Kenali Penyebab Kulit Leher Hitam dan Cara Mengatasinya, Jangan Sampai Salah!
Ilustrasi kulit leher hitam. (Freepik)
16:36
4 Oktober 2024

Kenali Penyebab Kulit Leher Hitam dan Cara Mengatasinya, Jangan Sampai Salah!

 

 

JawaPos.com - Leher hitam membuat sebagian orang tampil tak percaya diri. Terlebih, warna yang cukup kontras dengan warna kulit di sekitar.

Perlu diketahui bahwa leher tampak hitam tidak hanya disebabkan oleh penumpukan daki, namun bisa juga disebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan

Bisa juga kondisi ini disebabkan oleh kebersihan tubuh yang kurang terjaga bagi seorang manusia.

Dikutip dari Medical News Today, Jumat (4/10), dalam beberapa kasus, penggelapan kulit juga dapat memengaruhi area tubuh lainnya, yang paling umum adalah ketiak.

Gejala lain yang mungkin menyertainya seperti, kulit menebal, kulit yang terasa lembut saat disentuh, dan rasa gatal.

Lain hal jika penggelapan muncul tiba-tiba. Seseorang dapat mengkonsultasikan dengan dokter karena bisa jadi merupakan tanda kondisi mendasar yang lebih serius.

Melalui artikel ini kita akan membahas penyebab, diangnosis hingga cara mengobati leher yang tampak menghitam. Simak penjelasannya!

Penyebab Kulit Hitam

Area leher yang menghitam biasanya adalah bagian tengkuk dan terasa kasar ketika diraba. Adapun penyebab leher hitam ini juga beragam, di antaranya:

Penumpukan Daki

Penyebab leher hitam bisa karena adanya daki yang terbentuk dari penumpukan minyak, keringat, kotoran, dan sel kulit mati.

Beberapa penyebab itu tidak dibersihkan dengan benar ketika sedang mandi atau membersihkan diri. 

Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal sebagai dermatitis neglecta. Penumpukan daki pada dermatitis neglecta akan terbentuk seperti lapisan lilin dan tampak bersisik atau berkerak. 

Akantosis Nigrikans

Akantosis nigrikans adalah kondisi di mana kulit menjadi gelap dan tebal serta terasa seperti beludru. 

Kondisi ini dapat muncul di leher, lipatan kulit, dan bagian tubuh lainnya. Kondisi ini paling sering ditemukan di ketiak.

Namun terkadang di lipatan lain seperti selangkangan. Kondisi ini dapat terjadi pada pria, wanita, dan anak-anak serta mungkin lebih umum terjadi pada orang dengan kulit gelap.

Hal ini bukanlah suatu penyakit, juga tidak menular atau berbahaya. Kondisi ini paling sering dikaitkan dengan kadar insulin seseorang, dan sering terlihat pada mereka yang menderita pradiabetes atau diabetes. 

Kurang Perawatan 

Seperti wajah, kulit leher juga perlu dirawat dengan penggunaan skincare yang tepat. Namun, kesadaran orang akan pentingnya mengoleskan skincare dan tabir surya ke leher masih cukup kurang.

Sehingga hal ini menyebabkan kulit leher menjadi tidak terawat atau tampak lebih hitam daripada kulit wajah atau area sekitarnya.

Padahal, sama halnya dengan kulit wajah, kulit leher menjadi salah satu area tubuh yang kerap terpapar sinar matahari yang perlu untuk dirawat dan dilindungi dengan baik. 

Lantas, Bagaimana Mengobati Leher Hitam?

Dalam beberapa kasus, perubahan warna dapat hilang ketika kondisi tersebut diobati. Juga sebagian lainnya, kasus hiperpigmentasi yang disebabkan oleh obat akan berhenti ketika pengobatan telah selesai. 

Misalnya, kulit hitam disebabkan oleh resistensi insulin yang sering kali dapat diatasi dengan penurunan berat badan.

Jangan khawatir, untuk membuat leher hitam tampak lebih cerah atau terawat, ada beberapa cara mengatasi leher hitam di rumah, seperti:

Kamu bisa membersihkan kulit leher menggunakan sabun secara rutin supaya daki di leher bisa menipis atau berkurang.

Kemudian, lakukan eksfoliasi kulit leher sebanyak 2–3 kali dalam seminggu. Ini dilakukan supaya kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih terangkat dengan baik.

Selanjutnya, oleskan skincare tidak hanya ke wajah tetapi juga sampai ke area leher. Agar membantu mengatasi leher hitam, pilih skincare yang memuat kandungan yang bersifat mencerahkan seperti vitamin C, niacinamide, dan retinol.

Terakhir, kamu dapat mengoleskan tabir surya dengan minimal SPF 30 supaya kulit leher tidak makin menghitam.

   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kenali #penyebab #kulit #leher #hitam #cara #mengatasinya #jangan #sampai #salah

KOMENTAR