Banyak Efek Samping, Ini 6 Cara Menghindari Sinar Matahari di Kehidupan Sehari-hari!
ilustrasi sinar matahari./ Freepik
06:10
27 September 2024

Banyak Efek Samping, Ini 6 Cara Menghindari Sinar Matahari di Kehidupan Sehari-hari!

- Sinar matahari merupakan anugerah yang diciptakan untuk manusia. Ada banyak kegunaan dan juga aktivitas manusia yang bisa berjalan dengan baik dengan adanya sinar matahari.

Mulai dari menumbuhkan tanaman, mengeringkan pakaian, menjadi sumber tenaga listrik sampai menjadi tanda waktu adalah sedikit dari banyaknya peran sinar matahari di kehidupan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya sinar matahari.

Meski begitu, sinar matahari tidak selalu membawa hal positif bagi kehidupan manusia. Apabila manusia terpapar sinar matahari terlalu lama, akan ada efek samping seperti kulit menggelap, gosong bahkan risiko kanker kulit.

Oleh karenanya, meski bersyukur atas kehadiran sinar matahari seseorang boleh saja menghindari matahari.

Ada banyak usaha yang bisa dilakukan dalam rangka menghindari bahaya-bahaya tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Dipetik dari UK Healthcare dan Cancer, berikut ini merupakan 6 cara menghindari sinar matahari:

1. Gunakan Sunscreen

Cara pertama yang tentu bisa kamu lakukan untuk menghindari sinar matahari adalah dengan menggunakan sunscreen di keseharian.

Kamu bisa menggunakan sunscreen di pagi hari sebelum beraktivitas untuk melindungi kulit dari terpaan sinar matahari.

Ada banyak tipe sunscreen dengan tipe kekuatan perlindungan berbeda pada kulit. Ada sunscreen yang mengandung perlindungan SPF 15, SPF 30 hingga SPF 50. Semakin besar, semakin baik pula perlindungannya pada kulit.

Sunscreen juga perlu digunakan kembali setelah beberapa jam untuk tetap mempertahankan perlindungan maksimal. Kamu bisa menggunakannya di area yang akan terpapar sinar matahari seperti wajah atau tangan.

2. Beli Pakaian Anti UV

Selain sunscreen, cara selanjutnya yang bisa diterapkan adalah dengan membeli pakaian anti UV.

Pakaian anti UV ini bisa berupa jaket dan sarung tangan yang didesain khusus untuk melindungi tubuh dari sinar matahari.

Apabila kamu tidak memiliki pakaian anti UV, kamu bisa mempersiapkan diri ketika hendak keluar dengan pakaian panjang dan celana panjang. Hal ini adalah untuk menghindari kulitmu terpapar langsung sinar matahari.

Kamu juga harus memikirkan aspek lain dalam pakaian, misalnya bahan mana yang sekiranya bisa melindungi dan hangatnya sinar matahari tidak langsung tembus ke tangan. Baju berwarna lebih gelap bisa melindungi tubuh dari sinar matahari.

3. Pakai Topi / Payung

Selain menggunakan berbagai hal di atas, cara yang juga bisa kamu coba lebih lanjut adalah dengan memakai pelindung topi atau payung.

Dengan topi yang lebar, kamu bisa melindungi wajah sampai ke leher atau kepala keseluruhan.

Topi bulat lebar adalah topi yang disarankan untuk digunakan. Topi yang lain juga boleh, misalnya topi olahraga sederhana. Namun, pastikan untuk selalu mengoleskan sunscreen di area telinga atau belakang leher yang terpapar sinar matahari.

4. Gunakan Kacamata

Cara selanjutnya yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan kacamata. Kacamata anti sinar UV adalah barang yang sangat berguna dalam keseharian.

Selain membantu penglihatan seseorang agar tidak silau, hal ini membantu melindungi area mata dari bahaya sinar matahari.

Matahari ternyata punya efek berbahaya tersendiri pada mata. Dengan menggunakan kacamata, kamu bisa terhindar dari risiko katarak dengan perlindungan penuh dari sinar matahari yang menerjang.

5. Hindari Keluar Siang

Satu hal yang penting dalam menghindari sinar matahari adalah dengan tidak bertemu sinar matahari itu sendiri. Pastikan kamu menyelesaikan urusanmu sebelum matahari sedang naik.

Penting untuk berada di dalam ruangan ketika matahari sedang tinggi-tingginya. Hal ini terjadi pada jam 10 pagi sampai jam 2 siang. Hal ini adalah untuk melindungi kulit dari terkena sinar matahari.

Kamu tentu tahu orang yang banyak keluar di bawah terik matahari memiliki bentuk fisik berubah, seperti tangan menghitam atau rambut jadi pirang. Kamu bisa menghindari ini dengan tidak keluar rumah di siang bolong.

6. Berteduh

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan berteduh ketika dirasa ada sinar matahari.

Ketika kamu terpaksa keluar di siang hari, pastikan untuk berteduh dan berjalan di area yang tertutup dari sinar matahari.

Ketika kamu berjalan di jalan raya, misalnya. Kamu bisa mencari pepohonan atau berlindung di bawah pertokoan. Hal ini merupakan cara yang secara langsung melindungimu dari terpaan sinar matahari.

Keenam poin diatas merupakan beberapa cara menghindari sinar matahari yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, terkadang kita harus melakukan hal ekstra seperti menghindari sinar matahari.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #banyak #efek #samping #cara #menghindari #sinar #matahari #kehidupan #sehari #hari

KOMENTAR