5 Cara yang Ampuh untuk Mengatasi Mata Lelah, Coba Lakukan!
5 Cara untuk Mengatasi Mata Lelah. (Freepik)
15:56
6 Oktober 2024

5 Cara yang Ampuh untuk Mengatasi Mata Lelah, Coba Lakukan!

Mata lelah tidaklah berbahaya dan akan membaik sendiri. Namun, jika dibiarkan, mata lelah bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa penyebab mata menjadi lelah, seperti menggunakan layar komputer atau handphone terlalu lama serta melihat Cahaya yang terlalu terang.

Perlu diketahui juga bahwa mata lelah memiliki beberapa gejala, seperti mata terasa nyeri, perih, berair atau kering, mata menjadi lebih sensitif dan sulit berkonsentrasi.

Untuk itu, kamu harus segera mengatasi mata lelah agar dapat menjalankan aktivitas dengan nyaman.

Berikut ini merupakan lima cara yang ampuh untuk mengatasi mata lelah yang dilansir dari laman alodokter dan halodoc pada Minggu (6/10).

1. Tidak Melihat Layar dalam Gelap

Cara pertama untuk mengatasi mata lelah, yaitu dengan tidak menggunakan laptop atau menonton televisi dalam kondisi ruangan tanpa cahaya karena tidak baik untuk kesehatan mata

Melihat layar dalam gelap akan membuat mata kamu bekerja lebih keras. Untuk itu, sangat disarankan untuk tidak melihat layar dalam gelap.

2. Atur Pencahayaan Ruangan

Selanjutnya, yaitu dengan mengatur pencahayaan ruangan. Usahakan untuk mengatur cahaya ruangan agar tidak terllau terang dan menyilaukan mata.

Jika menggunakan lampu ruangan atau lampu meja yang cukup terang, kamu bisa menurunkan tingkat pencahayaan di komputer atau handphone kamu.

3. Lakukan Perawatan Mata Secara Rutin

Cara Selanjutnya untuk dapat mengatasi mata lelah, yaitu dengan melakukan perawatan mata secara rutin.

Kamu dapat mengompres mata dengan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat atau menggunakan obat tetes mata untuk menyegarkan mata pada saat mata terasa kering.

4. Memejamkan Mata

Kamu dapat memejamkan mata sejenak dari cahaya layar secara terus-menerus. Selain itu, kamu juga bisa berjalan-jalan berkeliling sambil melakukan peregangan agar otot tidak kaku.

Kamu juga bisa mengambil waktu istirahat untuk tidur siang sejenak agar mata dapat beristirahat.

5. Sering Berkedip

Cara lainnya untuk mengatasi mata lelah, yaitu dengan berkedip agar cairan yang ada di dalam mata akan membasahi bola mata.

Sehingga dapat mengurangi iritasi dan mata kering. Oleh karena itu, kamu dapat membiasakan berkedip setiap 20 menit sebanyak 20 kali.

Itu dia informasi mengenai lima cara yang ampuh untuk mengatasi mata lelah.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #cara #yang #ampuh #untuk #mengatasi #mata #lelah #coba #lakukan

KOMENTAR