Bacaan Doa dan Zikir Malam Jumat, Amalan Pembuka Pintu Rizki dan Ampunan
Bacaan Doa dan Zikir Malam Jumat (Unsplash)
20:06
26 September 2024

Bacaan Doa dan Zikir Malam Jumat, Amalan Pembuka Pintu Rizki dan Ampunan

Hari Jumat dikenal sebagai hari yang memiliki keistimewaan sendiri bagi umat Islam. Berdoa dan berzikir di malam Jumat menjadi amalan sunah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Nah, berikut beberapa bacaan doa dan zikir malam Jumat yang bisa diamalkan.

Dengan berdoa dan berzikir di malam Jumat diyakini bahwa pintu-pintu rezeki akan terbuka lebar dan pintu ampunan dari Allah SWT pun juga akan terbuka seluas-luasnya. Dengan demikian, tak heran jika banyak umat muslim yang mengisi malam jumat dengan membaca beragam doa dan zikir.

Berikut doa serta zikir malam jumat yang dapat diamalkan oleh umat Islam:

Baca Juga: Daftar 5 Doa untuk Orang Sakit yang Bersumber dari Nabi Muhammad SAW

1. Membaca Salawat Nabi

Urutan doa dan zikir malam Jumat yang pertama yaitu membaca salawat Nabi. Memperbanyak salawat di malam Jumat termasuk salah satu amalan yang disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut ini adalah bacaan salawat Nabi yang bisa diamalkan di malam Jumat:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ (فِي رِوَايَةٍ: وَ بَارِكْ) عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim innaka hamid majid Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim innaka hamid majid.

Artinya: “Ya, Allah. Berilah (yakni, tambahkanlah) selawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi sholawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya, Allah. Berilah berkah (tambahan kebaikan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia.”

Baca Juga: 10 Doa Harian untuk Anak Lengkap dengan Artinya, Mudah Dihapal Kok!

2. Membaca Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمَ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ ×٣

Astaghfirullaahal ‘azhiim alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum wa atuubu ilaih. (Sebanyak 3x)

Artinya: “Saya mohon ampun kepada allah yang maha besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.”

3. Membaca Tahlil

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمَ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Allaahumma antas salaam waminkas salaam wa ilaika ya’uudus salaam fahayyinaa robbanaa bis salaam wa adkhilnal jannata daaros salaam tabaarakta rabbanaa wa ta'ala ita yaa dzal jalaali wal ikraam.

Artinya: “Ya Allah, engkaulah Dzat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), hanya darimu lah keselamatan (kesejahteraan) dan kepadamu lah segala keselamatan (kesejahteraan) itu kembali. Maka hidupkanlah kami Ya Allah dengan selamat (sejahtera), masukkan kami ke dalam surga rumah keselamatan (kesejahteraan), Engkaulah Dzat yang berkah wahai Tuhan kami dan maha luhur Engkau, Ya Tuhan kami yang Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

4. Memuji Allah SWT

اَللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلَا يَنْفَعُ ذَاالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Allahumma la mani'a lima a thaita wa la mu’thiya lima mana’ta wa la yanfa’u dzal jadii minkal jaddu, la ilaha illa anta.”

Artinya: “Ya Allah tidak ada yang menghalangi bagi apa yang telah Engkau berikan dan tidak kepada orang yang kaya di sisi Engkau segala kekayaan selain dari kebesaran-Mu ya Rabb. Tidak ada Tuhan yang layak disembah selain Engkau.”

5. Membaca Kalimat Agung

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Laa Ilaaha illallaah wahdahu laa syarikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyi wayumitu wahuwa ‘alaa kulli syain qadiir

Artinya: “Tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu baginya. Hanya milikinya segala kerajaan dan hanya milikinya segala puji, baik yang hidup atau mati, Dialah Dzat yang kuasa atas segala sesuatu.”

6. Memohon Perlindungan dari Api Neraka

Zikir memohon perlinfungan dari api neraka dapat dibaca setelah sholat magrib sebanyak 3 kali dan setelah sholat subuh sebanyak 7 kali. Berikut bacaannya:

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

Allahumma ajirni minan naar

Artinya: “Ya Allah, lindungilah aku daripada api neraka.”

7. Membaca Surat Al-Kahfi

Rasulullah SAW juga menganjurkan umat-Nya untuk membaca Surat Al-Kahfi di malam Jumat. Membaca Surat Al Kahfi di malam Jumat dipercaya akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda bagi umat muslim.

Tak sampai di situ, seseorang yang membaca Surat Al Kahfi di malam Jumat akan disinari oleh cahaya selama di antara dua Jumat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Abu Sa’id Al-Khudri R.A yang artinya:

Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan ada cahaya yang meneranginya di antara dua Jumat.” (HR. Al Hakim dan Baihaqi dan disahihkan oleh Al-Albani)

8. Membaca Ayat Kursi

Allaahu laa ‘ilaaha illaa huwal-hayyul-qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw-wa laa nauum. Lahuu ma fissamawati wama fil-’ardhi man dzal-ladzii yasy-fa’u ‘indahu ‘illaa bi-’idz-nihi ya ‘lamu maa bayna ‘aidiihim wa maa khalfahum wa laa yuhiithuuna bi-syai-’in min ‘ilmihi villa bimaa syaa’. Wasi’a kursiyyuhus-samawati wal-’ardha wa laa ya-’uuduhuu hifzuhuma wa huwal-’aliyyul-’azhiim.

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah), kecuali Dia yang hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui segala sesuatu yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka pun tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

9. Doa Malam Jumat

Doa satu ini sangat dianjurkan dibaca sebanyak tujuh kali tepat di malam Jumat. Sebuah riwayat Rasulullah SAW menjelaskan bahwa, bila seseorang yang membaca doa tersebut sebanyak tujuh kali dan meninggal pada malam tersebut maka dipercaya ia akan masuk ke surga. Berikut bacaan doanya:

اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبّي لاَ اِلَهَ إلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِي وَاَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ اَمَتِكَ وَفِي قَبْضَتِكَ وَنَاصِيَتِي بِيَدِكَ اَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْـتَطَعْتُ اَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ شَـرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ وَاَبُوءُ بِذُنُوبِى فَاغْفِرْ لِى ذُنُوبِى اِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلاَّ اَنْتَ .

"Allahumma anta robbi la ilaha illa anta kholaqtani wa ana 'abduka wabnu amatika wafi qobdhotika wa nashiyati biyadika amsaitu 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu a'uzu biridhoka min syarri ma shona'tu abu-u bini'matika wa abu-u bizunubi faghfirli zunubi innahu la yaghfiruz zunuba illa anta."

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu dan berada dalam genggaman-Mu dan nasib ku berada di tangan-Mu. Aku memasuki petang ini atas perjanjian kepada-Mu sesuai kemampuanku, aku berlindung dengan rida-Mu dari keburukan perbuatanku, aku kembali kepada-Mu dengan nikmat-Mu dan aku kembali kepada-Mu dengan membawa dosa-dosaku maka ampuni dosa-dosaku karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau."

Itu tadi doa dan zikir malam Jumat yang bisa diamalkan. Jangan lupa diamalkan agar mendapat pahala yang berlipat.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Vania Rossa

Tag:  #bacaan #zikir #malam #jumat #amalan #pembuka #pintu #rizki #ampunan

KOMENTAR