8 Tanda Anda Sedang Dimanfaatkan oleh Seseorang yang Dekat dengan Anda, Salah Satunya Mengabaikan Batasan
Tanda orang lain memanfaatkan kita adalah mengabaikan batasan (freepik)
09:32
2 Oktober 2024

8 Tanda Anda Sedang Dimanfaatkan oleh Seseorang yang Dekat dengan Anda, Salah Satunya Mengabaikan Batasan

Pada dasarnya kita semua ingin percaya ingin percaya bahwa orang-orang terdekat kita selalu memikirkan kepentingan terbaik kita. Namun terkadang itu tidak benar.

Beberapa individu mungkin membangun kedekatan mereka untuk mengambil keuntungan dari kita bahkan sering kali tanpa sepengetahuan kita.

Dimanfaatkan oleh seseorang yang Anda percayai bisa sangat sulit dikenali. Namun ada beberapa tanda yang dapat membantu Anda mengenali perilaku.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang beberapa tanda yang menunjukkan Anda sedang dimanfaatkan oleh seseorang yang dekat dengan Anda sebagaimana dilansir dari laman Global English Editing, Rabu (2/10) sebagai berikut :

1. Merasa terkuras secara emosional

Kita semua pernah mengalami hari-hari ketika kita merasa sedikit kekurangan energi. Namun, jika Anda terus-menerus merasa terkuras setelah menghabiskan waktu dengan orang tertentu maka itu merupakan tanda sesuatu yang lebih serius.

Wajar saja jika Anda merasa lelah setelah percakapan dari hati ke hati atau diskusi yang intens.

Namun jika setiap interaksi membuat Anda merasa lelah secara emosional maka bisa menjadi indikasi bahwa hubungan tersebut berat sebelah.

2. Ketidakseimbangan dalam memberi dan menerima

Tanda lain Anda sedang dimanfaatkan oleh orang yang dekat dengan Anda adalah adanya ketidakseimbangan dalam memberi dan menerima.

Artinya Aanda terus yang memberi waktu, sumber daya dan upaya tetapi jarang menerima imbalan apa pun.

3. Mengabaikan batasan

Pada dasarnya batasan sangat penting dalam setiap hubungan. Batasan sendiri membantu kita menjaga harga diri dan memastikan bahwa hubungan saling menghormati.

Namun, jika seseorang terus-menerus melewati atau mengabaikan batasan Anda maka itu bisa menjadi pertanda jelas bahwa mereka memanfaatkan Anda.

4. Kurangnya apresiasi

Penghargaan atau apresiasi adalah bahan utama yang membuat hubungan berjalan lancar. Penghargaan ini membuat kita merasa dihargai dan dihormati.

Jika Anda rutin berusaha membantu seseorang atau membuat hidup mereka lebih mudah tetapi mereka tidak pernah mengakuinya maka menunjukkan Anda sedang dimanfaatkan orang lain.

Intinya setiap orang berhak mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas usahanya. Jadi jangan biarkan siapa pun membuat Anda merasa sebaliknya.

5. Anda selalu menjadi orang yang bisa diandalkan

Pada dasarnya dapat diandalkan merupakan sifat yang luar biasa namun tidak berarti Anda hanya penting saat semua pilihan lain sudah habis.

Jika Anda selalu menjadi orang yang bisa diandalkan dalam situasi apa pun maka menunjukkan Anda sedang dimanfaatkan orang lain.

6. Ide-ide Anda sering kali diabaikan

Jika Anda merasa pikiran dan ide Anda sering diabaikan atau diremehkan oleh seseorang yang dekat dengan Anda maka itu pertanda bahwa mereka tidak menghargai masukan Anda sebagaimana mestinya.

Pada dasarnya setiap orang berhak untuk didengar dan ide Anda sama berharganya dengan ide orang lain.

7. Mereka tidak pernah salah

Kita semua tentu pernah melakukan kesalahan sebab itu bagian dari menjadi manusia. Namun, jika Anda berhadapan dengan seseorang yang tampaknya tidak pernah bersalah maka itu pertanda mereka memanfaatkan Anda.

Perilaku semacam ini merupakan taktik manipulasi klasik dan tanda yang jelas bahwa seseorang menolak bertanggung jawab atas tindakannya.

8. Kebutuhan Anda diabaikan

Tanda paling penting yang harus diwaspadai adalah ketidakpedulian yang terus-menerus terhadap kebutuhan Anda. Pada dasarnya hubungan adalah jalan dua arah yang membutuhkan kompromi dan rasa saling menghormati.

Jika seseorang dekat dengan Anda secara teratur mengabaikan kebutuhan Anda atau membuat Anda merasa bersalah karena memilikinya maka itu tanda jelas mereka memanfaatkan Anda.

Jadi jangan pernah lupa bahwa kebutuhan Anda juga sama penting dan harus dihormati. Intinya Anda memiliki hak untuk mengungkapkannya dan mengharapkan pertimbangan dari orang lain.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #anda #sedang #dimanfaatkan #oleh #seseorang #yang #dekat #dengan #anda #salah #satunya #mengabaikan #batasan

KOMENTAR