8 Hal yang Dapat Anda Lakukan Setiap Pagi Selama 60 Hari Jika Ingin Menjadi Lebih Bahagia
Ilustrasi orang yang terlihat Bahagia. (Freepik)
10:58
26 September 2024

8 Hal yang Dapat Anda Lakukan Setiap Pagi Selama 60 Hari Jika Ingin Menjadi Lebih Bahagia

– Kebanyakan orang yang terlihat bahagia mungkin mengatakan bahwa mereka memiliki kebiasaan beraktivitas di pagi hari. Beberapa orang percaya memiliki rutinitas pagi dapat meningkatkan kesadaran penuh dalam diri.

Tidak hanya itu, cara kita memulai aktivitas pagi memiliki pengaruh besar pada semangat menjalani rutinitas harian.

Dilansir dari Small Business Bonfire, terdapat beberapa rutinitas pagi yang bisa Anda terapkan agar menjadi lebih Bahagia dalam waktu 60 hari.

Terdiri dari delapan hal yang semuanya mudah diterapkan, dan membuat Anda lebih bahagia.

1. Memulai hari dengan bersyukur

Sudahkah Anda bersyukur setiap hari, seperti menunjukkan rasa terima kasih atas kenikmatan yang diberikan oleh tuhan kepada Anda. Dengan rasa syukur ini, akan terbentuk pola pikir yang positif dalam melihat dunia.

Terutama saat bangun tidur, kita sering memikirkan tentang hari yang akan datang. Namun, daripada membiarkan stres dan kekhawatiran menguasai pagi Anda, cobalah memulai hari dengan bersyukur atas kesempatan menikmati keindahan dunia.

Luangkan waktu sejenak untuk menghargai kenikmatan sederhana, seperti tidur yang nyenyak, kopi di pagi hari, dan pemandangan pagi yang cerah. Kenikmatan yang dapat Anda rasakan tidak harus megah dan mewah.

Dengan terbiasa untuk selalu bersyukur, Anda dapat menjadi pribadi yang selalu memulai hari dengan bersemangat dan berpikir positif.

2. Bermeditasi

Meditasi kesadaran adalah praktik yang dapat Anda lakukan secara pribadi untuk membantu dalam memulai hari dengan suasana hati yang lebih positif. Setiap pagi cobalah menyisihkan waktu sepuluh menit untuk bermeditasi.

Dengan duduk di tempat yang tenang, berbagai beban pikiran akan muncul dan cobalah memahami kesulitan itu tanpa menghakimi, sehingga Anda dapat fokus dalam mengendalikan diri dan memikirkan strategi penyelesaiannya.

Hal ini tidak selalu mudah, Anda mungkin memiliki masalah setiap harinya. Namun, dengan konsistensi, seiring berjalannya waktu, Anda akan menyadari bahwa meditasi dapat membantu untuk memulai hari dengan perasaan tenang dan jernih.

3. Berlatih belas kasih pada diri sendiri

Kasih sayang terhadap diri sendiri berarti memperlakukan diri kita dengan penuh perhatian dan pengertian yang sama seperti yang kita tunjukkan kepada teman baik. Kita cenderung bersikap keras pada diri sendiri ketika mendapat masalah dan melakukan kesalahan.

Namun, daripada menyalahkan diri sendiri, kita harus menerima ketidaksempurnaan dan terus belajar untuk berkembang. Dengan menerima diri kita apa adanya, kita dapat menjalani hari dengan pikiran positif dan percaya diri.

Belas kasih terhadap diri sendiri dapat menjadi landasan kebahagiaan. Rasa kasih sayang membantu kita mengenali diri kita dan kepercayaan diri untuk menghadapi situasi yang sulit sekalipun.

Menurut psikolog Kristin Neff, “Dengan kasih sayang pada diri sendiri, kita memberikan kebaikan dan perhatian seperti kita memperlakukan orang lain dengan baik.”

4. Olahraga pagi

Aktivitas fisik tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga bermanfaat bagi pikiran kita. Olahraga dapat mengeluarkan endorphin, sebuah zat kimia di otak yang dapat meningkatkan suasana hati.

Aktivitas fisik yang singkat dapat membantu meningkatkan kebahagiaan Anda dan mengurangi stres serta kecemasan. Tidak harus berlari dengan jarak yang jauh, atau ke tempat gym.

