Kota Balikpapan Raih Posisi Teratas dalam Pembangunan di Kaltim
Kota Balikpapan Raih Posisi Teratas dalam Pembangunan di Kaltim (Dok. ist)
19:08
25 September 2024

Kota Balikpapan Raih Posisi Teratas dalam Pembangunan di Kaltim

Kota Balikpapan layak disebut sebagai kota yang paling maju dan berkembang di Kalimantan Timur. Hal ini karena kota ini berhasil meraih penghargaan sebagai kota terbanyak yang mendapat panji-panji keberhasilan pembangunan bagi Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Timur dengan total 17 panji.

Selain Kota Balikpapan, di bawahnya ada Kabupaten Kutai Kartanegara dengan 13 panji, Kabupaten Berau sebanyak 7 panji, Kota Samarinda 7 panji, dan Kabupaten Paser 6 panji.

Selanjutnya adalah Kota Bontang 5 panji, Kabupaten Kutai Timur 3 panji, sedangkan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu masing-masing satu panji.

Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik mengatakan tahun ini ada 61 panji dari organisasi perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur serta instansi vertikal, kementerian, lembaga yang diberikan sebagai apresiasi atas kinerja pemerintah daerah membangun Kaltim.

Baca Juga: Intip Rekomendasi Oleh-oleh Khas Kaltim di Gelaran MTQ Nasional 2024

“Perjalanan Provinsi Kalimantan Timur telah banyak kemajuan dan progres yang membanggakan,” kata Akmal Malik beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, di tahun 2024 ini, Kaltim yang juga dikenal sebagai Benua Etam, terus meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur yang andal untuk percepatan transformasi ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

Hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi cita-cita dan harapan baru akan kemajuan peradaban bangsa. Dan Kaltim harus menjadi pioner bagi pembangunan untuk Nusantara.

Menurut Akmal, ini merupakan tekad bersama mewujudkan daya saing SDM, percepatan transformasi dan pertumbuhan ekonomi eksesibilitas dan konektivitas infrastruktur, lingkungan hidup, tata kelola pemerintahan profesional dan akuntabel.

Baca Juga: Investasi di IKN hingga Rp 931M, Siapa Sembcorp Utilities Pte?

Editor: Vania Rossa

Tag:  #kota #balikpapan #raih #posisi #teratas #dalam #pembangunan #kaltim

KOMENTAR