Pendidikan Raffi Ahmad Vs Hotman Paris Bak Bumi dan Langit: Punya Gelar Doktor Tapi Beda Jalur
Hotman Paris dan Raffi Ahmad (Instagram)
12:39
4 Oktober 2024

Pendidikan Raffi Ahmad Vs Hotman Paris Bak Bumi dan Langit: Punya Gelar Doktor Tapi Beda Jalur

Presenter Raffi Ahmad mendapat gelar doktor kehormatan atau Doktor Honoris Causa (HC) dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) di Thailand. Hotman Paris Hutapea turut menyoroti kontroversi pemberian gelar kepada Raffi.

Hotman Paris membanggakan gelar doktor yang ia terima beberapa tahun silam. Entah bermaksud menyindir Raffi Ahmad atau tidak, pengacara kondang mengaku mendapat gelar doktor setelah menyelesaikan satu judul disertasi dengan predikat cumlaude.

"Sahabatku DR Raffi Ahmad! Dulu Hotman dapat gelar DR Cumlaude dari Unpad dengan disertasi: Kepailitan Multy National Companies," tulis Hotman, dikutip Jumat (4/10/2024).

Atas dasar itu, latar belakang pendidikan Raffi Ahmad dan Hotman Paris yang sama-sama menerima gelar doktor ikut disorot. Benarkah perbedaannya bak bumi dan langit? Berikut informasi selengkapnya yang telah terangkum.

Baca Juga: Pamer Gelar Baru Usai Doktor Honoris Causa, Raffi Ahmad Disanjung Mulia Berkorban Demi Fufufafa

Pendidikan Raffi Ahmad Vs Hotman Paris

Raffi Ahmad (Instagram/raffinagita1717)Raffi Ahmad (Instagram/raffinagita1717)

Raffi Ahmad pernah menjadi siswa SD Taruna Bakti dan SMP Negeri 5 yang ada di Bandung. Setelah itu, ia bersekolah di SMA Negeri 3 Jakarta yang kemudian pindah ke SMA Negeri 16 Jakarta tanpa diketahui alasannya.

Usai lulus, Raffi diketahui sempat melanjutkan pendidikannya di sebuah Unversitas Terbuka (UT). Namun, ia hanya berkuliah selama sepekan karena kesibukannya di dunia hiburan. Ia pun memutuskan untuk berhenti.

Meski begitu, ia memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup mumpuni. Dari kemampuannya ini, Raffi sampai dipercaya untuk mengajar di Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB).

Hotman Paris 

Baca Juga: Ramai Jadi Pembicaraan di X, Rantastia Nur Alangan Disebut Punya Latar Belakang Tak Main-main

Hotman Paris. (Instagram)Hotman Paris. (Instagram)

Sementara itu, Hotman Paris Hutapea mengenyam pendidikan hingga jenjang S3. Ia diketahui merupakan lulusan S1 Hukum di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung hingga diberikan gelar Sarjana Hukum (S.H).

Kemudian, ayah Fritz Hutapea itu melanjutkan kuliah S2 Ilmu Hukum di University of Tecnology, Sydney, Australia. Hotman juga turut mengambil program S2 Ilmu Hukum di Universitas Gajad Mada (UGM) Yogyakarta. 

Tak cukup sampai disitu, Hotman Paris kembali meneruskan pendidikannya melalui program S3 Hukum di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Dengan kata lain, ia menerima gelar doktor usai menjalani kuliah.

Gelar itu diterima Hotman usai mempertahankan disertasi berjudul "Kepailitan Berdasarkan Obligasi Dijamin yang Diterbitkan oleh Perusahaan Special Purpose Vehicle di Luar Negeri Serta Dijamin oleh Perusahaan Indonesia".

Atas dasar keberhasilannya itu, Hotman pun dinyatakan lulus dengan predikat cum laude. Gelar doktor diberikan kepada pria berdarah batak ini murni karena riwayat akademisinya sebagai mahasiswa yang gemilang.

Unpad sendiri merupakan salah satu kampus ternama di Indonesia. Mengutip dari laman resmi kampus tersebut, Unpad menduduki peringkat 596 QS World University Rankings atau QS WUR 2025 yang dirilis April 2024 lalu.

Sedangkan kampus yang memberikan gelar doktor kepada Raffi, disebut tidak jelas akreditasi maupun lokasinya. Dari sejumlah unggahan video di media sosial, alamat UIPM di Thailand bertitik di sebuah apartemen.

UIPM juga diketahui memiliki cabang di Indonesia tepatnya di Plaza Summarecon Bekasi. Selain itu, cabangnya juga disebut berada di Amerika dan Singapura. Namun, publik meyakini hal tersebut hanya karangan.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #pendidikan #raffi #ahmad #hotman #paris #bumi #langit #punya #gelar #doktor #tapi #beda #jalur

KOMENTAR