Berjalan dan peregangan singkat dapat memberikan perasaan yang tenang untuk mengawali hari dengan baik. Dalam studi terbaru, olahraga teratur sama efektifnya dengan pengobatan depresi ringan hingga sedang.

Menurut psikolog Stephen Ilardi dalam bukunya, olahraga dapat meningkatkan aktivitas zat kimia di otak yang penting seperti dopamine dan serotonin. Selain itu, dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan yang disebut BDNF.

Hormon ini terus menurun apabila kita mengalami depresi, beberapa bagian otak mulai menyusut dan dapat menurunkan daya ingat. Namun, olahraga dapat mengembalikan hormon tersebut, dan melindungi otak dari stres.

5. Lawan ketidaknyamanan

Hal yang dianggap positif di pagi hari dapat menjadi sebuah ketidaknyamanan karena kita tidak terbiasa melakukannya. Menghadapi ketidaknyamanan karena hal tersebut sebenarnya dapat meningkatkan kebahagiaan.

Yang dimaksud dengan ketidaknyamanan disini, seperti bangun sedikit lebih pagi dari biasanya, atau cobalah melakukan aktivitas yang bermanfaat seperti membaca daripada memegang ponsel Anda.

Tantangan kecil seperti ini dapat membantu Anda keluar dari zona nyaman dan mendorong pertumbuhan pribadi.

Psikolog menyebutnya sebagai “ketidaknyamanan optimal,” yang berarti tingkat tantangan dan ketidaknyamanan tertentu diperlukan untuk pengembangan diri. Dengan melewati batasan, kita dapat belajar lebih banyak tentang diri kita.

6. Buat rutinitas pagi

Menetapkan rutinitas pagi dapat mengubah keadaan dalam hal meningkatkan kebahagiaan. Rutinitas dapat membantu Anda memulai hari dengan penuh semangat, daripada harus terburu-buru dalam keadaan tertekan.

Rutinitas memberi Anda kesempatan untuk memprioritaskan perawatan diri dan memulai hari dengan positif. Melakukan rutinitas pagi tidak perlu rumit dan memakan banyak waktu.

Dengan melakukan rutinitas seperti menulis, membaca, bermeditasi, atau sekedar menikmati suasana ketenangan pagi. Hal ini apabila dilakukan dengan konsisten, dapat memberikan Anda kebahagiaan.

Dalam psikologi, memiliki rutinitas memberikan struktur dan prediktabilitas yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan.

7. Hindari gadget

Salah satu perubahan paling bermanfaat dalam rutinitas pagi adalah menghindar dari gadget. Cobalah untuk tidak mengecek ponsel saat bangun tidur, ini membuat Anda lepas dari kebiasaan melihat ponsel di pagi hari.

Perubahan kecil ini memberikan perubahan agar lebih banyak waktu untuk fokus pada diri sendiri dan memulai hari dengan semangat, daripada tenggelam dalam membalas pesan, media sosial, dan aktivitas lain dengan ponsel Anda.

Mengurangi penggunaan gadget di pagi hari dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Hal ini memungkinkan Anda memulai hari dengan lebih tenang dan penuh perhatian tanpa gangguan apapun.

8. Makan minum yang bergizi

Hal terakhir ini mungkin terdengar tidak berhubungan dengan kebahagiaan Anda. Namun, makanan yang kita konsumsi dapat berdampak signifikan pada suasana hati dan kesejahteraan Anda.

Memulai hari dengan makanan yang sehat dan bergizi dapat memberi Anda energi yang dibutuhkan untuk menjalani hari. Pilihlah makanan yang kaya akan protein, serat, dan lemak sehat.

Melewatkan sarapan atau memilih makanan olahan yang banyak mengandung gula dapat menyebabkan defisit energi dan perubahan suasana hati. Memenuhi kebutuhan tubuh dengan makanan sehat dapat meningkatkan suasana hati.

Penutup

Intinya kita perlu membiasakan diri kita dengan rutinitas yang positif agar lebih bersemangat dan bahagia menjalani hari. Delapan praktek ini adalah langkah sederhana yang dapat Anda coba untuk memulai hari yang lebih bahagia.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #yang #dapat #anda #lakukan #setiap #pagi #selama #hari #jika #ingin #menjadi #lebih #bahagia

KOMENTAR