Dimakan Okin saat Liburan di Jepang, Daging Kuda Ternyata Punya Sejumlah Manfaat Ini
Ilustrasi kuda.[Unsplash/Sarah Olive]
11:00
9 Januari 2024

Dimakan Okin saat Liburan di Jepang, Daging Kuda Ternyata Punya Sejumlah Manfaat Ini

Musisi Niko Al Hakim alias Okin diketahui sedang berlibur ke Jepang. Selama di sana, ia pun menjajal beberapa kuliner unik, salah satunya adalah daging kuda mentah.

Momen Okin menyantap daging kuda mentah itu terlihat dari unggahan Instagram Story-nya pada Minggu (7/1/2024).

Pada foto yang diunggah, terlihat dalam mangkok terdapat potongan kecil daging mentah yang ditumpuk dengan kuning telur serta diberi timun dan sayur lain.

"Daging kuda mentah pake telur mentah," tulis Okin pada foto tersebut, dengan emoji menangkupkan kedua tangan.

Okin makan daging kuda mentah di Jepang. (Instagram)Okin makan daging kuda mentah di Jepang. (Instagram)

Sebagai informasi, di Jepang sendiri kuliner daging kuda mentah itu bernama basashi. Dikutip dari Food in Japan, basashi adalah makanan tradisional di Prefektur Kumamoto di wilayah Kyushu, Jepang.

Nama basashi juga berasal dari kata baniku (kuda) dan sashi singkatan dari sashimi.

Manfaat Konsumsi Daging Kuda

Daging kuda sebenarnya sama dengan daging sapi dan kambing, namun memiliki kandungan protein lebih tinggi dan lemak lebih rendah.

Karena protein yang tinggi itu, daging kuda terkenal untuk membantu kejantanan lebih prima. Sebab sel-sel regenerasi tubuh membutuhkan protein. Sehingga jika protein cukup, sel menjadi bagus dan tubuh terasa lebih sehat.

Selain kejantanan, daging kuda dapat membantu menyembuhkan penyakit asma. Ini karena daging kuda mengandung potassium dan mineral lain yang dapat mencegah penyempitan otot, penyebab utama sesak napas.

Manfaat daging kuda selanjutnya adalah meningkatkan imunitas. Sebab daging kuda mengandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin B kompleks (B12, B6, riboflavin, dan niacin), selenium, zinc, dan fosfor.

Kemudian, daging kuda juga membantu menguatkan tulang dan gigi karena mengandung banyak kalsium.

Demikian beberapa manfaat terkait makan daging kuda. Namun perlu diingat untuk konsumsi secukupnya demi menghindari dampak buruk pada kesehatan.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #dimakan #okin #saat #liburan #jepang #daging #kuda #ternyata #punya #sejumlah #manfaat

KOMENTAR