallaaha ma'al-muttaqiin.

Artinya:
“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.”

Peristiwa Isra Miraj pun tertuang dalam Al-Quran surat Al-Isra ayat pertama yang berbunyi:

Subhanallazi asra bi’abdihi lailam minal masjidil harami ilalmasjidil aqsa alladzi barakna haulahu linuriyahu min ayatina, innahu huwa samiul basir.

Artinya:

Maha suci Allah yang telah menjalankan hamba-Nya di suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang kami telah berkahi sekelilingnya untuk Kami perlihatkan kepadanya (Muhammad SAW) tentang ayat-ayat Kami. Sesungguhnya Dia adalah Dzat yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Dengan demikian seluruh umat Islam seharusnya tidak melewatkan momen peringatan Isra Miraj ini begitu saja. Perbanyak doa, sholat, dzikir, sholawat dan amalan-amalan baik lainnya.

Sekian penjelasan seputar doa Isra Miraj yang dibaca malam 27 Rajab dan tata cara mengamalkannya.

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #isra #miraj #dibaca #malam #rajab #simak #tata #cara #memanjatkannya #agar #hajat #terkabul

KOMENTAR