12 Tips Mengatasi Jerawat yang Muncul saat Haid, Perempuan Wajib Baca!
ilustrasi perempuan yang sedang berjerawat. Sumber foto: Freepik
13:28
26 September 2024

12 Tips Mengatasi Jerawat yang Muncul saat Haid, Perempuan Wajib Baca!

Jerawat dapat membuat perempuan mana pun panik, yang menyebabkan stres dan bisa meninggalkan bekas luka serta noda.

Jerawat saat haid terutama dipicu oleh perubahan rasio hormon estrogen dan progesteron, yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus menstruasi.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Dikutip dari Healthshots, Kamis (26/9), berikut 12 tips utama mengatasi jerawat saat haid.

Ubah rutinitas perawatan kulit

Pastikan membersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut untuk menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan riasan.

Setelah membersihkan wajah, lanjutkan dengan toner untuk menyeimbangkan kadar pH kulit dan pelembap demi menjaga kulit tetap terhidrasi.

Gunakan salicylic acid dan benzoyl peroxide

Salicylic acid membuka pori-pori tersumbat dengan memecah dan menghilangkan sel kulit mati serta minyak, menurut penelitian dari Clinical, Cosmetic, And Investigational Dermatology.

Di sisi lain, benzoyl peroxide membunuh bakteri penyebab jerawat dan digunakan untuk mengatasi jerawat ringan hingga sedang.

Zat ini tersedia dalam bentuk krim kulit, gel, atau losion, yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi jerawat.

Pilih produk non-comedogenic

Gunakan produk perawatan kulit dan riasan non-comedogenic. Produk-produk ini secara khusus dirancang untuk tidak menyumbat pori-pori, sehingga mengurangi risiko timbulnya jerawat dan komedo.

Hindari menyentuh wajah

Menyentuh wajah dapat memindahkan bakteri dan minyak dari tangan ke kulit, yang berpotensi menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi, hindari menyentuh wajah sepanjang hari dan jaga kebersihan tangan.

Gunakan produk oil free dan fragrance free

Produk oil free cenderung tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Demikian pula, fragrance free mengurangi risiko iritasi kulit, yang dapat memperparah jerawat.

Pilih pelembap, pembersih, dan produk perawatan kulit lainnya yang jelas menyatakan bebas minyak dan bebas pewangi buatan.

Pakai retinoid ke dalam rutinitas

Retinoid, turunan vitamin A, sangat efektif dalam mengobati jerawat dan meningkatkan pergantian sel, menurut studi dari American Journal Of Clinical Dermatology.

Retinoid mencegah pori-pori tersumbat, memperbaiki tekstur dan warna kulit Anda secara keseluruhan. Jadi, gunakan retinoid pada malam hari dan sunscreen pada siang hari.

Ganti sarung bantal dan handuk secara teratur

Sarung bantal dan handuk dapat mengumpulkan bakteri, minyak, dan sel kulit mati, yang dapat berpindah kembali ke kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Ganti sarung bantal setidaknya dua kali seminggu dan gunakan handuk bersih setiap kali mencuci muka. Kebiasaan sederhana ini dapat mengurangi risiko jerawat saat menstruasi secara signifikan.

Coba niacinamide

Niacinamide (vitamin B3) merupakan bahan serbaguna yang dapat mengatur produksi minyak, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi penghalang kulit.

Carilah serum atau pelembap yang mengandung niacinamide untuk mengendalikan jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit.

Jaga tubuh tetap terhidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering, yang mendorong kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak pemicu jerawat.

Minum banyak air putih membuang racun dari tubuh dan menjaga kulit tetap terhidrasi dari dalam. Usahakan untuk minum setidaknya delapan gelas air sehari.

Pola makan yang sehat

Sertakan banyak buah, sayur, biji-bijian utuh, dan protein rendah lemak dalam menu makanan. Juga, pola makan dengan nutrisi penting seperti vitamin C, E, dan K, asam lemak omega-3, dan antioksidan.

Lalu, hindari makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti gula dan roti tawar, yang dapat menyebabkan lonjakan insulin dan jerawat.

Kelola tingkat stres

Stres tidak hanya memengaruhi kesehatan fisiologis, tetapi juga kulit yang pada gilirannya dapat memunculkan jerawat.

Mendengarkan musik, berjalan-jalan, menari, bermain game, menonton, dan lainnya dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Tidur yang cukup

Sebuah studi dari Clinical and Experimental Dermatology menemukan kurang tidur dikaitkan dengan pH permukaan kulit yang tidak seimbang dan aliran darah yang rendah ke kulit, ini memperburuk beberapa masalah kulit.

Jadi, usahakan tidur berkualitas selama 7-9 jam setiap malam agar Anda punya waktu untuk meremajakan kulit.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tips #mengatasi #jerawat #yang #muncul #saat #haid #perempuan #wajib #baca

KOMENTAR