Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat Tentang Keutamaan Bulan Rajab
Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat Tentang Keutamaan Bulan Rajab (freepik)
14:27
25 Januari 2024

Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat Tentang Keutamaan Bulan Rajab

Bertepatan dengan bulan Rajab, khutbah sholat Jum'at sering kali diisi dengan kuataman bulan ini. Pasalnya, Rajab memang diketahui sebagai salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Jika Anda kebingungan membuat teks khutbah sholat Jum'at tentang keutamaan bulan Rajab, simak informasi berikut.

Contoh teks khubah Jum'at tentang keutamaan bulan Rajab.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Pada kesempatan yang mulia ini, marilah kita bersama-sama memperbincangkan tentang keutamaan bulan Rajab. Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah SWT. Bulan ini memiliki banyak keutamaan yang harus dimanfaatkan oleh umat Muslim dengan melakukan amalan ibadah seperti menjalankan puasa sunnah, memperbanyak istighfar, memanjatkan doa, dan sedekah.

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat At Taubah ayat 36 berikut.


اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةًۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ ۝٣٦

inna ‘iddatasy-syuhûri ‘indallâhitsnâ ‘asyara syahran fî kitâbillâhi yauma khalaqas-samâwâti wal-ardla min-hâ arba‘atun ḫurum, dzâlikad-dînul-qayyimu fa lâ tadhlimû fîhinna anfusakum wa qâtilul-musyrikîna kâffatang kamâ yuqâtilûnakum kâffah, wa‘lamû annallâha ma‘al-muttaqîn

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. (QS. At-Taubah:36).” Dalam empat bulan itu, Allah menciptakan langit dan bumi dan melarang manusia untuk menganiaya diri sendiri maupun orang lain.

Empat bulan haram di situ berarti dimuliakan, yaitu Zulqa'dah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab

Bulan Rajab juga memiliki keutamaan sebagai bulan cucuran rahmat Allah Ta’ala kepada umat-Nya. Oleh karena itu, perbanyaklah istighfar di bulan ini. Pendek kata, bulan Rajab adalah bulan mulia yang banyak keistimewaan di dalamnya.

Sebagai umat Muslim, kita harus memanfaatkan bulan Rajab dengan sebaik-baiknya. Salah satu amalan yang bisa kita lakukan adalah menjalankan puasa sunnah. Rasulullah SAW bersabda, “Puasa satu hari di bulan Rajab sama dengan puasa satu bulan penuh.” (HR. Imam Ahmad). Selain itu, kita juga bisa memperbanyak istighfar, memanjatkan doa, dan sedekah.

Dalam menjalankan amalan-amalan tersebut, kita harus selalu mengingat bahwa Allah SWT selalu melihat dan mengawasi kita. Kita harus berusaha untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadah kita. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan keberkahan kepada kita semua. Aamiin.

Demikianlah khutbah singkat tentang keutamaan bulan Rajab. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #contoh #teks #khutbah #jumat #singkat #tentang #keutamaan #bulan #rajab

KOMENTAR