Jerawat Bikin Kepala Pusing? Ini Langkah Ampuh Mencegahnya Sebelum Terlanjur Parah!
Ilustrasi perempuan yang wajahnya berjerawat. (Freepik)
08:58
6 Oktober 2024

Jerawat Bikin Kepala Pusing? Ini Langkah Ampuh Mencegahnya Sebelum Terlanjur Parah!

- Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang bikin frustasi, kadang kemunculan jerawat ini suka tidak diduga bisa merusak mood sampai penampilan.

90% yang mengalami jerawatan biasanya menyerang usia 14 – 19 tahun dialami beberapa faktor. Selama masa remaja biasanya akan lebih rentan alami masalah jerawat, karena faktor pubertas.

Faktor lainnya yang disebabkan timbulnya jerawat ini biasanya terdapat kurangnya menjaga kebersihan sampai konsumsi makanan yang bisa muncul jerawat, seperti berminyak dan kacang – kacangan.

Apalagi jerawat ini sudah terus bermunculan yang suka tidak ada hentinya, sampai bingung bagaimana cara atasi jerawat yang bikin kepala tambah pusing karena takut makin parah.

Beberapa tips untuk pencegahan jerawat yang gampang diterapkan biar kepala gak tambah pusing, Melansir nuffieldhealth.com tips untuk pencegahan munculnya jerawat hingga ke bekasnya

· Melakukan Eksfoliasi Ringan Secara Teratur

Wajah yang dilakukan eksfoliasi biasanya akan membantu membersihkan sisa pori – pori di wajah dan mencegah adanya faktor jerawat baru. Biasanya eksfoliasi akan dilakukan secara rutin seminggu 1x.

Menggunakan eksfoliasi pertama kali biasanya akan terasa sekali kulit seperti terasa digigit semut, dan penggunaan eksfoliasi hindarilah yang memiliki bahan eksfoliator kimia, salah satunya asam salisilat yang berguna untuk kulit berminyak untuk mengangkat sampai ke pori – pori.

· Melakukan Pola Hidup Sehat

Seringkali dijumpai menerapkan pola hidup sehat begitu penting untuk sehat fisik sampai ke jiwa, masalah utama diwajah juga berpengaruh pada pola hidup sehat. Salah satunya dari menjaga pola makan yang sehat, mulai makan – makan yang mengandung vitamin C dan vitamin E dan nutrisi lainnya. Salah satunya kacang – kacangan seperti Kacang almond dan kacang merah, buah beri, dan alpukat.

Hindarilah makanan berminyak, makanan pedas, mengandung gula berlebih, produk olahan susu, sampai olahan karbohidrat yang berbahan dasar tepung. Perbanyak minum air putih minum air putih yang cukup dipercaya mampu merawat kecantikan kulit wajah dan menghindarkannya dari jerawat. Minum setidaknya 8 gelas air putih per hari agar kulit selalu lembab dan sehat

· Berikan Produk Yang Cocok Untuk Tipe Kulit

Produk perawatan wajah begitu banyak bahan – bahan aktif sebagai solusi untuk mengurangi jerawat hingga ke bekasnya, salah satunya bahan aktif yang dianjurkan ketika memilih produk skincare cocok untuk kulit berjerawat.

Memiliki bahan aktif Tea Tree Oil yaitu minyak esensial ini memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, membantu meredakan peradangan dan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Selain itu, Lidah Buaya dari daging dan Gel lidah buaya dikenal karena sifatnya yang menenangkan dan anti-inflamasi, serta dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat dan Teh Hijau Mengandung polifenol yang dapat melawan bakteri dan meredakan peradangan, teh hijau juga membantu mengurangi produksi minyak di kulit.

Jika jerawat tetap menjadi masalah meskipun menggunakan produk ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

· Tidak Menjaga Kebersihan Wajah

Saat aktivitas didalam maupun diluar ruangan terapkan tiga langkah perawatan wajah pemula, pembersih wajah, pelembab dan tabir surya. Gunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pilihlah produk yang berlabel bebas minyak atau cocok untuk kulit wajah berminyak.

Setelah beraktivitas diluar maupun didalam ruangan perlunya wajah untuk dibersihkan dengan dilakukannya secara rutin dua kali sehari, gunakan double cleansing untuk membersihkan wajah dengan lebih efektif.dengan menggunakan air bersih dan sabun yang cocok untuk hindari iritasi.

Hindari kebiasaan menyentuh wajah, terutama dengan tangan yang kotor. Jangan memecahkan jerawat karena bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan terbentuknya jaringan parut.

Dalam kasus yang parah, perlunya untuk rujukan ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan vitamin A oral. Dengan langkah-langkah di atas, bisa memiliki kulit yang bersih, sehat, dan tentunya mengurangi stres akibat jerawat yang sering datang tiba-tiba.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #jerawat #bikin #kepala #pusing #langkah #ampuh #mencegahnya #sebelum #terlanjur #parah

KOMENTAR